Sukses

Final Piala FA Manchester City vs Manchester United: Raphael Varane Ungkap Strategi Jinakkan Erling Haaland

Liputan6.com, Jakarta Bek Manchester United Raphael Varane sudah menyiapkan strategi jitu jelang menghadapi Manchester City di final Piala FA. Pemain berusia 30 tahun mengeklaim pihaknya bakal berupaya meminimalisasi ancaman dari mesin pencetak gol City, Erling Haaland.

Seperti diketahui, Manchester United (MU) memang bakal ditantang rival sekotanya Manchester City dalam pertandingan final Piala FA yang diagendakan berlangsung di Stadion Wembley pada Sabtu (3/6/2023) pukul 21.00 WIB.

Laga tersebut menjadi kesempatan baru bagi duo klub untuk mengunci trofi kedua mereka musim ini. Sebagai informasi, The Citizens baru saja dinobatkan sebagai juara Liga Inggris usai finis di puncak klasemen dengan torehan 89 poin dari 38 pertandingan.

Adapun Manchester United,  yang mengunci peringkat tiga, sudah lebih dulu menyegel gelar juara Carabao Cup setelah menaklukkan Newcastle United dengan dua gol tanpa balas di partai puncak pada akhir Februari lalu.

Catatan mentereng itu membuat pertarungan Manchester City vs Manchester United dalam final Piala FA diprediksi bakal berlangsung sengit. Apalagi kedua kesebelasan memiliki deretan pemain kunci yang layak diwaspadai oleh masing-masing tim.

Salah satu bahaya yang cukup mengancam Setan Merah ialah kehadiran Erling Haaland. Bomber asal Norwegia kerap diturunkan sebagai andalan Pep Guardiola di lini depan.

Meski baru menjalani musim perdan usai direkrut dari Borussia Dortmund, Haaland sudah mampu memamerkan taringnya di kancah Inggris. Pesepak bola berusia 22 tahun tercatat telah mengoleksi 52 gol di semua ajang, dengan 3 di antaranya tersaji di Piala FA.

Haaland sendiri juga sudah punya pengalaman mencetak gol ke gawang MU. Ia pernah menyumbangkan hattrick kala The Citizens berjaya 6-3 atas Setan Merah di Liga Inggris pada awal Oktober 2022 lalu.

Akan tetapi, Manchester United mampu membayar hasil negatif tersebut dengan balik mengalahkan City tiga bulan berselang. Mereka bahkan berhasil mengunci Haaland hingga tak mampu mencetak satu angka pun bagi timnya di laga itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Strategi Raphael Varane Hadapi Erling Haaland di Final Piala FA

Pertandingan final Piala FA pada Sabtu (3/6/2023) bakal menandai pertemuan ketiga Manchester United dan Manchester City musim ini.

Raphael Varane yang menjadi pengawal lini belakang MU pun mengaku sudah menyiapkan strategi khusus guna menjinakkan monster pencetak gol The Citizens.

Koneksi Haaland dengan Kevin De Bruyne menjadi kuncinya. Varane menilai penting bagi ia dan rekan-rekannya untuk memutus relasi tersebut jika ingin memastikan kemenangan berpihak pada kubu Setan Merah.

“Sebagai bek, koneksinya (Erling Haaland) terutama dengan Kevin De Bruyne sangat rumit untuk diantisipasi. Jadi kami akan mencoba memotong koneksi itu,” ungkap Varane jelang laga melawan City, seperti dilansir dari Metro.

“Kami akan mencoba menghentikan mereka lebih awal dan bukan di akhir, karena terkadang sudah terlalu terlambat (jika baru menghentikan mereka di akhir). Kami harus kuat sebagai tim,” tuturnya menambahkan.

3 dari 4 halaman

Raphael Varane Waspadai Semua Pemain Manchester City

Kendati demikian, Varane menilai Erling Haaland bukanlah satu-satunya faktor yang harus diwaspadai MU jelang final Piala FA pada Sabtu (3/6/2023).

Pemain kelahiran Prancis itu menilai The Citizens merupakan tim yang bisa menghadirkan bahaya dari segala sisi. Untuk itu, strategi menjinakkan pasukan Pep Guardiola harus mampu diterapkan Setan Merah secara kolektif.

“Haaland adalah pemain yang sangat bagus. Kita semua tahu itu, tetapi bahaya dari City ada di mana-mana,” ujar Varane mengomentari performa Manchester City.

“Mereka bisa mencetak gol dari set play, posession, dan transisi. Kami harus menghentikan mereka sebagai tim dan secara kolektif,” tutur sang pemain jelang berlaga di Wembley.

4 dari 4 halaman

Kabar Buruk untuk Manchester United Jelang Final Piala FA

Tak hanya soal menjinakkan Haaland, Manchester United (MU) juga harus bekerja keras menanggulangi kurangnya amunisi di lini depan.

Pelatih Setan Merah Erik ten Hag mendapat kabar buruk lantaran strikernya Anthony Martial harus absen memperkuat tim saat final Piala FA melawan The Citizens.

Pihak klub mengonfirmasi sang pemain tak bisa diturunkan karena tengah menderita cedera hamstring usai Manchester United menang 2-1 atas Fulham di Liga Inggris.

Ketiadaan Martial tak pelak membuat Ten Hag harus buru-buru menemukan alternatif. Pasalnya, pesepak bola berusia 27 tahun itu kerap dijadikan sebagai striker pilihan utama Setan Merah ketika sedang berada dalam kondisi fit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.