Sukses

Hasil Thailand Open 2023: 3 Wakil Indonesia Lolos Kualifikasi

Sebanyak tiga wakil Indonesia sukses mengarungi kualifikasi Thailand Open 2023 di Indoor Stadium Huamark, Selasa (30/5/2023). Kehadiran mereka membuat total kontingen Indonesia di ajang tersebut menjadi 14.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak tiga wakil Indonesia sukses mengarungi kualifikasi Thailand Open 2023 di Indoor Stadium Huamark, Selasa (30/5/2023). Kehadiran mereka membuat total kontingen Indonesia di ajang tersebut menjadi 14.

Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose menyisihkan pasangan Amerika Serikat Srivedya Gurazada/Ishika Jaiswal untuk menemani trio ganda putri Indonesia lain yang lolos otomatis ke turnamen utama.

Mereka adalah Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani menyisihkan Kevin Lee/Ty Alexander Lindeman (Kanada) dan Goh V Shem/Lim Khim Wah (Malaysia) untuk tampil di Thailand Open 2023. 

Sedangkan ganda campuran Adnan Maulana/Nita Violina Marwah mengalahkan Hoo Pang Ron/Teoh Mei Xing (Malaysia) dan Kim Young-hyuk/Lee Yu-lim (Korea Selatan).

Sedangkan dua wakil lain di ganda campuran langsung tersisi di pertandingan pertama. Mereka adalah Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow dan Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata.

Thailand Open 2023 merupakan ajang bulu tangkis level Super 500. Turnamen berlangsung hingga 4 Juni mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Christian Adinata Mundur dari Thailand Open 2023

Sebenarnya ada satu wakil Indonesia lain di kualifikasi. Namun, tunggal putra Christian Adinata mundur usai terkena cedera saat menembus semifinal Malaysia Masters 2023 pekan lalu.

"Saat ini Christian memang perlu tindakan untuk proses penyembuhan cedera lutut. Dari hasil MRI, cedera lututnya memang cukup parah. Ligamen tempurung robek," kata Ketua Bidang Medis PP PBSI dokter Nicolaas C Budhiparama dalam keterangan resmi PP PBSI.

"Lalu sebagai bagian penyembuhan, dalam tiga minggu ke depan, lutut Christian tidak boleh ditekuk dahulu," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Indonesia Tidak Full Team di Thailand Open 2023

Indonesia tidak mengirim sejumlah andalan untuk Thailand Open 2023. Peringkat satu ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto urung berpartisipasi. Begitu pula pasangan senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan serta duo tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Dengan komposisi yang ada, Indonesia tetap berharap bisa memperbaiki prestasi. Kontingen Merah Putih urung membawa pulang gelar dari Malaysia Masters. Gregoria Mariska Tunjung takluk di final. Padahal tahun lalu Indonesia bisa merebut dua titel.

Indonesia juga gagal membawa pulang gelar pada edisi teranyar Thailand Open. Titel terakhir dipersembahkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu dari ganda putri pada 2020.

"Di Thailand Open ini memang tidak full team. Tapi melihat kualitas pemain, banyak juga yang sudah levelnya di atas. Jadi semoga di sini kita bisa ambil gelar," harap Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky.

4 dari 4 halaman

Jadwal Thailand Open 2023

Selasa, 30 Mei 2023: Kualifikasi

Rabu, 31 Mei 2023: Babak 32 besar

Kamis, 1 Juni 2023: Babak 16 besar

Jumat, 2 Juni 2023: Babak 8 besar

Sabtu, 3 Juni 2023: Semifinal

Minggu, 4 Juni 2023: Final

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.