Sukses

Denver Nuggets Juara NBA, Nikola Jokic MVP Finals dan Ukir 2 Sejarah Baru

Jokic menjadi MVP Finals NBA 2023 dan berhak membawa pulang trofi Bill Russell.

Liputan6.com, Jakarta- Pebasket asal Serbia Nikola Jokic dinobatkan sebagai pemain terbaik atau Most Valuable Player (MVP) NBA Finals 2023 setelah membawa timnya Denver Nuggets menjadi juara. Jokic langsung mengukir beberapa sejarah baru di NBA.

Terpilihnya Jokic sebagai MVP memang tidak mengejutkan. Jokic tampil begitu dominan sepanjang play-off NBA 2023 ini. Jokic memimpin di tiga kategori statistis yakni poin, rebound dan assists terbanyak sepanjang play-off NBA.

Total Jokic menghasilkan 600 angka, 269 rebound dan 190 assists sepanjang play-off NBA 2023. Baru kali ini ada pemain yang bisa menguasai tiga kategori statistik sekaligus di postseason NBA.

Jokic juga mengukir sejarah sebagai pemain dengan peringkat draft terendah yang bisa memenangi MVP Finals NBA. Jokic masuk ke NBA pada tahun 2014. Saat itu Nuggets memilihnya di urutan 41. Jokic harus menerima kenyataan pahit tak terpilih di putaran pertama NBA Draft 2014.

Trofi Bill Russell sebagai pemenang MVP NBA Finals melengkapi prestasi pribadi Jokic. Sebelumnya pemain berjuluk Joker itu pernah dua kali menjadi MVP musim reguler NBA.

Jokic nyaris selalu jadi pencetak angka terbanyak Denver Nuggets di setiap pertandingan play-off NBA 2023. Rata-rata Jokic di final adalah 30,2 poin, 14 rebound dan 7,2 assists setiap pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beda Nasib Jokic dan Butler

Nuggets sendiri juga baru pertama kali menjadi juara NBA. Sejak ikut NBA tahun 1976, Nuggets baru kali ini menembus NBA Finals dan langsung menjadi juara.

Di sisi lain bintang Heat Jimmy Butler kembali menelan kegagalan di final. Butler belum pernah juara NBA. Sebelumnya Butler dan Heat dikalahkan Los Angeles Lakers pada NBA Finals 2020 yang berlangsung di Disney Resort, Florida.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini