Sukses

Demi Dapatkan Pemain Idaman, Manchester City Siap Jual Aymeric Laporte

Laporte telah mengalami musim yang buruk bersama Manchester City pada 2022-23 karena alami cedera di awal musim.

Liputan6.com, Jakarta Manchester City dilaporkan siap melepas Aymeric Laporte untuk mengumpulkan dana guna mengejar Josko Gvardiol dari RB Leipzig. Pemain ini sudah lama hanya tampil sebagai pemain pelapis.

Pemain berusia 28 tahun itu menjadi andalan skuad Pep Guardiola sejak bergabung dengan The Citizens dari Athletic Bilbao pada Januari 2018.

Laporte telah membuat total 170 penampilan untuk City di semua kompetisi. Dia mencetak 12 gol dan memenangkan total delapan trofi termasuk empat gelar Liga Inggris.

Namun, Laporte telah mengalami musim yang buruk pada 2022-23 karena alami cedera di awal musim. Dia hanya tampil di enam pertandingan Liga Inggris.

Pemain internasional Spanyol, yang tampil sebagai pemain pengganti dalam 10 pertandingan di semua kompetisi musim ini, harus bersaing dengan empat bek tengah Manchester City lainnya Ruben Dias, John Stones, Nathan Ake dan Manuel Akanji.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berpisah

Laporte terikat kontrak di Stadion Etihad hingga Juni 2025. Namun, menurut Sport, bek tengah itu ingin meninggalkan Man City musim panas ini untuk mencari sepak bola reguler di tim utama.

Laporan itu menambahkan bahwa juara bertahan Liga Inggris bersedia berpisah dengan Laporte. Kabarnya dua klub raksasa La Liga Barcelona dan Real Madrid dikatakan telah mengidentifikasi bek tersebut sebagai target potensial.

3 dari 5 halaman

Buka Pintu

Barcelona dipahami telah menaruh minat pada Laporte. Namun, harapan untuk memikatnya ke Camp Nou musim panas ini bisa terhalang setelah Presiden La Liga Javier Tebas baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa mereka tidak dapat merekrut pemain sampai mereka mengumpulkan 177 juta pounds.

Potensi keluarnya Laporte dari Etihad diduga akan membuka pintu bagi City untuk meningkatkan pengejaran mereka terhadap bintang Leipzig Gvardiol, yang telah menarik minat sejumlah klub top Eropa termasuk Chelsea, Liverpool dan Manchester United.

4 dari 5 halaman

Prospek

Pemain berusia 21 tahun itu telah berkembang menjadi salah satu prospek paling cemerlang di dunia sepak bola sejak pindah ke Jerman dari Dinamo Zagreb pada 2021. Dia dinilai sudah layak meningkatkan permainannya ke level baru untuk klub dan negara.

Pemain internasional Kroasia dengan 19 caps telah tampil 75 kali di semua kompetisi untuk Leipzig. Dia sudah mencetak empat gol termasuk gol penyeimbang dalam hasil imbang 1-1 melawan Man City di leg pertama babak 16 besar Liga Champions bulan lalu.

5 dari 5 halaman

Kecewa

Gvardiol baru-baru ini berbicara tentang keinginannya untuk bermain di Liga Inggris, membuka keputusannya untuk menolak pindah ke Leeds United pada tahun 2020 dan mengungkapkan kekecewaannya ketika tawaran pindah ke Chelsea gagal terwujud tahun lalu.

"Saya memiliki dua opsi, antara Leeds dan Leipzig. [Marcelo] Bielsa adalah pelatihnya dan saya tidak tahu apakah Anda mengetahuinya, tetapi tujuan saya dalam karir saya adalah bermain di Liga Premier," kata Gvardiol kepada The Times.

"Saya tahu bahwa saya perlu mengambil beberapa langkah lagi sebelum saya [ke Liga Premier] suatu hari nanti. Pada akhirnya Leipzig adalah klub yang sangat bagus dan saya merasa nyaman di sini. Penting bagi saya untuk bermain di hampir setiap pertandingan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.