Sukses

Indonesia Jadi Tuan Rumah 2 Seri MXGP 2023, Menpora Dito Ariotedjo Beri Sambutan Positif

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Dito Ariotedjo menyambut positif pelaksanaan dua seri MXGP Indonesia 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Sumbawa dan Lombok pada 23-25 Juni serta 1-2 Juli mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Dito Ariotedjo menyambut positif pelaksanaan dua seri MXGP Indonesia 2023 di Sumbawa dan Lombok.

Pria berusia 32 tahun tersebut menilai ajang kali ini merupakan pembuktian kualitas NTB sebagai tuan rumah kejuaraan motorsport, sekaligus sebagai sarana untuk mendongkrak perekonomian serta pariwisata di kawasan terkait.

Seperti diketahui, Nusa Tenggara Barat belakangan cukup aktif menggelar perhelatan balap motor internasional. Setelah sukses dengan World Superbike (WSBK) dan MotoGP, daerah tersebut kembali dipercaya menjadi tuan rumah MXGP 2023.

Tak tanggung-tanggung, NTB bahkan dipercaya menggelar dua seri MXGP sekaligus. Adapun yang pertama dijadwalkan bergulir di Sirkuit Samota pada 23-25 Juni, sementara yang kedua bakal berlangsung di Sirkuit Selaparang, 1-2 Juli mendatang.

Menpora Dito Ariotedjo pun memberi sambutan hangat jelang pelaksanaan ajang MXGP di Tanah Air. Menurutnya, ajang kali ini menunjukkan bahwa Nusa Tenggara Barat layak dipandang sebagai provinsi pusat motorsport di Tanah Air.

“Kami dari Kemenpora sangat mengapresiasi terlaksananya MXGP,” tutur Dito saat menghadiri sesi konferensi pers peresmian MXGP Indonesia 2023 yang dihelat di Aula Sarinah, Jakarta, Sabtu (13/5/2023).

“Ini adalah pembuktian kedua kalinya NTB menjadi penyelenggara MXGP. Sebelumnya juga sudah terlaksana tahun lalu, dan bahkan MotoGP pun sukses (dilaksanakan di NTB). Jadi tidak berlebihan jika NTB ini kita sebut sebagai provinsi pusatnya motorsport,” sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Optimistis MXGP Indonesia Berjalan Sukses

Dito optimistis MXGP Indonesia 2023 yang dihelat di Sumbawa dan Lombok bakal berjalan sukses. Ia juga berharap perhelatan tersebut akan memberi manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam hal ekonomi serta pariwisata.

“Ini merupakan ajang yang sangat bermanfaat bagi kemajuan pariwisata dan ekonomi daerah. Dan memang, sekarang kami di Kemenpora fokus juga untuk kajian dan mendorong sport industry, di mana olahraga harus bisa bermanfaat luas bagi masyarakat,” tuturnya.

“Saya optimis MXGP 2023 Indonesia, yang akan dilaksanakan di Sumbawa dan Lombok, berjalan dengan lancar dan sukses. Kami berharap semua peserta dan penonton akan menikmati event ini dengan penuh antusias,” tandas Menpora.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Ketua Umum IMI Pusat

Ketua Umum IMI Pusat Bambang Soesatyo juga sempat buka suara terkait penyelenggaraan MXGP Indonesia 2023 di Sumbawa dan Lombok. Ia menilai upaya untuk menghadirkan dua seri ajang tersebut tidaklah mudah.

Walau demikian, seperti halnya Menpora, Bambang Soesatyo optimistis MXGP Indonesia 2023 dapat menghadirkan dampak ekonomi yang besar bagi daerah.

“Ini bukan pekerjaan yang mudah, tapi hasilnya akan terasa bagi ekonomi NTB. Tadi Pak Menpora sudah menyampaikan kepada kita (bahwa) perputaran uang dalam kegiatan olahraga itu sangat membantu pertumbuhan ekonomi di daerah,” ujarnya

“Jadi saya senang karena sepertinya kita semua ada kesepakatan bersama bahwa kegiatan-kegiatan olahraga ini akan mampu mendorong, mendongkrak ekonomi di daerah,” tambah Bambang Soesatyo dalam konferensi pers di Aula Sarinah, Jakarta, Sabtu (13/5/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini