Sukses

Kematian Ratu Elizabeth Hingga Pembantaian Manchester United, Ini 5 Momen Menarik Liga Inggris dari Agustus Sampai Desember 2023

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Liga Inggris musim 2022/2023 telah berakhir dengan dimainkannya pekan pertandingan ke-38 secara bersamaan pada 28 Mei lalu.

Manchester City pun sudah ditetapkan sebagai juara bahkan sebelum kompetisi sepenuhnya berakhir. City berhasil merebut puncak klasemen liga dari Arsenal yang mendiaminya selama kurang lebih 284 hari, menjadikan The Gunners sebagai tim yang paling lama menghuni puncak klasemen tetapi tidak juara.

Dengan berakhirnya musim ini, berikut ini adalah lima fakta menarik dari setiap bulan di Liga Inggris musim 2022/2023 edisi bulan Agustus – Desember.

Agustus:

1.      Pada 13 Agustus 2022, Manchester City mengakhiri hari di puncak klasemen dan Manchester United mengakhiri hari di posisi paling bawah klasemen untuk pertama kalinya sejak November 1929.

2.       Erik ten Hag menjadi manajer pertama yang kalah dalam dua pertandingan pertamanya bersama Man United sejak John Chapman pada November 1921.

3.      Gol pembuka Brenden Aaronson dalam kemenangan 3-0 Leeds United melawan Chelsea adalah pertama kalinya pemain Amerika mencetak gol di bawah manajer Amerika (Jesse Marsch) dalam sejarah Liga Inggris.

4.      Harry Kane mencetak gol ke-185 di Liga Inggris untuk Tottenham Hotspur melawan Wolves, menyalip rekor Sergio Aguero untuk satu klub (184).

5.      Starting eleven Nottingham Forest melawan Tottenham terdiri dari pemain yang semuanya berasal dari Britania. Pertama kalinya dalam pertandingan Liga Inggris sejak Blackpool melawan Man United pada Mei 2011.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

September: Kematian Ratu Elizabeth

1.      Karena penundaan pertandingan Liga Inggris pada bulan September usai kematian Ratu Elizabeth II, hanya ada 18 pertandingan Liga Inggris yang dimainkan pada bulan ini, rekor paling sedikit yang pernah dimainkan di bulan September.

2.      Antony menjadi pemain Brazil termuda yang mencetak gol pada debutnya di Liga Inggris (22 tahun 192 hari). Ia juga menjadi pemain Brazil ke-100 yang bermain di Liga Inggris.

3.      Son Heung-Min masuk dari bangku cadangan dan mencetak hat-trick dalam kemenangan 6-2 Tottenham atas Leicester City. Pemain ketujuh yang bisa melakukan ini sepanjang sejarah Liga Inggris.

4.      Harry Kane mencetak gol ke-18 melawan Leicester. Hanya Alan Shearer (20 ke gawang Leeds United) yang mencetak lebih banyak gol melawan satu tim dalam sejarah Liga Inggris.

5.      Berusia 15 tahun 181 hari, Ethan Nwaneri dari Arsenal menjadi pemain termuda dalam sejarah Liga Inggris ketika ia masuk sebagai pemain pengganti melawan Brentford.

3 dari 5 halaman

Oktober: Pembantaian Manchester United Jilid 1

1.      Manchester City 6-3 Manchester United menjadi Derby Manchester dengan skor tertinggi sepanjang sejarah dalam 187 pertemuan kedua tim.

2.      Dalam kemenangan 2-1 Manchester United melawan Everton, Cristiano Ronaldo mencetak gol klub ke-700 dalam karirnya, 20 tahun dan 2 hari setelah gol pertamanya.

3.      Erling Haaland dan Phil Foden menjadi pemain ketiga dan keempat yang masing-masing mencetak hat-trick ke gawang Man United setelah Francis Lee pada Desember 1970 dan Horace Barnes pada Oktober 1921.

4.      Kekalahan Man City di Anfield adalah kekalahan tandang Liga Inggris pertama mereka sejak Agustus 2021 ketika kalah dari Spurs, mengakhiri rekor tak terkalahkan terpanjang dalam sejarah liga mereka (22 laga).

5.      Wolves memiliki delapan pemain Portugis berbeda dalam starting eleven mereka melawan West Ham, menjadi rekor pemain starter terbanyak dari sebuah negara tertentu di luar Inggris dalam pertandingan Liga Inggris.

4 dari 5 halaman

November: Pencapaian Besar Sang Veteran

1.      James Milner membuat penampilan ke-600 di Liga Inggris dalam kemenangan 3-1 Liverpool atas Southampton, menjadi pemain keempat yang meraih pencapaian itu setelah Gareth Barry, Ryan Giggs dan Frank Lampard.

2.      Leeds kalah 3-4 melawan Spurs meski memimpin tiga kali dalam pertandingan tersebut, menjadi tim pertama yang melakukannya sejak Newcastle pada Desember 2012 melawan Manchester United.

3.      Berusia 18 tahun 135 hari dalam kemenangan Man Untied atas Fulham, Alejandro Garnacho menjadi pemain termuda yang mencetak gol kemenangan di menit ke-90 di Liga Inggris sejak Federico Macheda melawan Aston Villa pada April 2009.

4.      Bournemouth menjadi tim pertama dalam sejarah Liga Inggris yang kalah dalam dua pertandingan berturut-turut meski telah memimpin lebih dulu dengan dua gol di setiap pertandingannya.

5.      Pertandingan Liga Inggris pertama Unai Emery bersama Aston Villa adalah kemenangan 3-1 atas Man United, menjadikannya manajer keempat yang dapat melakukan itu.

5 dari 5 halaman

Desember: Kutukan The Gunners

1.      Arsenal berada di puncak klasemen pada Hari Natal, tetapi akhirnya gagal menjadi juara. Masing-masing dari lima kali terakhir The Gunners memimpin klasemen saat Natal mereka gagal memenangkan gelar (1986/87, 1989/90, 2002/03 dan 2007/08).

2.      Harry Kane mencetak gol ke-10 Liga Inggris pada boxing day, menjadi pencetak gol terbanyak pada boxing day Liga Inggris.

3.      Andrew Robertson mencatatkan assistnya yang ke-54 di Lgia Inggris, menyalip rekor assist terbanyak yang dibuat oleh seorang bek sepanjang sejarah Liga Inggris milik Leighton Baines (53).

4.      Gol Stefan Bajcetic untuk Liverpool melawan Aston Villa pada usia 18 tahun 65 hari menjadikannya pencetak gol Spanyol termuda kedua dalam sejarah Liga Inggris setelah Cesc Fabregas (17 tahun 113 hari).

5.      Gol Harry Kane melawan Brentford berarti ia telah mencetak gol melawan 32 tim yang ia hadapi di Liga Inggris, menjadikannya satu-satunya pemain yang menghadapi lebih dari satu lawan di divisi ini dan mencetak gol melawan 100 persen dari mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.