Sukses

Menpora Pasang Target untuk Kontingen Indonesia di SEA Games 2023: Gondol 60 Emas dan Bertahan di 3 Besar

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkap target bagi kontingen Indonesia di perhelatan SEA Games 2023 Kamboja. Ia berharap para atlet sanggup menggondol setidaknya 60 medali emas dan mempertahankan posisi Tanah Air yang finis di urutan tiga edisi sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkap target bagi kontingen Indonesia di perhelatan SEA Games 2023 Kamboja. Pria berusia 32 tahun itu menargetkan atlet-atlet Tanah Air untuk menggondol total 60 medali emas sekaligus mempertahankan posisi Indonesia di SEA Games edisi lalu.

Sekadar informasi, kontingen Merah Putih berhasil finis di peringkat tiga klasemen akhir SEA Games 2021 Hanoi. Predikat itu diraih berkat torehan 241 medali yang terdiri 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

Adapun di SEA Games edisi ini, Dito Ariotedjo hanya menargetkan 60 medali akibat adanya pergeseran cabang olahraga. Walau demikian, ia berharap raihan itu cukup untuk menjaga Indonesia tetap berada di tiga besar.

"Untuk target medali perolehan, itu kita ingin bertahan di nomor 3, tapi dengan target medali sebanyak 60 medali," tuturnya kepada awak media, Senin (17/4/2023) sore WIB.

"Insyaallah kita meselet, ya, tetapi melesetnya ke atas," sambung Dito pasca pengumuman kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 di Kemenpora, Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bonus bagi Atlet SEA Games 2023

Adapun terkait bonus bagi atlet-atlet peraih medali SEA Games 2023, Dito menegaskan reward tersebut akan tetap dikeluarkan sesuai aturan Menteri Keuangan.

Ia juga mengeklaim hingga kini belum ada perubahan terkait nominal bonus yang akan diberikan kepada atlet. Artinya, hadiah itu kemungkinan sama dengan edisi sebelumnya.

"Untuk bonus, itu mengikuti peraturan yang sudah dikeluarkan Menteri Keuangan. (Mengenai jumlahnya) belum ada perubahan sampai hari ini dengan yang terakhir," tutur dia.

Sebagai informasi, pemerintah menggelontorkan dana mencapai Rp130,5 miliar bagi para atlet di SEA Games Hanoi 2021. Penggawa yang meraih emas secara spesifik mendapat bonus berkisar Rp350-500 juta, diikuti Rp210-300 juga bagi peraih medali perak, serta Rp105-150 juta untuk yang menyabet perunggu.

3 dari 3 halaman

Kontingen Indonesia di SEA Games 2023

Sebagai informasi, Menpora Dito Ariotedjo sebelumnya juga telah mengumumkan kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 di Kamboja.

Terdapat total 31 cabang olahraga yang akan dikirim untuk berlaga dalam kompetisi multievent level Asia Tenggara. Sebanyak 599 atlet, yang terdiri atas 379 putra dan 220 putri, juga diturunkan mewakili cabor masing-masing demi mengumpulkan medali bagi Merah Putih. 

"Secara singkat saya jelaskan, pada SEA Games 2023 Kamboja, untuk cabang olahraga yang kita ikuti sebanyak 31 cabang olahraga, dan untuk atlet akan kita kirim sebanyak 599 atlet," papar Dito kepada awak media pada Senin (17/4/2023).

"Ini memang ada kenaikan hampir 100 atlet dibanding SEA Games Hanoi. Jadi harus kita jelaskan bahwa untuk di SEA Games Kamboja 2023, ini berbeda dengan Hanoi karena di Hanoi cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan lebih banyak individu."

"Sedangkan cabang olahraga individu yang kita pertandingan di Hanoi dan mendapat 39 medali emas itu tidak dipertandingkan di SEA Games Kamboja 2023. (Cabor tersebut) juga diganti dengan cabang olahraga dan nomor olahraga beregu," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.