Sukses

Tingkatkan Kualitas Tayangan Liga 1 2023/2024, EMTEK Siapkan Sejumlah Pembaruan

Kompetisi Liga 1 Indonesia akan kembali bergulir dalam waktu dekat. Kick-off pertama musim 2023/2024 dijadwalkan berlangsung pada 1 Juli 2023. EMTEK selaku pemegang hak siar berencana melakukan sejumlah pembaruan demi meningkatkan kualitas siaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Liga 1 Indonesia akan kembali bergulir dalam waktu dekat. Kick-off musim 2023/2024 dijadwalkan berlangsung pada 1 Juli 2023.

Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) kembali mendapat kepercayaan menjadi pemegang hak siar untuk kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air. Seluruh pertandingan Liga 1 yang nantinya bakal ditayangkan melalui stasiun televisi Indosiar serta platform OTT Vidio.

Director Programming SCM Harsiwi Achmad mengungkap pihaknya telah menyiapkan sejumlah pembaruan demi mendongkrak kualitas siaran Liga 1 di platform EMTEK. Adapun pembaruan tersebut meliputi teknis penerimaan gambar hingga pengemasan siaran.

"Yang jelas kita akan meningkatkan kualitas di lapangan. Tayangan kita yang pertama sudah pasti lebih kinclong karena penerimaan gambarnya sudah digital," tutur Harsiwi dalam konferensi pers di SCTV Tower, Senayan, Kamis (15/6/2023).

"Kedua, nanti (untuk) produksinya kita akan meeting reguler. Kita mempunyai catatan-catatan, dan catatan itu harus kita lakukan perbaikan ke depannya."

"Kemudian yang ketiga adalah look dari kemasannya. Kemasannya kita ingin berstandar internasional. Oleh karena itu, kita tidak mau cuma (menggunakan) foto-foto pemain, tapi kita akan buat sedemikian rupa supaya menjadi lebih atraktif," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapkan Set Khusus untuk Komentator Liga 1

Lebih lanjut, Harsiwi mengeklaim pihaknya juga bakal menyiapkan set khusus bagi komentator Liga 1 2023/2024. Hal ini dilakukan demi menghadirkan tayangan dengan tampilan menarik bagi audiens.

"Demikian juga dengan host dan komentator, set-nya akan kita buat elegan. Kita tidak mungkin hanya pakai green screen karena itu tidak akan bagus saat dilihat penonton," tutur Director Programming SCM itu.

"Kita akan memakai real studio yang keren. Termasuk lighting-nya pun kita akan perhatikan, meskipun durasinya sebenarnya tidak terlalu panjang."

"Kemudian yang berikutnya kami akan memastikan bahwa (pemirsa) yang menyaksikan di rumah harus serasa seperti menonton di lapangan. Kita juga akan terus meng-encourage komentator untuk menyapa masyarakat di daerah karena itu adalah cara kita untuk mendekatkan dengan entitas penonton bola di Indonesia," pungkas Harsiwi.

3 dari 3 halaman

EMTEK Tayangkan Total 306 Pertandingan

Sebagai informasi, kompetisi Liga 1 2023/2024 bakal kembali menampilkan pertarungan dalam 34 pekan, ditambah empat pekan untuk champions series.

EMTEK selaku pemegang hak siar pun akan menayangkan seluruh pertandingan yang terdiri atas 306 ditambah 8 melalui saluran Indosiar dan Vidio.

Adapun secara spesifik, terdapat total 213 laga yang ditayangkan secara simultan di kedua platform. Di samping itu, terdapat pula 101 laga lainnya yang hanya eksklusif tayang di Vidio.

"EMTEK akan menayangkan seluruh pertandingan. Jadi ada 306 pertandingan ditambah 8 pertandingan akan kami tayangkan semuanya live di Indosiar dan Vidio," papar Harsiwi.

"Kalau dari jadwal yang dikirimkan ke kami, nanti akan ada 213 pertandingan yang live di indosiar dan simultan dengan Vidio, kemudian ada 101 yang eksklusif di Vidio, sehingga memang semua masyarakat Indonesia harus berlangganan di Vidio kalau mau nonton seluruh pertandingan," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.