Sukses

Hasil Badminton Asia Championships 2023: Kurang Dari 30 Menit, Anthony Sinisuka Ginting Amankan Gelar Juara

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mencatat sejarah dengan menjuarai Badminton Asia Championships 2023. Ini adalah gelar pertamanya sejak menguasai Hylo Open 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mencatat sejarah dengan menjuarai Badminton Asia Championships 2023. Ini adalah gelar pertamanya sejak menguasai Hylo Open 2022.

Anthony merebut gelar usai menaklukkan jagoan Singapura Loh Kean Yew 21-12, 21-8 dalam pertandingan berdurasi 28 menit di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Al Nasr Club, Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (30/4/2023).

Keberhasilan Anthony membuat Indonesia merebut gelar Badminton Asia Championships secara beruntun. Tahun lalu ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan yang mempersembahkan titel.

Anthony Ginting juga jadi tunggal putra Indonesia pertama yang berstatus juara Asia sejak Taufik Hidayat melakukannya pada 2007.

 

Jalan Pertandingan

Anthony bermain menyerang sejak awal pertandingan. Inisiatif permainan tersebut membuatnya unggul 5-2, 11-5, 16-8, 19-10, hingga akhirnya mengamankan gim pembuka.

Pemain berusia 26 tahun itu mempertahankan performa selepas jeda. Dalam kedudukan 2-2, Anthony memetik 11 poin beruntun.

Dengan keunggulan begitu lebar, Anthony hanya menunggu waktu sebelum akhirnya mengamankan titel BAC 2023. Dominasi Anthony begitu terlihat karena dia sama sekali tidak membiarkan Loh Kean Yew memimpin di pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wakil Indonesia Banyak Kandas di 8 Besar BAC 2023

Anthony jadi satu-satunya wakil Indonesia di final BAC 2023. Wakil terbaik lainnya adalah ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang melaju ke semifinal.

Sedangkan mayoritas wakil Indonesia kandas di perempat final. Mereka adalah tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung serta trio ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Lalu ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi serta Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di ganda campuran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini