Sukses

Utak-atik Liga Europa, Arsenal Vs Sporting CP: The Gunners Difavoritkan Lolos

Meski hanya mendapat hasil seri ketika bertandang ke markas Sporting pekan lalu, tim asuhan Mikel Arteta difavoritkan untuk dapat melaju ke babak perempat final Liga Europa 2022/2023.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah memperoleh hasil imbang 2-2 dalam leg pertama babak 16 besar Liga Europa 2022/2023 di Lisbon, Arsenal dan Sporting CP kembali akan dipertemukan pada Jumat (17/3/2023) untuk menentukan siapa yang akan mendapat tempat di 8 besar. Meski hanya mendapat hasil seri ketika bertandang ke markas Sporting pekan lalu, tim asuhan Mikel Arteta difavoritkan untuk dapat melaju ke babak berikutnya.

Bukan tanpa alasan. Jika menilik sejarah, Arsenal baru sekali mengalami kekalahan atas tim Portugal di semua kompetisi tingkat Eropa (7 menang dan 1 imbang). Kekalahan itu datang pada kompetisi Piala Eropa musim 1991/1992 ketika The Gunners dikalahkan 1-3 oleh Benfica yang membuat mereka tereliminasi dari ajang tersebut.

Sebaliknya, Sporting tidak mampu memetik satupun kemenangan dalam sembilan pertemuan tandang terakhirnya dengan klub asal Inggris di semua kompetisi Eropa (4 imbang dan 5 kalah) sejak terakhir mengalahkan Middlesbrough 3-2 di babak 16 besar UEFA Cup musim 2004/2005.

Tak hanya itu, jika melihat sejarah pertemuan kedua klub, Arsenal belum pernah mengalami kekalahan dalam lima pertemuan terakhirnya dengan Sporting. Klub asal London Utara tersebut berhasil meraih 2 kemenangan dan 3 hasil imbang.

Melihat semua catatan tersebut, Arsenal tentu saja lebih diunggulkan dalam duel ini. Skuad asuhan Ruben Amorim harus memutar otak untuk dapat mematahkan semua ekspektasi buruk terhadap timnya dan memperbaiki rekor tandang ketika berhadapan dengan wakil Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa Terbaru

Meski tidak diunggulkan jika membandingkan catatan sejarah kedua tim, Sporting belakangan ini sedang berada dalam performa yang cukup gemilang. Tim asuhan Ruben Amorim itu belum terkalahkan dalam tujuh laga terakhirnya (5 menang dan 2 imbang). Selain itu, klub yang berbasis di Lisbon tersebut juga mengoleksi lima kemenangan dari lima laga tandang terakhirnya di semua turnamen yang diikuti.

Serupa dengan tim tamu, Arsenal juga belum mengalami kekalahan dalam enam laga terakhirnya di semua kompetisi sejak terakhir menelan kekalahan 1-3 atas Manchester City dalam lanjutan Liga Premier bulan lalu. Sementara ini The Gunners juga masih kokoh memuncaki klasemen liga dan berpeluang untuk keluar sebagai juara jika Mikel Arteta dan pasukannya bisa konsisten hingga akhir musim mengingat mereka hanya memiliki 11 laga sisa untuk dimainkan.

3 dari 4 halaman

Pemain Kunci

1.      Gabriel Martinelli

Gabriel Martinelli dinilai sebagai pemain kunci Arsenal dalam duel menghadapi Sporting. Bukan tanpa alasan, sejauh musim ini berjalan ia telah mengantongi gol dua kali lipat lebih banyak (12) ketimbang yang ia catatkan pada musim lalu (6).

Rekor tersebut menjadikannya top skor sementara untuk The Gunners di semua kompetisi, satu gol lebih banyak dibanding rekannya Bukayo Saka dengan torehan 11 golnya. Winger asal Brazil itu juga merupakan pemain kedua yang paling banyak menciptakan peluang dari permainan terbuka (53) di semua kompetisi musim ini setelah Martin Odegaard (56).

2.      Marcus Edwards

Sementara itu, dari sisi tim tamu ada nama Marcus Edwards yang menjadi sorotan. Mantan pemain Tottenham Hotspur tersebut sementara ini telah mencatatkan 21 keterlibatan gol (10 gol dan 11 assists) untuk Sporting di semua kompetisi.

Tak hanya itu, sejak dimulainya musim 2021/2022, tidak ada pemain lain di Liga Primeira yang lebih sering melewati lawan dengan dribel ketimbang pemain berkebangsaan Inggris tersebut (105). Mikel Arteta tentu saja harus mewaspadai pemain yang satu ini karena kemampuan menggiring bolanya dapat menghancurkan garis pertahanan Arsenal.

4 dari 4 halaman

Persentase Kemenangan

Mengacu dari Opta Analyst, Arsenal dinilai memiliki persentase kemenangan yang jauh lebih besar dibanding Sporting. Berdasarkan prediksi yang dilakukan menggunakan Opta supercomputer, The Gunners memiliki persentase sebesar 69.8 persen untuk keluar sebagai pemenang. Sementara sang wakil Portugal hanya mendapat angka sebesar 12.4 persen.

Melihat hal tersebut, Sporting sepertinya hampir tidak memiliki kesempatan untuk memenangkan duel melawan skuad Mikel Arteta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.