Sukses

Erick Thohir Blak-Blakan Bahas Untung-Rugi Format Baru Kompetisi Liga Indonesia Pekan Depan

Erick Thohir dijadwalkan akan menghadiri diskusi soal untung-rugi format baru Liga Indonesia pada 31 Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Sepak bola Indonesia sedang bergairah di bulan Mei 2023 ini. Untuk pertama kalinya dalam kurun 32 tahun, timnas Indonesia sukses merebut medali emas sepak bola putra di SEA Games 2023 Kamboja.

Kabar baik juga datang untuk timnas Indonesia mengenai FIFA Matchday pada bulan depan. Indonesia akan berhadapan dengan timnas Argentina yang merupakan juara Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Tren positif itu tentu tak lepas dari persepakbolaan Indonesia yang terus berbenah, termasuk kompetisi yang diperbaiki oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang baru. Mantan presiden Inter Milan itu sudah mencetuskan terobosan untuk kompetisi musim depan.

Seperti perubahan nama kompetisi Liga 1 menjadi Liga Indonesia, dan Liga 2 menjadi Liga Nusantara, bertujuan memberikan atmosfer baru dengan mensejajarkan kedua kompetisi. Tak sekadar pergantian nama, terobosan lain yang diusung Erick Thohir yakni rencana perubahan format kompetisi musim depan.

Format baru kompetisi yang diusung yakni pembagian wilayah, serta akan mempertandingkan empat tim teratas kedua kompetisi (Liga Indonesia dan Liga Nusantara) semacam play-off di NBA.

Perubahan kompetisi ini akan dibahas oleh Erick Thohir pada pekan depan. Menteri BUMN itu dijadwalkan hadir dalam diskusi yang akan digelar komunitas wartawan pencinta sepak bola di bawah naungan Seejontor FC (Seputar Jurnalis Football Club).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembahasan Kompetisi Liga Indonesia

Pembahasan format baru kompetisi Tanah Air itu akan dibahas pada acara diskusi bersama stakeholder sepak bola Indonesia dengan tajuk "Liga Indonesia 2023/2024, Untung-Rugi Format Baru Kompetisi". Acara ini rencananya akan digelar pada Rabu (31/5/2023) di Myten Coffee, Senayan Park, Jakarta.

"Acara diskusi ini tentunya bertujuan untuk membedah seperti apa format baru kompetisi musim depan. Apakah cocok diterapkan di kompetisi Indonesia atau tidak," kata Ketua Penyelenggara diskusi Seejontor FC Yudhi Maulana.

Para stakeholder sepak bola Indonesia juga akan memberikan pendapatnya dan membedah format baru kompetisi liga musim depan.

"Format baru kompetisi liga musim depan yang diusung PSSI tentu akan menjadi pembahasan menarik. Pasalnya kualitas kompetisi yang baik tentu akan berdampak juga kepada prestasi Timnas kita," ujar pengamat sepak bola Yusuf Kurniawan yang akan menjadi salah satu narasumber diskusi Seejontor FC.

3 dari 3 halaman

Narasumber Lain

Selain Erick Thohir, diskusi "Liga Indonesia 2023/2024, Untung-Rugi Format Baru Kompetisi" bakal turut menghadirkan narasumber lainnya dari pengurus PSSI. Seperti anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga dan Eko Setiawan.

Pihak operator Liga oleh Sudjarno (PT LIB) dan Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) oleh M Hardika Aji juga akan menghadiri diskusi Seejontor FC.

Perwakilan klub juga akan menjadi narasumber, yakni Teddy Tjahjono (Persib Bandung) dan Gede Widiade (Persiba Balikpapan), serta Ruben Sanadi sekalu pemain.

Pengamat sepak bola sekaligus eks COO PT Liga Indonesia Baru (LIB) Tigor Shalomboboy, serta komika Oki Rengga juga akan turut serta pada diskusi Seejontor FC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini