Sukses

4 Pemain yang Bikin Arsenal Menyesal Melepasnya

Banyak pemain muda yang dilepas oleh Arsenal pada akhirnya meraih kesuksesan mereka di klub lain.

Liputan6.com, Jakarta - Arsenal telah menampung beberapa talenta terbaik sepak bola selama bertahun-tahun ke belakang. Namun, tidak semua pemain muda The Gunners pada akhirnya bisa menjadi pemain reguler di Emirates Stadium. Kebanyakan dari mereka harus keluar dan mengadu nasib di klub lain.

Kendati begitu, banyak dari pemain itu yang justru sukses dengan pilihan ini. Salah satunya, Emiliano Martinez yang terus bersinar bersama Aston Villa semenjak meninggalkan Emirates pada tahun 2020 lalu.

Martinez sebelumnya berada di tim senior Arsenal sejak tahun 2012 tetapi tidak pernah dapat menembus posisi kiper utama. Selama periode 2012-2019, pemain berkebangsaan Argentina itu menjalani masa peminjaman di sejumlah klub.

Hingga akhirnya pada musim 2019/2020 ia mulai mendapat kesempatan main yang cukup banyak di mana ia menjadi pilihan untuk menjaga gawang The Gunners dalam kompetisi di luar liga dan menjadi pilihan utama selama sisa musim setelah Bernd Leno mengalami cedera pada Juni 2020.

Sejak bergabung pada musim panas 2020, pemain jebolan akademi Arsenal tersebut berhasil membantu The Villa bersaing untuk kualifikasi kompetisi Eropa musim depan dengan sementara ini mereka menduduki posisi keenam dan hanya berjarak dua poin dari Tottenham Hotspur di urutan kelima.

Pencapaian terbesarnya datang pada bulan Desember lalu ketika ia sukses memenangkan gelar Piala Dunia bersama Timnas Argentina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serge Gnabry

Emiliano Martinez bukanlah pemain pertama yang pergi dari Arsenal dan sukses di luar. Winger andalan Bayern Munchen Serge Gnabry telah mengalaminya lebih dulu. Didatangkan dari Stuttgart pada tahun 2011, Gnabry langsung membuat para penggemar The Gunners antusias dengan kemampuan dan potensi yang dimilikinya.

Ia juga menjadi pemain termuda kedua Arsenal yang melakukan debut di Liga Inggris setelah Jack Wilshere.

Namun, masalah cedera lutut yang serius telah menghambat perkembangannya di London Utara dan akhirnya ia harus dilepas ke Werder Bremen di mana ia langsung bersinar sebelum akhirnya bergabung dengan raksasa Bundesliga Bayern Munchen pada tahun 2017.

Bersama The Bavarians, karirnya semakin menanjak. Sejauh ini ia telah mengoleksi 76 gol dan 50 assist dari 213 penampilannya di semua kompetisi. Ia juga memainkan peran penting dalam kesuksesan Bayern meraih treble pada tahun 2020 silam.

3 dari 4 halaman

Wojciech Szczesny

Ketika pertama kali Wojciech Szczesny bergabung dengan akademi Arsenal pada tahun 2006 dari Legia Warsaw, ia diproyeksikan akan menjadi pemain nomor satu The Gunners yang tak akan tergantikan selama beberapa dekade.

Akhirnya, pemain asal Polandia tersebut berhasil membuktikan kualitasnya di bawah gawang Arsenal setelah dipromosikan ke tim utama. Selama kurang lebih lima tahun menjadi pilihan utama Arsene Wenger dan mencatatkan 181 penampilan di semua kompetisi, Szczesny akhirnya harus pergi dari Emirates.

Sejumlah masalah cedera, beberapa kesalahan fatal yang merugikan dalam pertandingan besar, serta kedatangan Petr Cech membuat pemain berusia 33 tahun itu hengkang ke AS Roma dengan status pinjaman sebelum akhirnya menandatangi kontrak permanen dengan Juventus.

4 dari 4 halaman

Donyell Malen

Didatangkan dar Ajax ketika usianya baru menginjak 16 tahun, Donyell Malen dengan potensi tidak terbatasnya menimba ilmu selama dua tahun di akademi Arsenal. Namun sayang, ia tidak pernah mendapat kesempatan bermain di tim senior hingga akhirnya dilepas ke PSV pada tahun 2017.

Di tanah kelahirannya tersebut lah karirnya mulai menanjak di mana ia sangat subur dalam urusan mencetak gol. Total 55 gol dan 24 assist ditorehkannya dari 116 penampilan bersama PSV. Kemudian pada musim panas 2021 winger berusia 24 tahun tersebut bergabung dengan Borussia Dortmund dan saat ini sedang membantu klub yang identik dengan warna kuning hitam tersebut untuk bersaing meraih gelar Bundesliga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.