Sukses

Profil Luciano Rodriguez, Pahlawan Kemenangan Uruguay Atas Italia di Final Piala Dunia U-20

Luciano Rodriguez menjadi pahlawan bagi The Celeste karena berhasil mencetak satu-satunya gol yang cukup untuk membawa gelar juara ke Amerika Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Uruguay sukses meraih gelar juara Piala Dunia U-20 pertamanya usai menaklukan Italia dengan skor 1-0 di final yang diadakan di Estadio Ciudad de La Plata, Argentina pada Senin (12/6/2023). Luciano Rodriguez menjadi pahlawan bagi The Celeste karena berhasil mencetak satu-satunya gol yang cukup untuk membawa gelar juara ke Amerika Selatan.

Rodriguez sendiri merupakan pemain sepak bola yang berposisi sebagai penyerang. Lahir pada 16 Juli 2003, ia mengawali karirnya dengan menimba ilmu di klub kampung halamannya, Club Atletico Progreso.

Tidak diketahui secara pasti kapan ia bergabung dengan akademi Progreso, yang jelas ia mendapat debutnya bermain di tim senior pada 17 Januari 2021 dalam pertandingan melawan Montevideo City Torque yang berakhir imbang tanpa gol.

Ia menghabiskan dua tahun karirnya di sana, dengan mengemas tujuh gol dan dua assist dari 51 penampilannya di semua kompetisi.

Pada bursa transfer musim dingin kemarin, tepatnya pada bulan Januari, pemain berusia 19 tahun tersebut bergabung dengan Liverpool Montevideo setelah ditebus dengan mahar 466 ribu euro. Ia baru bermain selama 10 kali dan menorehkan satu gol dan dua assist.

Namun kesuksesannya tidak habis di level klub saja. Sejak tahun 2021, ia telah menjadi bagian dari Timnas Uruguay U-20 dan telah tampil 39 kali dengan mengoleksi 11 gol. Pada Januari lalu, ia juga masuk ke dalam skuad Uruguay untuk Kejuaraan U-20 Amerika Selatan 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gol Kemenangan Uruguay Tercipta di Menit Akhir

Adapun sebenarnya dalam pertandingan final Piala Dunia U-20 tersebut, Italia berhasil mencatatkan penguasaan bola lebih banyak dengan 54 persen. Namun, Gli Azzurri tidak dapat menembus pertahanan kokoh The Celeste dan akhirnya hanya mampu memproduksi tiga tembakan tanpa ada satupun yang tepat sasaran.

Sebagai informasi, sepanjang berjalannya turnamen Uruguay hanya kebobolan tiga kali dengan ketiganya datang dari Inggris ketika bermain di babak penyisihan grup.

Sementara itu, Uruguay yang tampil efektif dalam menyerang pun tak kunjung berhasil untuk memecah kebuntuan. Total dalam laga itu skuad asuhan Marcelo Bioli tersebut melakukan 15 kali tembakan dengan empat sasaran.

Beruntung akhirnya pada menit ke-86 Luciano Rodriguez berhasil memberikan Uruguay keunggulan melalui tandukan kerasnya. Gol semata wayang itu cukup untuk mengantar Rodriguez dan rekan-rekannya mengangkat gelar Piala Dunia U-20 pertama mereka sepanjang sejarah.

3 dari 3 halaman

Piala Dunia U-20, Tahunnya Wakil Amerika Selatan

Kemenangan Uruguay atas Italia juga mengkahiri dominasi negara Eropa di ajang Piala Dunia U-20. Seperti diketahui, dalam empat edisi terakhir turnamen tersebut, wakil benua biru selalu keluar sebagai juara (Ukraina, Inggris, Serbia dan Prancis).

Sama dengan yang dilakukan oleh Argentina pada ajang Piala Dunia 2022 di Qatar tahun lalu. Tim Tango juga sukses mengakhiri dominasi Eropa di turnamen internasional sepak bola paling bergengsi di dunia tersebut. Sama dengan level juniornya, empat edisi Piala Dunia sebelum 2022 juga selalu dimenangkan oleh wakil benua biru (Prancis, Jerman, Spanyol dan Italia).

Ini adalah pertama kalinya antara Piala Dunia dan Piala Dunia U-20 dalam satu musim yang sama, sama-sama memiliki juara dari wakil Amerika Selatan sejak 2002/2003, di mana waktu itu Brazil berhasil menjuarai keduanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.