Sukses

Cerita Mudik Lebaran Idul Fitri Pebulu Tangkis Fajar Alfian Sebelum Berlaga di Badminton Asia Championships 2023

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian mudik Lebaran Idul Fitri ke Bandung, Jawa Barat, sebelum berlaga di Badminton Asia Championships 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga adalah keinginan setiap orang. Tak terkecuali para atlet bulu tangkis Indonesia.

Fajar Alfian, misalnya. Pebulu tangkis ganda putra itu menyempatkan untuk mudik Lebaran Idul Fitri ke Bandung, Jawa Barat.

"Saya memang menyempatkan diri untuk pulang ke Bandung, merayakan Idul Fitri di rumah bersama orang tua dan keluarga," kata Fajar Alfian dalam rilis PBSI yang diterima Liputan6.com, Minggu (23/4/2023).

"Jarak Jakarta Bandung kan tidak terlalu jauh dan saya mendapat libur dua hari kemarin, Jumat dan Sabtu."

"Di tahun sebelumnya saya tidak berlebaran bersama keluarga karena sedang pertandingan di Filipina. Jadi senang bisa berkumpul sekaligus meminta doa restu untuk pertandingan di Badminton Asia Championships ini. Semoga ini menjadi tambahan motivasi untuk meraih hasil yang maksimal," ucap Fajar.

Berbeda dengan sang pasangan, Muhammad Rian Ardianto, yang memilih untuk berlebaran di Jakarta. Dia tidak mudik atau pulang ke kampung halamannya di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Pastinya sedih tidak bisa merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga tapi ini sudah menjadi resiko pekerjaan yang harus dijalani," ujar Rian.

"Setelah Spain Masters kemarin, saya sempat pulang ke rumah, ada waktu lima hari libur dan berpuasa di sana. Ini bisa dibilang menjadi pengganti, setidaknya tetap ada momen Ramadhan saya bersama keluarga," imbuhnya.

Rian mengatakan walau tidak berjumpa langsung, fitur video call menjadi opsi untuk membuat momen Idul Fitri tetap terasa hangat. "Setelah shalat Id, saya pergi ke rumah saudara di Jakarta lalu video call dengan orang tua di Jogja," tutur Rian.

"Mereka berpesan untuk tetap jaga kondisi dan semoga bisa main maksimal di pertandingan nanti."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amalia Cahaya Pratiwi

Mudik Lebaran Idul Fitri juga dilakukan pebulu tangkis ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi. Walau waktu yang terbatas, dia mengaku rela pulang ke Solo usai tiga tahun tidak berlebaran bersama keluarga.

"Rasanya senang banget dan terharu," kata atlet yang akrab disapa Tiwi itu.

"Padahal sebenarnya tidak ada banyak waktu tapi bisa menyempatkan diri untuk berlebaran bersama keluarga di rumah," tambahnya.

Tiwi mengaku sempat pasrah ketika proses pencarian tiket pesawat yang mengalami kendala. Karena, jadwal yang dicarinya sudah tidak tersedia.

"Sebenarnya ini tidak direncanakan jauh-jauh hari. Saya izin ke pelatih Kamis (20/4) pagi dan ternyata diizinkan. Dari situ saya mencari tiket untuk pulang Jumat sore karena kami di ganda putri masih latihan di Jumat pagi," cerita Tiwi.

"Tapi, seharian Kamis itu saya tidak menemukan jadwal yang saya inginkan, begitu juga ketika saya cek di Jumat pagi saat bangun tidur. Saya sempat pasrah dan berpikir mungkin memang takdirnya belum dibolehkan pulang."

"Tapi, entah kenapa sesaat sebelum latihan di Jumat pagi itu, saya cek kembali aplikasi pemesanan tiket dan tiba-tiba alhamdulillah jadwalnya muncul," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Sudah Tiba di Dubai

Tim bulu tangkis Indonesia yang akan berlaga pada ajang Badminton Asia Championships 2023 telah tiba di Dubai, Minggu (23/4). Mereka akan langsung beristirahat di hotel sebelum menjalani latihan pada sore harinya.

Badminton Asia Championships 2023 akan bergulir pada 25-30 April.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.