Sukses

NBA dan FIBA Gelar Basketball Without Borders di Abu Dhabi

NBA dan FIBA untuk pertama kalinya menggelar Basketball Without Borders di Teluk Persia.

Liputan6.com, Jakarta- National Basketball Association (NBA), International Basketball Federation (FIBA) dan Departemen Budaya dan Turisme Abu Dhabi memastikan Basketball Without Borders (BWB) Asia edisi ke-13 akan diselenggarakan pada 2-5 Juni di New York University Abu Dhabi. Kamp ini merupakan program pengembangan bola basket global dan penjangkauan komunitas milik NBA pertama yang diadakan di Teluk Persia.

BWB Asia 2023 akan menghadirkan pemain laki-laki dan perempuan paling berbakat di kelompok usia di bawah 18 tahun dari seluruh Asia untuk belajar secara langsung dari para pemain, mantan pemain, pemain legenda, serta pelatih dari NBA, WNBA, dan FIBA. Mereka juga akan berkompetisi dengan para pemain sejawat dari wilayah yang sama.

Para peserta dan pelatih yang akan turut serta dalam kamp ini juga akan turut serta dalam program pengembangan keterampilan hidup, kepemimpinan, dan pengabdian masyarakat.

Bersamaan dengan BWB Asia 2023, kamp elit Jr. NBA Abu Dhabi juga akan diselenggarakan di New York University Abu Dhabi mulai 2 Juni hingga 4 Juni 2023. Kamp ini akan mendatangkan 40 pemain laki-laki berbakat dari kelompok usia di bawah 15 tahun liga Jr. NBA Abu Dhabi untuk mengikuti program pengembangan kemampuan dasar dan kompetisi 5-on-5.

Pada bulan Januari lalu, NBA dan Departemen Budaya dan Turisme Abu Dhabi mengadakan musim kedua liga Jr. NBA Abu Dhabi yang mempertandingkan masing-masing 450 pemain laki-laki dan perempuan berusia 11-14 tahun dari sekolah di seluruh UEA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembangkan Pemain Muda

“Selama lebih dari dua dekade, BWB memiliki peran besar dalam pengembangan pemain muda berbakat, dengan lebih dari 100 di antaranya kini telah berkarir di NBA dan WNBA,” ucap Ralph Rivera, Managing Director NBA Eropa dan Timur Tengah.

“Kami senang dapat menghadirkan program transformatif ini ke Teluk Persia untuk pertama kalinya dan ingin berterima kasih pada FIBA dan Departemen Budaya dan Turisme Abu Dhabi atas komitmen mereka dalam membantu mengembangkan pemain-pemain generasi muda di UAE dan sekitarnya.”

“Kami sangat bangga dapat menyelenggarakan BWB Asia di UAE untuk pertama kalinya, di mana para pemain muda berbakat dari Asia dan Oseania dapat menunjukkan kemampuan serta komitmen mereka terhadap olahraga basket,” kata Zoran Radovic, FIBA National Federations & Sport Director.

3 dari 3 halaman

NBA Global Games

BWB Asia 2023 bersama dengan Kamp Jr. NBA Abu Dhabi merupakan bagian dari kolaborasi multi-tahunan antara NBA dan DCT Abu Dhabi yang akan menyelenggarakan pertandingan pra-musim NBA Abu Dhabi Games 2023 antara Dallas Mavericks dan Minnesota Timberwolves pada Kamis, 5 Oktober 2023 dan Sabtu, 7 Oktober 2023 di Etihad Arena, Pulau Yas, Abu Dhabi.

Kolaborasi ini juga diwarnai dengan sejumlah acara interaktif untuk para penggemar dan akan menghadirkan sederet pemain, mantan pemain NBA, sejumlah klinik NBA FIT untuk mempromosikan kesehatan dan kebugaran, serta acara pameran Liga NBA 2K.

Kolaborasi ini menggabungkan DCT Abu Dhabi yang berada di bawah Experience Abu Dhabi, inisiatif promosi pariwisata dari ibu kota UAE, sebagai Rekan Tujuan Pariwisata Resmi dari NBA Timur Tengah, Afrika Utara, Eropa, dan Tiongkok. Secara total, jumlah peserta BWB sudah lebih dari 3.900 dari 134 negara dan wilayah sejak tahun 2001, dengan 105 mantan peserta yang telah bermain di NBA atau WNBA.

NBA dan FIBA telah menggelar 67 kamp di 44 kota yang tersebar di enam benua. BWB Asia akan disponsori oleh Nike, mitra global BWB sejak tahun 2002 yang menyediakan seluruh pakaian serta alas kaki bagi peserta. Gatorade juga hadir untuk memastikan bahwa para peserta dan pelatih terhidrasi selama program berlangsung. Pertandingan-pertandingan NBA telah ditayangkan di UAE sejak musim 1987-88.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.