Sukses

Alejandro Garnacho, Bintang Muda Manchester United yang Berpotensi Jadi Starter Melawan Indonesia

Salah satu pemain yang cukup dinantikan penampilannya adalah bintang muda Manchester United, Alejandro Garnacho.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan menghadapi Argentina dalam pertandingan uji coba di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada Senin (19/6/2023) pukul 19.30 WIB.

Dalam laga yang merupakan agenda dari FIFA Matchday tersebut, pelatih Tim Tango, Lionel Scaloni telah mengonfirmasi skuad yang dibawanya tanpa beberapa nama besar seperti Lionel Messi, Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi.

Dengan begitu, nampaknya Scaloni akan merotasi skuadnya dengan lebih banyak melibatkan pemain muda di starting lineup-nya. Salah satu pemain yang cukup dinantikan penampilannya adalah bintang muda Manchester United, Alejandro Garnacho.

Meski berkebangsaan Argentina, Garnacho lahir di Madrid, Spanyol pada 1 Juli 2004. Ia mulai menimba ilmu sepak bola di akademi klub bola kota kelahirannya, Atletico Madrid. Namun, pada Oktober 2020, ia bergabung dengan Akademi Manchester United usai klub Inggris tersebut menebusnya dengan mahar 420 ribu poundsterling.

Garnacho kemudian baru menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Man United pada Juli 2021.

Awalnya pemain berusia 18 tahun itu bermain untuk tim U-21 Man united di mana ia menjadi sorotan karena gol solonya dalam kemenangan FA Youth Cup atas Everton, yang dinominasikan untuk penghargaan United Goal of the Month untuk Februari 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Debut Bersama Tim Senior Manchester United

Setelah menjadi cadangan mati di tim senior Manchester United dalam beberapa pertandingan Liga Inggris, Alejandro Garnacho akhirnya diberi kesempatan debut untuk United pada 28 April 2022, menggantikan Anthony Elanga di menit ke-91 dalam pertandingan melawan Chelsea.

Tidak sampai sebulan kemudian, ia berhasil menjuarai FA Youth Cup dengan mencetak dua gol di partai final melawan Nottingham Forest pada 11 Mei 2022. Kerja kerasnya membantu United menjuarai kompetisi itu untuk pertama kalinya sejak 2011.

3 dari 4 halaman

Semakin Sering Tampil di Tim Senior

Pada awal musim Liga Inggris 2022/2023, Garnacho mengubah nomor punggungnya dari 75 menjadi 49. Ia mendapatkan kesempatan starter pertamanya di tim senior Manchester United pada 27 Oktober 2022, dalam pertandingan Liga Europa melawan Sheriff Tiraspol.

United menang 3-0 dalam laga tersebut dan Garnacho mendapat pujian dari Erik ten Hag atas perkembangannya selama beberapa minggu terakhir. Hal yang paling disorti oleh Ten hag adalah sikap dan ketahanan yang dimiliki olehnya.

Tidak lama berselang, tepatnya pada 3 November, Garnacho mencetak gol senior pertamanya dalam pertandingan Liga Europa melawan Real Sociedad. 10 hari kemudian, ia mencetak gol pertamanya di Liga Inggris. Gol tersebut adalah gol penentu kemenangan yang dicetak ketika injury time yang akhirnya dapat memberikan United kemenangan atas Fulham.

Kemudian pada 14 Januari 2023 dalam Derby Manchester, Garnacho memberikan assist gol kemenangan Marcus Rashford pada menit ke-82. Sayang, dua bulan kemudian ia mengumumkan harus absen selama beberapa minggu usai menderita cedera ligamen pergelangan kaki ketika menghadapi Southampton.

Namun, ketika pulih dari cedera, Garnacho langsung membuktikan kualitasnya. 13 Mei 2023 ia pertama kalinya tampil setelah absen dua bulan sebagai pemain pengganti dalam pertandingan melawan Wolves. Tidak lama setelah masuk ke lapangan, ia langsung mencetak gol kedua United dalam kemenangan 2-0 mereka.

4 dari 4 halaman

Karir Internasional yang Masih Panjang

Sementara itu, Alejandro Garnacho sebenarnya bisa bermain untuk negara kelahirannya, Spanyol dan Argentina karena ibunya adalah orang Argentina. Ia sempat membuat tiga penampilan untuk timnas Spanyol U-18 pada tahun 2021.

Pada Maret 2022, Garnacho dipanggil ke tim senior Argentina sebagai bagian dari skuad awal yang terdiri dari 44 orang untuk dua kualifikasi Piala Dunia di bulan yang sama. Ia berhasil mencapai skuad 33 orang terakhir untuk pertandingan tersebut, tetapi tidak diberikan kesempatan tampil di kedua pertandingan tersebut.

Ia baru melakukan debutnya untuk tim senior pada 15 Juni kemarin dalam pertandingan uji coba melawan Australia di Workers Stadium, Beijing, Cina. Garnacho masuk sebagai pemain pengganti Nicolas Gonzalez selama babak kedua pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.