Sukses

Gubernur NTB Ungkap Kesiapan Daerah Jelang Gelar 2 Seri MXGP Indonesia 2023

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengungkap daerahnya hanya perlu sedikit penyempurnaan jjelang menggelar dua seri MXGP Indonesia 2023 di Sumbawa dan Lombok pada Juni serta Juli mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengungkap kesiapan daerahnya dalam menggelar dua seri MXGP Indonesia 2023 di Sumbawa dan Lombok, Juni-Juli mendatang.

Seperti diketahui, Provinsi NTB kembali mendapat kepercayaan untuk menghelat ajang balap motor internasional. Setelah sukses dengan World Superbike (WSBK) dan MotoGP, daerah tersebut kini kini dipercaya menjadi tuan rumah MXGP Indonesia 2023. 

Tak tanggung-tanggung, Nusa Tenggara Barat bahkan dianggendakan menggelar dua seri MXGP sekaligus. Yang pertama dijadwalkan bergulir di Sirkuit Samota pada 23-25 Juni. Sementara itu, seri yang kedua bakal berlangsung di Sirkuit Selaparang, 1-2 Juli mendatang. 

Gubernur NTB Zulkieflimansyah pun menilai daerahnya sudah nyaris siap untuk menjadi tuan rumah event bergengsi itu. Menurutnya, NTB saat ini hanya perlu melakukan penyempurnaan sebelum menggelar MXGP di Lombok dan Sumbawa.

"Karena kita sudah dipaksa waktu COVID itu untuk menjadi host World Superbike dengan situasi yang berat, ada pelajaran yang luar biasa," tutur Zulkieflimansyah saat menghadiri acara peluncuran MXGP Indonesia 2023 di Jakarta, Sabtu (13/5/2023). 

"Dan saya rasa kita tinggal belajar menyempurnakan kekurangan-kekurangan dari World Superbike yang kedua, kemudian MotoGP dan yang lain-lain berlangsung sudah lebih sempurna dibanding yang pertama," sambung gubernur berusia 50 tahun itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendistribusian Tiket

Sementara itu terkait pendistribusian tiket, Zulkieflimansyah mengeklaim pihaknya bakal berupaya menyediakan wadah pembelian tiket secara offline.

Hal ini dimaksudkan demi memudahkan kelompok masyarakat di daerah yang belum terbiasa dengan mekanisme pembelian tiket daring (online).

"Tiket itu tidak semua orang familiar—terutama yang dari daerah—dengan online," paparnya kepada awak media pada Sabtu (13/5/2024). 

"Jadi mungkin setelah acara ini l, akan ada (pendistribusian tiket secara) offline juga di berbagai tempat di seluruh Indonesia, sehingga komunitas motor bisa segera datang ke Lombok untuk menyaksikan tokoh-tokoh balap dunia yang hadir," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Apresiasi Menpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Dito Ariotedjo mengapresiai pelaksanaan MXGP Indonesia 2023 di Sumbawa dan Lombok. 

Pasalnya ia menilai, ajang tersebut dapat menjadi ajang pembuktian kualitas NTB sebagai tuan rumah kejuaraan motorsport, sekaligus sebagai sarana untuk mendongkrak perekonomian serta pariwisata di kawasan terkait. 

“Kami dari Kemenpora sangat mengapresiasi terlaksananya MXGP,” tutur Dito saat menghadiri sesi konferensi pers MXGP Indonesia 2023 di Jakarta, Sabtu (13/5/2023).

“Ini adalah pembuktian kedua kalinya NTB menjadi penyelenggara MXGP. Sebelumnya juga sudah terlaksana tahun lalu, dan bahkan MotoGP pun sukses (dilaksanakan di NTB). Jadi tidak berlebihan jika NTB ini kita sebut sebagai provinsi pusatnya motorsport,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini