Sukses

Venue Final Liga Champions 2022/2023 Pindah ke Portugal?

Venue babak final Liga Champions terancam berpindah-pindah dalam kurun empat edisi terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Venue final Liga Champions berpotensi berubah empat edisi secara beruntun. Setelah dalam tiga musim terakhir dua kali dipindah dari Turki dan sekali dari Rusia, kejadian sama bisa terulang lagi tahun ini.

Istanbul, Turki seperti diketahui telah ditunjuk sebagai tuan rumah babak final Liga Champions untuk musim 2020 dan 2021. Namun pandemi Covid-19 yang saat itu tengah menggerogoti dunia membuat partai puncak kompetisi perebutan trofi di Kuping Besar kala itu terpaksa dipindah ke Portugal. 

Tahun lalu kejadian yang sama juga terjadi kepada St Petersburg, Rusia sebagai tuan rumah Liga Champions 2022. UEFA selaku otoritas sepak bola di Eropa terpaksa memindahkan lokasi venue ke Paris, Prancis sebagai buntut invasi yang dilakukan oleh negeri Beruang Merah terhadap Ukraina. 

Nah, tahun ini, final Liga Champions sejatinya berlangsung di Istanbul, Turki. Namun UEFA kabarnya ingin memindahkan lokasinya menyusul situasi politik di negara tersebut.

Kebetulan agenda ini bakal digelar pada akhir bulan Mei atau berdekatan dengan final Liga Champions yang jatuh pada 11 Juni 2023. UEFA khawatir ada potensi kerusuhan yang mungkin terjadi bila masa jabatan Presiden Recep Tayyip Erdogan selama sembilan tahun berakhir lewat pemilihan akhir bulan ini.

Rangkaian pemilihan dimulai Minggu ini. Dan menurut jajak pendapat awal pekan ini, Erdogan masih tertinggal 5 persen di belakang rival utamanya, Kemal Kilicdaroglu. Banyak kalangan menilai, pemilihan akan berlangsung dalam dua putaran untuk menentukan pemenang dari dua kandidat yang  tersisa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4 Tim Berebut Tempat di Final

Sejauh ini, empat tim masih berjibaku untuk mendapatkan tiket ke partai puncak. Di atas kertas, Inter Milan berada di atas angin setelah berhasil mengalahkan rival sekota AC Milan pada semifinal leg 1. 

Dalam pertandingan tersebut, Inter Milan menang 2-0. Artinya dengan hasil imbang pada leg kedua nanti, tim besutan Simone Inzaghi tersebut sudah dipastikan lolos ke final Liga Champions 2022/2023. 

Selain duo Milan, sang juara bertahan Real Madrid juga tengah berebut tempat dengan wakil Liga Inggris, Manchester City. Pada semifinal leg pertama sebelumnya, kedua tim bermain imbang 1-1.

   

3 dari 3 halaman

Portugal Menyodorkan Diri?

Babak final seharusnya berlangsung di Ataturk Stadium, Istanbul. Namun Dailymail mengklaim, kalau Asosiasi Sepak Bola Portugal sudah mulai bergerak mendekati UEFA. Seperti dilansir dari Sportbible, mereka ingin mengajukan diri lagi menjadi tuan rumah final Liga Champions musim 2022/2023.

Portugal sepertinya ingin mendapat durian runtuh lagi seperti musim 2020 dan 2021 lalu. Saat itu, UEFA berturut-turut menujuk Estadio do Sport Lisboa e Benfica dan Estadio do Dragao sebagai lokasi partai puncak Liga Champions yang batal berlangsung di Istanbul, Turki akibat pandemi COVID-19. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.