Sukses

Saat Jurnalis Jatuh Bangun di Trek Offroad Yamaha Enduro Challenge 2023

Jurnalis nasional dan lokal diundang ke Sleman untuk menjajal motor trail dan jalur offroad di sela-sela Yamaha Enduro Challenge 2023 seri 1 di Sleman, Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta Media lokal dan nasional diundang Yamaha untuk mencoba langsung sensasi motor trail terbaru Yamaha WR155R di trek offroad yang ada di beberapa desa di kabupaten Sleman, Yogkarta, Minggu (28/5/2023). Ada yang berpengalaman, ada yang juga pertama kali jajal motor trail termasuk Liputan6.com.

Sebelum beraksi di trek offroad, jurnalis terlebih dahulu mendapatkan penjelasan terkait motor trail dan pengaman badan. Riding Gear yang harus dipakai mulai dari pengaman leher, helm khusus offroad, sepatu khusus, pelindung lutut, pelindung siku, google dan sarung tangan.

"Naik motor on road dengan off road jelas beda prosedurnya. Pengaman tubuh harus benar-benar siap dan memastikan aman sebelum naik motor trail," kata Danang Hermanto, instruktur dari Yamaha Riding Academy.

Jurnalis lalu start di lapangan Klidon seperti peserta yang mengikuti Yamaha Enduro Challenge 2023. Lima jurnalis dan dua instruktur terlebih dahulu menjajal trek aspal sebelum menuju lokasi offroad sebenarnya.

Jurnalis menempuh jalur sekitar 6 km yang terdiri dari 4 km on road dan 2 km offroad. Meski jalur offroad lebih sedikit, tapi inilah jalur yang menghabiskan waktu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jatuh Bangun di Trek Offroad

 

Tak seperti dibayangkan, jalur offroad yang dilalui ternyata cukup sulit. Untuk "newbie" seperti jurnalis termasuk Liputan6.com, jalur yang dilalui menuntut keberanian dan nyali.

Jalur yang sulit diantaranya saat melewati sungai kecil berkerikil lalu melahap jalur menanjak. Beberapa peserta dari media harus jatuh bangun untuk melahap jalur ini.

"Saya tak mengira lintasannya bakal seperti itu. Pantas saja harus jatuh bangun angkat motor," kata salah satu jurnalis usai riding experience dengan Yamaha WR155R.

3 dari 3 halaman

Pengalaman Unik

Shell bLU cRU Yamaha Enduro Challenge 2023 atau YEC 2023 yang berlangsung di lapangan Klidon, Sleman pada 28-29 Mei 2023 memberi pengalaman unik buat peserta dan media peliput. Peserta dari komunitas A, B, Hobby dan profesional bisa menyalurkan hasrat mereka untuk trabas di trek offroad.

Sedangkan media peliput mendapatkan pengalaman unik karena turut merasakan tunggangan Yamaha WR 155 yang dipakai di Yamaha Enduro Challenge 2023. Pengalaman jatuh dan menjajal motor trail di trek tak rata memberi sensasi yang berbeda untuk para jurnalis.

Yamaha Enduro Challenge 2023 menampilkan 5 kategori lomba. Kelasnya yaitu kelas WR155R Community A, Community B, Hobi, Community Advance dan WR155R Profesional.

Pemenang YEC kelas WR155R Community A, Iksan mengaku event dari Yamaha ini cocok untuk komunitas seperti mereka.

"Rintangannya masih bisa kita lewati, masih ada yang lebih susah," kata Iksan kepada media di tenda media lapangan Klidon, Minggu (28/5/2023).

Pada laga COM A, Iksan mencatatkan waktu terbaik di cek poin 1,2 danv3. Dia mencatatkan total waktu cek poin selama 14 menit 8 detik disusul oleh Ridho, Iman Muwardi, Indra dan Mamal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.