Sukses

Tok! Zainudin Amali Resmi Mundur dari Jabatan Menpora usai Suratnya Disetujui Presiden Jokowi

Zainudin Amali menyatakan dirinya resmi mundur sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) setelah suratnya disetujui oleh Presiden Jokowi per Senin, 13 Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Zainudin Amali menyatakan dirinya sudah resmi mundur dari jabatan sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI per Senin, 13 Maret 2023.

Kepastian tersebut disampaikan sendiri olehnya saat mendampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam inspeksi venue Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (13/3/2023) sore WIB.

Amali menjelaskan, dirinya memang sudah mengirimkan permohonan tertulis kepada Presiden Joko Widodo sejak Kamis (9/3/2023) lalu. Ia lantas diterima secara resmi oleh Jokowi pada Senin, 13 Maret, sekaligus mendapat restu mundur dari jabatannya.

"Sebagaimana saya sudah janjikan bahwa pada hari Senin (13/3/2023), saya akan bertemu dengan Bapak Presiden, ketika hari Kamis yang lalu saya menyampaikan surat pengunduran diri," tutur Zainudin Amali saat memberi keterangan kepada awak media di SUGBK.

"Tadi pagi, sekitar pukul 10.30 waktu Bali (WITA), saya sudah diterima oleh Bapak Presiden dan Bapak Presiden sudah mengizinkan saya untuk mundur sebagai Menpora."

"Jadi per hari ini, saya sudah berhenti sebagai Menpora. Hari ini (saya bukan Menpora lagi), tetapi Wakil Ketua Umum PSSI," sambungnya pada kesempatan yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Calon Pengganti Zainudin Amali

Adapun terkait sosok pengganti yang akan menduduki kursi Menpora, Zainudin Amali mengaku belum bisa memberi informasi. Pasalnya, hal tersebut sepenuhnya merupakan hak prerogatif Presiden.

"(Terkait penggantinya) belum tahu seperti apa. Apakah Bapak Presiden akan menunjuk Plt dulu atau Menpora definitif. Kita belum tahu, tunggu saja, tetapi per hari ini, saya sudah berhenti sebagai Menpora," ujar Amali.

"(Menpora baru nantinya berasal dari partai mana) belum tahu, karena itu menjadi hak prerogatif Bapak Presiden," tandas dia kepada awak medi pada Senin (13/3/2023).

3 dari 3 halaman

Zainudin Amali Tetap Bantu INAFOC

Meski sudah tak berstatus sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menegaskan bakal tetap berupaya maksimal untuk membantu INAFOC jelang pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023.

Hanya saja, Amali mengeklaim masih harus menunggu kepastian soal peran dan posisinya di lembaga tersebut. Pasalnya, menurut Keppres, jabatan Ketua Panitia Pelaksana INAFOC dipegang oleh sosok yang duduk di kursi Menpora.

"Saya akan bantu di INAFOC. Mau ditugaskan apa, saya akan kerjakan karena ini kan bukan urusan pribadi, tetapi urusan negara. Tuan rumah (Piala Dunia U-20 2023) itu Indonesia," tutur Amali.

"Kalau Keppresnya (INAFOC itu kan diketuai oleh) Menpora. Ya, saya nanti ditugaskan sebagai apa, terserah. (Mau itu) jahit-jahit rumput atau apa," tandasnya sembari bergurau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.