Sukses

Erling Haaland Sejajar dengan Lionel Messi dan Lewati Rekor Legenda MU di Liga Champions

Haaland mampu menyamai pencapaian Messi dan melewati rekor legenda MU usai membuat lima gol dalam satu laga Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta- Erling Haaland jadi bintang kesuksesan Manchester City melaju ke perempat final Liga Champions musim 2022/2023. Pemain asal Norwegia itu mencetak lima gol saat City menghajar Red Bull Leipzig 7-0 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung Rabu 15 Maret 2023 dini hari WIB.

Bertanding di Etihad Stadium, Haaland membuka keunggulan City di menit 22 melalui tendangan penalti. Setelah itu eks pemain Borussia Dortmund tersebut menambah empat gol lagi masing-masing di menit 24, 45+2, 53 dan 57.

Lima gol ke gawang Leipzig membuat Erling Haaland masuk buku sejarah Liga Champions. Pemuda 22 tahun itu kini sejajar dengan Lionel Messi dan pemain Brasil Luiz Adriano sebagai pemain yang mencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan Liga Champions.

Sudah cukup lama tidak ada pemain yang bisa membuat lima gol di satu laga Liga Champions. Messi membuat lima gol pada 7 Maret 2012. Sedangka Adriano melakukannya pada 21 Oktober 2014.

Cuma Haaland dan Messi yang bisa mencetak lima gol di fase knock-out Liga Champions. Luiz Adriano melakukannya di fase grup.

Haaland juga memecahkan rekor milik legenda Manchester United Ruud van Nistelrooy. Haaland menjadi pemain tercepat yang mampu mengoleksi 30 gol di Liga Champions. 

Sebelumnya Ruud van Nistelrooy yang memegang rekor ini dengan membuat 30 gol di 34 pertandingan. Haaland cuma butuh 25 laga saja untuk menembus jumlah 30 gol. Kini Haaland sudah membukukan total 33 gol di Liga Champions.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Termuda Haaland

Haaland juga tercatat sebagai pemain termuda yang mampu membuat 30 gol di Liga Champions, melewati pencapaian Kylian Mbappe dari Paris Saint-Germain. Saat mencetak lima gol melawan Leipzig, eks pemain Molde itu baru berusia 22 tahun 236 hari.

Tambahan lima gol di laga kontra Leipzig langsung meroketkan Haaland memimpin daftar top skor sementara Liga Champions. Total Haaland sudah melesakkan 10 gol musim ini.

3 dari 3 halaman

Bisa Tambah Gol

Haaland langsung melewati perolehan gol Mohamed Salah (Liverpool) dengan delapan gol dan bintang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe yang melesakkan tujuh gol.

Eks pemain Red Bull Salzburg itu juga mempertajam catatan sebagai pemain tersubur City dalam satu musim dengan koleksi 39 gol. Haaland sudah memecahkan pencapaian terbaik Sergio Aguero di City dengan 33 gol dalam satu musim.

Haaland masih bisa menambah gol lagi karena musim 2022/2023 masih berlangsung dua bulan setengah lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.