Sukses

NBA: Sejarah Spektakuler Tercipta Jika Boston Celtics Kalahkan Miami Heat

Boston Celtics membidik sejarah pada gim ketujuh final Wilayah Timur NBA 2022/2023 melawan Miami Heat.

Liputan6.com, Jakarta - Boston Celtics membidik sejarah pada gim tujuh final Wilayah Timur NBA 2022/2023 melawan Miami Heat. Mereka berpeluang menjadi tim pertama yang memenangkan seri play-off meski tertinggal 0-3.

Celtics sempat tertinggal 0-3 dari Heat, termasuk dua kekalahan di kandang secara beruntun. Namun, Jayson Tatum dan kawan-kawan berhasil memaksa skor menjadi 3-3.

Menurut sejarah NBA, hanya ada tiga tim yang mampu menyamakan kedudukan dari defisit 0-3 pada play-off. New York Knicks pertama kali melakukannya pada final 1951 melawan Rochester Royals.

Denver Nuggets kemudian mengikuti jejak saat bertemu Utah Jazz di semifinal Wilayah Barat 1994. Sedangkan Portland Trail Blazers melakukannya kala menghadapi Dallas Mavericks di putaran pertama Wilayah Barat 2003. Namun, ketiga tim yang bangkit itu menderita kekalahan di gim ketujuh.

"Kami mendapat kesempatan baru," kata Tatum yang mencetak 31 poin, 11 rebound, dan lima assist di gim enam. "Pertarungan masih jauh dari selesai. Masih jadi perjuangan yang berat," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Celtics Kalahkan Heat dengan Dramatis di Gim 6

Celtics menjaga asa usai menang dramatis di gim enam. Derrick White menentukan kemenangan 104-103 usai melakukan tembakan tip lay up di 0,1 detik sebelum pertandingan berakhir.

Wajib menang di game keenam untuk bisa memperpanjang nafas, Celtics tampil baik walau main di kandang lawan. Kuarter pertama jadi milik Celtics dengan 34-29. Di kuarter dua permainan Heat membaik. Namun Celtics masih mampu unggul empat poin saat jeda paruh pertama pertandingan.

Celtics terus mempertahankan keunggulan di kuarter tiga. Mereka memiliki modal keunggulan tujuh angka untuk memulai kuarter empat. Drama terjadi di kuarter empat.

Di awal kuarter empat Celtics loyo. Heat sempat berbalik unggul sekali. Celtics kembali menjauh dan sempat unggul 98-88 ketika laga tersisa tiga menit 41 detik.

Secara luar biasa Miami Heat bisa bangkit. Tiga kali lemparan bebas Jimmy Butler membuat Heat unggul setengah bola 103-102 saat laga tersisa dua detik lagi.

Heat gagal memastikan tiket ke NBA Finals 2023 setelah terjadi keajaiban di detik akhir untuk Celtics. Tembakan tiga angka Marcus Smart gagal, namun bola muntah langsung dicolek oleh Smart di bawah ring dan masuk. Celtics pun berbalik menang satu angka.

Game ketujuh pun terpaksa digelar. Kali ini akan berlangsung di kandang Celtics pada Selasa (30/5/2023). Pemenang game ketujuh sudah ditunggu juara Wilayah Barat Denver Nuggets di NBA Finals 2023.

Heat dalam posisi tertekan di game ketujuh. Selain main di kandang lawan, mereka dibayangi menjadi tim pertama yang membuang keunggulan 3-0 di play-off NBA. Heat menang di tiga game pertama final Wilayah Timur NBA, namun Celtics secara dahsyat bisa membalas mengejar menang tiga kali beruntun.

3 dari 3 halaman

Denver Nuggets Menunggu di Final NBA

Pertandingan pamungkas antara Celtics dan Heat akan dilangsungkan di TD Garden, Boston, Selasa (30/5/2023) pukul 07.30 WIB.

Pemenang laga nanti akan bertemu Nuggets yang sudah lama menunggu. Nikola Jokic dan kawan-kawan terlebih dahulu mengamankan tiket final usai mencukur LA Lakers pada final Wilayah Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.