Sukses

Pembukaan SEA Games 2023 Diwarnai Insiden Bendera Indonesia Terbalik

Bendera Merah-Putih terbalik di awal upacara pembukaan SEA Games 2023 di Kamboja pada Jumat petang.

Liputan6.com, Jakarta- Upacara pembukaan atau Opening Ceremony SEA Games 2023 berlangsung pada Jumat (5/5/2023) petang WIB di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja. Sayangnya pada awal-awal acara ada insiden bendera Indonesia, Merah-Putih, terbalik.

Seperti dilansir dari Antara, momen bendera Indonesia terbalik terjadi saat salah satu penyanyi lokal Kamboja tampil diiringi penari yang membawa bendera 11 negara peserta SEA Games 2023. Para penari yang membawa bendera Indonesia semuanya terbalik.

Namun hingga berita ini diturunkan belum ada konfirmasi dari pihak Kamboja mengenai insiden bendera terbalik ini.

Kejadian bendera Indonesia terbalik bukan kali pertama terjadi pada pesta olahraga terbesar dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut. Kasus serupa terjadi pada SEA Games XXIX/2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Bedanya insiden tersebut terjadi dalam buku panduan kegiatan.

Puncak upacara pembukaan SEA Games Kamboja secara resmi berlangsung pukul 19.00 WIB. Namun rangkaian acara telah dimulai sejak sore dengan menampilkan berbagai pertunjukan, termasuk kesenian yang menunjukkan identitas Kamboja sebagai tuan rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perwakilan Indonesia

Kontingen Indonesia turut menjadi bagian defile di opening ceremony SEA Games 2023 Kamboja dengan diikuti sekitar 45 orang yang merupakan perwakilan dari 25 atlet dan ofisial serta 15 perwakilan Tim CdM serta Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

Atlet-atlet yang akan ambil bagian dalam defile pembukaan SEA Games 2023 berasal dari cabang olahraga karate, teqball, renang, pencak silat dan sepak takraw. Adi Wirawan perwakilan dari KE NOC Indonesia, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia Lexyndo Hakim, Vice CdM Puji Lestari, Deputi I Andi Astribhaskoro Emir, Deputi II Ibnu Riza Pradipta dan lainnya.

Dalam defile, Bendera Merah Putih di bawa oleh atlet renang peraih medali emas di nomor 100 meter gaya punggung di SEA Games 2021 Vietnam, Flairene Candrea Wonomiharjo.

"Sebuah kerhormatan dan pastinya saya sangat senang sekali bisa menjadi representasi Indonesia di Asia Tenggara dengan membawa bendera Merah Putih. Ini kesempatan yang tidak mungkin saya tolak. Pokoknya saya sangat bangga," ungkap Flair dalam keterangan tertulis, Kamis (4/5/2023).

3 dari 3 halaman

599 Atlet

Sementara itu, CdM Lexy mengatakan ini adalah penampilan defile terbaik yang bisa dipersembahkan untuk saudara-saudara sesama negara ASEAN. Selain memperkenalkan wajah Indonesia, serta perwakilan dari kekuatan Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja.

Tim Indonesia menurunkan 599 atlet yang turun di 31 cabang olahraga pada SEA Games kali ini. Tim Indonesia berharap bisa minimal mempertahankan peringkat ketiga yang diraih di Vietnam tahun lalu dengan target 60 medali emas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.