Sukses

Dipanggil Timnas Belanda U-20, Shin Tae-yong Sebut Justin Hubner Masih Berkomitmen Bela Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengeklaim dirinya telah berkomunikasi dan memastikan bahwa Justin Hubner masih berkomitmen membela Skuad Garuda meski dipanggil memperkuat Timnas Belanda jelang laga uji coba melawan Prancis pada 25 Maret mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20 Justin Hubner kabarnya mendapat panggilan untuk menjadi bagian dari Timnas Belanda U-20 jelang laga uji coba melawan Prancis, 25 Maret mendatang.

Padahal, bek berusia 19 tahun itu tengah merampungkan proses untuk menjadi Warga Negara Indonesia bersama dua nama lain, yakni Ivan Jenner dan Rafael Struick.

Komisi X dan Komisi III DPR bahkan telah menyetujui usulan naturalisasi untuk ketiga penggawa dalam rapat kerja yang dihelat pada Senin (20/3/2023) lalu.

Menanggapi situasi ini, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong angkat bicara. Ia menilai pemanggilan Hubner oleh Belanda U-20 diakibatkan oleh proses naturalisasi di dalam negeri yang berjalan kurang cepat.

Secara regulasi, Hubner memang masih bisa membela tanah kelahirannya mengingat sang pemain belum menyandang status sebagai WNI.

Namun, perlu diketahui bahwa Shin Tae-yong juga telah memanggil penggawa Wolverhampton Wanderers untuk mengikuti pemusatan latihan bersama tim racikannya jelang Piala Dunia U-20 2023.

Juru taktik asal Korea Selatan pun mengeklaim dirinya sudah berkomunikasi langsung dengan Hubner sekaligus memastikan pesepak bola kelahiran 2003 itu masih berkomitmen untuk membela Skuad Garuda.

“Bisa terjadi masalah seperti ini karena proses naturalisasi kurang cepat,” tutur Shin Tae-yong saat ditemui awak media di sela-sela latihan Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-20 yang dihelat di Stadion PTIK, Jakarta, Senin (20/3/2023) sore WIB.

“Tapi, saya telepon langsung dua hari lalu, dia masi niat dan mau menjadi WNI. Jadi, walaupun dipanggil Belanda, tidak masalah. Yang penting kita tetap melanjutkan proses naturalisasi, dan saya percaya dia akan datang ke Timnas Indonesia,” tandas STY.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Dirtek PSSI Indra Sjafri

Tanggapan serupa juga disampaikan oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri. Ia mengeklaim Hubner sejauh ini masih berkomitmen untuk membela Merah Putih, meskipun dirinya juga mendapat panggilan dari Timnas Belanda U-20.

“Sampai saat ini, (Justin Hubner) masih berkomitmen. Terakhir dia menyatakan masih (mau bela Timnas Indonesia),” ujar Indra Sjafri saat ditemui selepas konferensi pers kerja sama Wall’s dengan PSSI di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (20/3/2023).

“(Terkait boleh tidaknya membela Timnas Indonesia setelah dipanggil Belanda) itu teknis, coba tanya Coach Shin. Yang jelas, PSSI memproses perpindahan kewarganegaraan. Setelah itu selesai, kita proses perpindahan federasi,” sambungnya.

3 dari 3 halaman

Tak Bisa Pastikan Tanggal Bergabung

Hingga kini, Shin Tae-yong belum bisa memastikan kapan tiga pemain calon naturalisasi dapat bergabung dengan rekan-rekannya di Timnas Indonesia.

Walau begitu, juru taktik asal Negeri Ginseng mengeklaim pihaknya bakal berupaya mempersiapkan agar nama-nama tersebut dapat turut berangkat ke Korea Selatan untuk menjalani TC pada awal April mendatang.

“Saya tidak bisa janjikan kapan mereka gabung timnas. Kita akan berangkat TC tanggal 2 April. Ketika kita pergi ke sana, saya sih mempersiapkan agar ketiganya bisa bergabung dengan TC di Korea Selatan langsung,” tutur Shin Tae-yong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.