Sukses

Jelang Piala Dunia U-20 2023, Shin Tae-yong Kembali Keluhkan Sikap Klub yang Enggan Lepas Pemainnya

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong kembali berkeluh kesah soal pemanggilan pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) jelang dihelatnya Piala Dunia U-20 2023.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong kembali berkeluh kesah soal pemanggilan pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) jelang dihelatnya Piala Dunia U-20 2023.

Seperti diketahui, juru taktik asal Korea Selatan memang telah memanggil sejumlah nama untuk memperkuat tim racikannya sebelum menyongsong turnamen sepak bola bergengsi tersebut.

Terdapat total 29 penggawa yang diajak bergabung, termasuk tiga calon naturalisasi, yakni Rafael Struick, Ivan Jenner, dan Justin Hubner. Sayangnya, belum seluruh pemain hadir di lokasi TC.

Padahal menurut Shin Tae-yong, Piala Dunia U-20 2023 merupakan ajang pembuktian bagi Timnas Indonesia. Juru taktik berusia 52 tahun itu pun meminta kesediaan dari pihak klub untuk melepas anak-anak asuhnya agar bisa mempersiapkan diri secara maksimal menuju turnamen.

"Saya betul-betul tahu apa yang diinginkan masyarakat Indonesia. Pastinya kita harus berprestasi baik di Piala Dunia U-20," tutur Shin Tae-yong saat menghadiri konferensi pers kerja sama Wall's dengan PSSI di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (20/3/2023).

"Kita harus bisa menunjukkan juga bahwa bola kita bisa berkembang, bukan hanya di AFF, bukan juga di AFC, melainkan di FIFA melalui turnamen Piala Dunia kali ini."

"Kita sudah melakukan pemanggilan pemain dari klub, apalagi akan ada FIFA Matchday, tetapi sampai saat ini masih ada beberapa pemain yang tidak bisa dipanggil, tetapi harus ada pengorbanan dari klub-klub juga agar kita bisa mengorganisasikan dari sekarang sampai Piala Dunia nanti," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Ingin Kejadian TC Piala Asia U-20 Terulang

Shin Tae-yong juga mengaku tak ingin kejadian di Piala Asia U-20 2023 terulang. Kala itu, sejumlah pemain Liga 1 yang dipanggil terlambat bergabung dengan Timnas Indonesia. Demikian pula Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan yang baru mulai berkarier di luar negeri.

"Dari sekarang, saya benar-benar minta tolong ke semua klub supaya bisa melepas pemain Timnas U-20 agar tidak terjadi lagi situasi seperti TC yang sebelum berangkat ke Uzbekistan (Piala Asia U-20)," kata Shin Tae-yong.

"Itu sangat sulit bagi timnas dan saya sendiri. Jadi saya benar-benar minta tolong supaya tidak terjadi untuk kedua kalinya. Tolong bantuannya agar kita bisa koordinasi baik dengan klub agar saya juga tidak terlalu stress," tandas dia.

3 dari 3 halaman

FIFA Matchday Timnas Senior

Sekadar informasi, Shin Tae-yong saat ini tidak hanya menangani Timnas Indonesia U-20. Juru taktik asal Korea Selatan itu juga tengah menukangi timnas senior yang bakal berlaga dalam FIFA Matchday.

Kedua skuad bakal menggelar latihan perdana di Lapangan PTIK pada Senin (20/3/2023) sore WIB. Adapun skuad senior Garuda nantinya dijadwalkan bersua dengan Burundi dalam FIFA Matchday yang dihelat pada 25 dan 28 Maret mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.