Sukses

Ingin Beli Tiket FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina? Pahami Mekanismenya Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta - Harga tiket FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina resmi diumumkan oleh PSSI dalam konferensi pers di SUGBK Senin (29/5/2023) sore WIB.

Penggemar sepak bola Tanah Air harus menyiapkan dana di kisaran Rp600.000 hingga Rp4.250.000 jika ingin menyaksikan langsung bentrok antara anak-anak asuh Shin Tae-yong dengan pasukan Lionel Scaloni.

Seperti diketahui, skuad Garuda memang dipastikan bakal menjajal kekuatan sang juara Piala Dunia 2022 dalam laga uji coba yang dijadwalkan bergulir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 19 Juni 2023.

Penjualan tiket untuk laga Timnas Indonesia melawan Argentina bakal dibuka mulai 5-7 Juni 2023, dan dapat dibeli melalui website resmi PSSI atau lewat platform perantara Tiket.com. 

Namun, perlu diingat bahwa pembelian tiket hari pertama pada 5 Juni 2023 hanya dibuka khusus bagi nasabah BRI. Pihak pengelola memberi privilese bagi pengguna bank tersebut, sebelum tiket didistribusikan untuk umum pada tanggal 6-7 Juni 2023.

"Kita akan mulai pembelian tiket tanggal 5 Juni khusus BRI Card Holder. Nanti tanggal 6-7 Juni, baru ada public sales untuk semua pembayaran. Pembelian tiket bisa dilakukan lewat website PSSI dan Tiket.com," papar Erick dalam konferensi pers di SUGBK, Senin (29/5/2024).

Setiap individu yang nantinya akan melakukan transaksi juga akan diatur oleh pengelola. Satu KTP hanya bisa digunakan untuk membeli dua tiket guna mengantisipasi adanya calo selama proses penjualan. 

"Kita nanti akan ada sistem yang dibangun, dan salah satunya agak lebih ketat lagi (yakni) satu KTP (hanya bisa dipakai untuk membeli) dua tiket. Karena jangan sampai nanti, masyarakat yang benar-benar cinta sepak bola malah ketersampingkan," papar Erick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal War Tiket Timnas Indonesia vs Argentina

Sejauh ini, pihak pengelola ticketing belum bisa memberi kepastian waktu atau jam spesifik dimulainya war ticket untuk laga FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina.

Walau begitu, CEO Tiket.com Geogre Hendrata mengeklaim pihaknya sudah melakukan persiapan untuk mencegah server down selama proses tersebut. Ia pun menjamin hanya ada kemungkinan kecil bakal terjadi gangguan saat penggemar melakukan pembelian tiket melalui platformnya.

"Soal ticket war, kami sudah mempersiapkan segalanya seperti penjualan tiket PSSI maupun konser-konser besar yang lain. Jadi kita akan siapkan, sehingga kemungkinan itu (terjadinya server down) kecil sekali," papar dia dalam konferensi pers, Senin (29/5/2023).

Lebih lanjut, pengelola juga menjamin penggemar tidak akan kehabisan tiket meski belum bisa melakukan pembelian di hari pertama. Commercial PSSI Marshal Masita mengeklaim pihaknya bakal mengatur alokasi tiket agar fans bisa melakukan pembelian selama jendela berlangsung.

"Iya, kami jamin. Jadi di tanggal 5, 6, 7 seperti yang tadi diumumkan, (tanggal) 5 khusus untuk nasabah BRI yang cukup besar alokasinya, 6-7 buat publik umum. Detailnya cukup complicated, ada hitungannya juga yang sudah kami persiapkan. Tapi hari pertama harusnya cukup alokasinya untuk BRI card holders, yang hari kedua ketiga untuk publik," jelas dia.

3 dari 3 halaman

Wajib Lakukan Penukaran Tiket Timnas Indonesia vs Argentina

Adapun setelah melakukan pembelian tiket secara online, fans tetap harus melakukan penukaran tiket beberapa hari sebelum pertandingan.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi adanya calo tiket di pertandingan FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Argentina.

"Yes, kita akan ada penukaran tiket h-sekian sebelum hari h, kita akan announce dulu. Tapi itu kita lakukan agar tidak numpuk di hari h yang double ticket," papar Marshal.

"Jadi kalau memang dia ada copy ticket-nya dan yang lain-lain, itu kita bisa antisipasi di h-sekian. San semua tiket harus ditukarkan untuk datang ke stadium karena ini adalah high demand, high risk match buat kita, demand-nya sangat tinggi," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini