Sukses

Timnas Indonesia U-22 Tendang Vietnam di Semifinal SEA Games 2023, Erick Thohir: Bukti Kita Punya Mental dan Nyali

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memuji perjuangan Timnas Indonesia U-22 usai menyingkirkan Vietnam di semifinal SEA Games 2023. Timnas Indonesia U-22 menang 3-2.

Liputan6.com, Phnom Penh - Timnas Indonesia U-22 melaju ke final SEA Games 2023 Kamboja setelah mengalahkan Vietnam. Dalam laga semifinal yang berlangsung di National Olympic Stadium Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023), skuad racikan Indra Sjafri menang dramatis 3-2.

Padahal dalam laga tersebut, Timnas Indonesia U-22 bermain dengan 10 orang sejak pertengahan babak kedua karena Pratama Arhan mendapat kartu kuning kedua. Meski begitu, Skuad Garuda Muda mampu mempertahankan keunggulan hingga laga usai.

Indonesia membuka skor lewat Komang Teguh pada menit ke-10 usai memanfaatkan lemparan ke dalam Pratama Arhan. Vietnam mampu menyamakan kedudukan dengan gol Nguyen Van Tung di menit ke-36.

Indonesia kembali unggul pada menit ke-53 dengan gol Muhammad Ferrari. Tapi, Vietnam lagi-lagi dapat menyamakan kedudukan pada menit ke-79 karena Bagas Kaffa melakukan gol bunuh diri.

Memasuki masa injury time, Taufani Muslihuddin memastikan kemenangan Indonesia. Sepakannya dari luar kotak penalti merobek gawang Vietnam. Timnas Indonesia U-22 menang 3-2 atas Vietnam.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang menyaksikan langsung laga Timnas Indonesia U-22 menghadapi Vietnam memuji semangat juang anak asuh Indra Sjafri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Erick Thohir

Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang menyaksikan langsung laga Timnas Indonesia U-22 kontra Vietnam mengatakan: "Terima kasih kepada pemain-pemain kita di lapangan, yang saya selalu ingatkan bahwa kita punya mental, punya nyali, ada hari ini. Itu yang membuat kita menang."

"Dengan 10 pemain, kita kebobolan karena kita terus lawan terus lawan, tinggal dua menit, kita menggolkan. Itulah Indonesia yang kita mau," ujar Erick lagi sambil menahan emosional.

"Terima kasih masyarakat Indonesia, terima kasih pencinta sepak bola Indonesia yang terus berdoa, terus percaya bahwa tim kita ada. Terima kasih pada pemain yang membuktikan kita punya nyali, kita punya mental," tegasnya.

"Selama ini selalu kita dibilang enggak siap, buktinya hari ini kita siap. Kita punya fight. Itulah yang kita mau ke depan. Indonesia yang bisa sejajar dengan bangsa-bangsa di dunia. Tidak hanya melihat masa lalu, tapi masa depan," imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Tunggu Lawan di Final

Di final, Timnas Indonesia menunggu pemenang Thailand vs Myanmar. Babak final bakal berlangsung di National Olympic Stadium pada 16 Mei 2023.

"Sekarang kembali kita fokus dan recovery pemain. Ini jadi kunci karena pasti kelelahan, secara fisik secara mental. Sekarang harus siap lagi untuk final," pungkas Erick Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.