Sukses

Anthony Elanga Sering Jadi Cadangan MU, Barcelona dan Dortmund Manfaatkan Situasi

Anthony Elanga memiliki kesempatan untuk dipinjamkan MU pada Januari 2023 lalu, namun Ten Hag yang lebih memilih untuk mempertahankannya

Liputan6.com, Jakarta Pemain Manchester United atau MU Anthony Elanga mengaku merasa frustrasi karena kurangnya waktu bermain bersama klubnya. Meski begitu dia menyerahkan putusannya pada manajer.

Ketika Erik ten Hag memulai musim pertamanya di Old Trafford pada Agustus, Elanga muncul sebagai pemain reguler pada pertandingan pembukaan di Liga Inggris.

Pemain internasional Swedia itu, memberikan assist saat mencatat kemenangan 2-1 atas Liverpool, serta kemenangan awal atas Southampton dan Leicester City.

Namun, sejak September dan seterusnya, playmaker tersebut mendapati dirinya menghabiskan sebagian besar waktunya di bangku cadangan. Dia hanya menjadi starter di kompetisi lain.

Secara total, pemain berusia 20 tahun itu hanya diberikan tujuh starter dan 17 penampilan pengganti di semua kompetisi. Elanga harus rela menyaksikan pemain MU lainnya seperti Antony dan Alejandro Garnacho bergerak di depannya dalam urutan kekuasaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rencana Dipinjamkan

Menurut laporan, Elanga memiliki kesempatan untuk dipinjamkan MU ke klub lain pada Januari 2023 lalu. Namun, Ten Hag yang lebih memilih untuk mempertahankannya sebagai opsi dalam skuadnya.

Namun, sejak pergantian tahun, Elanga hanya tampil selama 172 menit. Namun demikian, meski mengakui rasa frustrasinya, Elanga bersikeras bahwa dia akan terus bekerja sekeras mungkin untuk mendapatkan penangguhan hukuman di bawah Ten Hag.

3 dari 5 halaman

Terserah Pelatih

"Ini membuat frustrasi. Anda ingin bermain, itu penting. Tapi apakah Anda bermain atau tidak, itu terserah pelatih, bukan saya," kata Elanga pada Aftonbladet.

"Saya telah berbicara dengan Erik dan itu bersifat pribadi di antara kami berdua. Saya tahu apa yang dia ingin saya lakukan dan saya terus berlatih keras. Ketika kesempatan datang, saya harus siap untuk mengambilnya."

4 dari 5 halaman

Sisa Kontrak

"Kami memiliki banyak percakapan, tidak hanya tentang [kurangnya waktu bermain] tetapi juga apa yang terjadi di sekitar. Itu hal yang baik tentang klub, kami banyak berbicara dan mereka banyak membantu saya," ujar Elanga

Elanga, yang masih memiliki sisa kontrak tiga tahun lebih, telah banyak dikaitkan dengan sejumlah klub, termasuk Barcelona dan Borussia Dortmund.

Meskipun Elanga saat ini menjadi bagian dari skuad Swedia untuk kualifikasi Euro 2024, dia tidak dimainkan saat kalah 3-0 melawan Belgia pada hari Jumat.

5 dari 5 halaman

Pemain Cadangan

Elanga diperkirakan terus memainkan peran sebagai pemain cadangan musim ini. Tidak hanya itu, dia juga bisa duduk terus di bangku cadangan menjelang musim berikutnya.

Elanga, yang memiliki kontrak hingga Juni 2026 di Old Trafford, hanya membuat empat penampilan sebagai pemain pengganti sejak akhir Januari 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.