Sukses

Jakarta Half Marathon Digelar Agustus 2023, Targetkan 10 Ribu Pelari

Lomba lari Jakarta Half Marathon diadakan untuk memperingati HUT RI ke-78 sekaligus HUT Ke-56 ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Jakarta Half Marathon pada 20 Agustus 2023 nant. Lomba lari ini digelar dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 sekaligus HUT Ke-56 ASEAN, serta Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023.

Ajang ini juga bertujuan untuk merayakan terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah konferensi ITS Asia Pacific Forum 2024. Kompetisi lari yang dalam eksekusinya akan berorientasi pada penerapan standar ketat ini akan memberikan kesempatan kepada 10 ribu peserta untuk berpartisipasi.

Rute Jakarta Half Marathon akan melintasi banyak obejk vital di ibukota. Titik start dan finish dilakukan di Plaza Tenggara Monas dengan jalur lomba yang melintasi area utama ibukota, seperti Jalan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Sisingamangaraja.

Jakarta Half Marathon ini tebruka bagi pelari nasional maupun internasional mulai dari kelas pelajar hingga kelas master usia 40 hingga 50 tahun ke atas. Total ada tiga kategori yang bisa dipilih di ajang ini yakni Half Marathon dengan jarak 21K sebagai kategori tertinggi, serta kategori 10K dan 5K. Pendaftaran peserta Jakarta Half Marathon sudah dibuka mulai 26 Mei 2023.

Selain menjadi ajang olahraga, Jakarta Half Marathon juga bertujuan untuk mendukung UMKM dan pertumbuhan ekonomi Jakarta. Para peserta dan pengunjung dapat berkunjung pada berbagai kegiatan menarik yang akan berpusat di Lapangan Banteng, seperti pameran produk UMKM, pertunjukan kesenian khas Betawi dan pameran kuliner Betawi yang lezat. Tidak hanya itu, para penggemar olahraga juga dapat menyaksikan talkshow olahraga yang menghadirkan pelatih lari ternama untuk berbagi inspirasi kepada para pelari dan penggemar olahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terobosan Baru

Salah satu hal yang istimewa dalam kegiatan ini adalah hadirnya fitur teknologi yang akan memberikan pengalaman berbeda bagi para pelari dan pengunjung. Dengan dukungan ITS Indonesia selaku organisasi nirlaba di bidang pengembangan teknologi transportasi, kegiatan Marathon ini juga akan memperkenalkan berbagai teknologi transportasi cerdas yang selama ini belum banyak dikenal oleh masyarakat.

Salah satu hal yang istimewa dalam kegiatan ini adalah hadirnya fitur teknologi yang akan memberikan pengalaman berbeda bagi para pelari dan pengunjung. Dengan dukungan ITS Indonesia selaku organisasi nirlaba di bidang pengembangan teknologi transportasi, kegiatan Marathon ini juga akan memperkenalkan berbagai teknologi transportasi cerdas yang selama ini belum banyak dikenal oleh masyarakat.

Hal menarik lainnya adalah kehadiran “running doctors” yang akan didukung oleh para dokter pelari dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Para dokter ini akan berlari dengan konsep “run-observe-handle”. Dengan adanya dokter dan tim medis yang tersedia di jalur lomba dan race central, peserta dapat merasa aman dan nyaman. Selain itu, sejumlah dokter juga akan berlari dan mengobservasi peserta sepanjang rute.

3 dari 3 halaman

Perekonomian dan Wisata Olahraga

Untuk meningkatkan inklusivitas dan kenyamanan bagi para pelari perempuan, kompetisi ini juga mempersembahkan “woman start zone” yang merupakan area start khusus bagi para pelari perempuan yang sebagian mungkin lebih merasa nyaman berkumpul di area start dengan sesama perempuan.

Kick-off resmi Jakarta Half Marathon dilakukan oleh Pejabat Gubernur DKI Jakarta dalam konferensi pers pada tanggal 25 Mei 2023. “Kami percaya bahwa para pelari akan senang bergabung dan masyarakat DKI akan mendukung upaya menjadikan DKI sebagai destinasi wisata olahraga melalui lomba lari ini,” ujar Heru Budi Hartono, Pj. Gubernur DKI pada kesempatan tersebut.

Sementara itu Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat mengatakan bahwa MRT Jakarta sangat mendukung pelaksanaan Jakarta Half Marathon 2023.

“Kami sangat mendukung program-program pemerintah provinsi DKI Jakarta dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kegiatan yang memiliki dampak positif. Hal ini sejalan dengan visi misi MRT Jakarta sebagai operator berbasis rel untuk hadir sebagai perusahaan berkelanjutan serta ikut dalam pengembangan urban lifestyle warga DKI Jakarta dan peningkatan ekonomi di sekitar jalur MRT Jakarta," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini