Sukses

Tidak Mau Kalah dari Sir Jim Ratcliffe, Sheikh Jassim Ajukan Tawaran Kedua untuk Pembelian MU

Liputan6.com, Manchester - Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani terus memanaskan persaingan dalam pengambilalihan Manchester United. Bankir Qatar itu dan miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe terungkap telah diberikan perpanjangan waktu untuk mengajukan tawaran kedua.

Kamis (23/3/2023) lalu, juru bicara Ineos mengonfirmasi Sir Jim Ratcliffe telah mengajukan penawaran baru untuk MU. Sebelumnya tawaran awal, yang diperkirakan sekitar 4,5 miliar pound, ditolak keluarga Glazer.

Menurut Sky Sports News, tawaran kedua untuk pengambilalihan Manchester United telah datang dari Sheikh Jassim. Tawaran tersebut diketahui sekitar 5 miliar pound, meningkat dari tawaran sebelumnya. Namun, angka itu masih di bawah 6 miliar pound yang diyakini diinginkan keluarga Glazer.

Sheikh Jassim dinilai sebagai favorit untuk membeli MU. Tetapi, berbagai laporan dalam beberapa hari terakhir mengklaim keluarga Glazers sedang mempertimbangkan membatalkan penjualan klub juara Liga Inggris 20 kali itu.

Bankir Qatar itu baru-baru ini mengirim sebuah tim ke Manchester untuk bertemu dengan para petinggi Man Utd dan menjelajahi Old Trafford serta kompleks latihan Carrington. Kunjungan itu terjadi satu hari sebelum Ratcliffe melakukan perjalanan yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penawar Lainnya

Elliott Management diduga telah mengajukan penawaran untuk membeli saham minoritas Manchester United. Tawaran tersebut disodorkan Hedge fund asal Amerika Serikat ini sebelum tenggat waktu yang ditentukan pada Rabu (22/3/2023) lalu pukul 21.00 WIB.

Pengusaha Finlandia Thomas Zilliacus juga sedang dalam proses untuk membeli MU. Pria berusia 69 tahun itu mengungkapkan dalam sebuah pernyataan bahwa dia telah membuat tawaran baru setelah gagal meyakinkan Sheikh Jassim atau Sir Jim Ratcliffe untuk menjalin kerja sama dengannya.

"Saya telah mengajukan banding kepada dua saingan utama saya, Sir Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim, untuk bergabung dengan saya sehingga kami dapat membeli klub bersama-sama," kata mantan ketua klub sepak bola Finlandia HJK Helsinki itu.

"Dan dengan begitu menyalurkan lebih banyak uang ke klub untuk segala hal, mulai dari akuisisi pemain hingga peningkatan stadion," lanjut mantan pemilik tim hoki es Helsingin Jokerit tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Tawaran

"Namun saya belum menerima jawaban, jadi XXI Century Capital telah meningkatkan tawarannya. Kami percaya tawaran kami, mencakup keterlibatan fans dengan cara belum pernah dilihat sebelumnya serta nilai-nilai yang akan dibangun di masa depan klub, adalah yang terbaik untuk klub dan para penggemar," ucap Thomas Zilliacus.

"Kami terus menerima dukungan kuat dari para penggemar, yang mengatakan bahwa mereka ingin melihat penawaran kami menang. Saya terus berharap bahwa kami dapat bekerja sama dengan Sir Jim Ratcliffe dan Sheik Jassim untuk memperbaiki klub, tetapi karena kami tidak menerima jawaban, XXI Century Capital tidak melihat opsi lain selain meningkatkan tawarannya sendiri."

"Kami sangat serius dalam keinginan kami untuk membeli klub. Kami akan menjadikannya klub terbaik di dunia dan kami akan secara signifikan mengembangkan basis penggemar yang sudah masif di seluruh dunia dengan menawarkan cara yang belum pernah ada sebelumnya kepada para penggemar di mana pun untuk terlibat dan berkomunikasi dengan klub dan para pemain," pungkas Zilliacus.

Keluarga Glazer sekarang akan bekerja sama dengan Raine Group - bank AS yang menangani penjualan - untuk memutuskan langkah selanjutnya dalam proses pengambilalihan.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Sheikh Jassim

  • Sir Jim Ratcliffe

  • Berita Bola