Sukses

Plt Menpora Temui KONI, Bahas Persiapan PON 2024 dan Pembinaan Atlet

Plt Menpora berkunjung ke kantor KONI. Banyak hal dibahas dalam pertemuan tersebut seperti soal PON 2024.

Liputan6.com, Jakarta- Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M. AP. mengunjungi kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Senayan pada Selasa (21/3/2023). Ini menjadi kunjungan pertamanya sejak resmi dilantik menggantikan Zainudin Amali.

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menerima langsung Muhadjir yang juga Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI.

Marciano berharap pemerintah dapat lebih memberdayakan KONI secara maksimal sehingga kualitas pembinaan olahraga Indonesia dapat semakin maju karena KONI bertugas menjabarkan kebijakan pemerintah yang dikeluarkan Kemenpora secara maksimal.

“Kedatangan Pak Menteri ini sangat menyemangati kita semua, saya berharap setelah ini Menpora dapat lebih memberdayakan KONI sehingga pembinaan olahraga di Indonesia semakin maju” ujar Ketum KONI Pusat.

Pada pertemuan yang dimulai dari pukul 17.00- 19.00 WIB tersebut, Plt Menpora mendapat sambutan hangat dan penjelasan secara detail terkait tugas dan fungsi KONI dalam menjalankan amanah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan untuk melakukan pembinaan atlet secara berjenjang.

Usai melakukan pertemuan, Plt Menpora mengatakan dirinya merasa senang bisa bersilaturahmi dengan pengurus KONI Pusat. "Meskipun saya Plt Menpora, tapi saya ingin bekerja seperti definitif. saya akan banyak mendengar masukan-masukan dari beberapa stakeholder olahraga," kata Muhadjir Effendy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PON 2024

Muhadjir juga menyampaikan pertemuan dengan KONI Pusat tadi membahas terkait persiapan PON 2024 yang diadakan di Aceh dan Sumut.

"Kita akan terus melakukan koordinasi agar pelaksanaan PON 2024 di Aceh dan Sumut nanti berjalan dengan lancar. Termasuk saya juga mendapatkan laporan terkait persiapan atlet menuju Asean Games 2023 Kamboja dan Asian Games Hangzhou 2023," kata Muhadjir.

3 dari 3 halaman

Ketum KONI

Dalam pertemuan tersebut, ketum KONI menjelaskan terkait kesiapan para atlet yang nantinya akan ikut dalam PON 2024 dan pembinaan atlet menuju kejuaraan lainnya.

“Terkait dengan kesiapan atlet, menuju PON XXI/2024 Aceh – Sumut, sebagian KONI Provinsi sudah mulai melakukan pelatihan daerah (pelatda), dan kami selalu berhubungan langsung dengan induk cabang olahraga, terutama Binpres, selain itu kami juga meminta kepada KONI Provinsi untuk fokus membina minimal 2 cabang olahraga (cabor) unggulan di daerahnya, sehingga pada multievent nasional ataupun internasional kita bisa mengirimkan atlet kita yang sudah siap.” jelas Ketum KONI Pusat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.