Sukses

3 Fakta Menarik Usai Manchester City Tekuk Bristol City di Piala FA: Ada Aroma MU di Tim Lawan

Dua pemain jebolan akademi Manchester United atau MU tak mampu membawa Bristol City mengimbangi permainan Manchester City di Piala FA.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City  menang tiga gol tanpa balas atas Bristol City pada putaran kelima Piala FA di Ashton Gate Stadium, Rabu (1/3/2023) dini hari. Hasil ini sekaligus membawa pasukan Pep Guardiola melangkah lebih jauh pada turnamen tertua di Inggris tersebut.  

Bristol City menjamu Manchester City dalam laga putaran kelima Piala FA Rabu (1/3/2023) dini hari. Sesuai prediksi, anak asuh Pep Guardiola mampu meraih kemenangan mudah atas klub divisi dua tersebut. Bukan tanpa alasan. The Citizens memang tengah on fire. City saat ini memegang rekor selalu menang dalam 11 laga tandang terakhirnya di Piala FA, terpanjang sepanjang sejarah kompetisi ini.

Bermain di kandang lawan tidak menjadi tantangan berarti bagi Kevin De Bruyne dan kawan-kawan. Mereka berhasil tampil dominan dengan mencatatkan 71 persen penguasaan bola. Ketika waktu baru berjalan tujuh menit, Phil Foden berhasil menyelesaikan umpan silang dari Riyad Mahrez dan merebut keunggulan pertama.

Sementara itu, gol kedua Manchester City datang pada menit ke-74 dari pemain yang sama dengan gol sebelumnya. Foden yang tak terjaga di kotak penalti melesatkan tendagan mendatar ke arah gawang Max O’Leary. Bola yang terbentur salah satu pemain Bristol akhirnya masuk ke dalam gawang.

Semakin percaya diri, tujuh menit kemudian giliran De Bruyne yang menambah keunggulan The Citizens. Tendangan keras yang dilesatkan dari luar kotak penalti tidak dapat diselamatkan oleh O’Leary. Skor 3-0 bertahan hingga peluit akhir berbunyi.

Meski kemenangan City sudah bisa ditebak sejak awal, duel melawan Bristol setidaknya meninggalkan sejumlah catatan menarik. Salah satunya adalah aroma sang rival, Manchester United atau MU yang tercium dari tim lawan Bristol. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aroma MU

Seperti diketahui, di tengah dominasi klub asal akademi sendiri, Bristol City ternyata dihuni dua pemain jebolan akademi MU.

Kedua pemain tersebut adalah George Tanner yang bermain di posisi bek kanan dan Matty James yang mengisi pos gelandang bertahan. Keduanya sama-sama menimba ilmu sepak bola di Carrington. Namun, tidak pernah berhasil menembus skuad utama.

Tanner sendiri selama periode 2019-2021 menjalani masa peminjaman ke beberapa klub hingga akhirnya memutuskan untuk hengkang ke Bristol City. Sementara James, meski sempat menandatangani kontrak profesional bersama MU pada musim panas 2009, gelandang tersebut tidak pernah mencatatkan penampilan bersama tim senior United.

Pemain asal Inggris tersebut akhirnya dipinjamkan ke beberapa klub sebelum akhirnya berlabuh ke Leicester City pada tahun 2012.

Kehadiran dua pemain tersebut secara tidak langsung membawa DNA The Red Devils dan menyelipkan sedikit derby Manchester dalam laga kontra City tersebut. Kendati begitu, Bristol City harus ikhlas digilas 0-3 oleh skuad Pep Guardiola.

Dengan begitu, asa Bristol di kompetisi tertua di Inggris ini harus pupus.

3 dari 4 halaman

Catatan Gemilang Phil Foden

Catatan menarik lainnya adalah penampilan Phil Foden. Dua gol yang dicetak Foden semalam menambah jumlah golnya bersama Manchester City di kompetisi Piala FA. Tercatat pemain akademi City itu telah terlibat dalam proses pembuatan 15 gol (10 gol dan 5 assist).

Sejak debutnya di kompetisi tersebut pada Januari 2019, tidak ada pemain Liga Primer lainnya yang mencatatkan keterlibatan gol di Piala FA lebih banyak ketimbang Phil Foden.

4 dari 4 halaman

Pertemuan Pertama Setelah Sekian Lama

Duel antara Bristol City dengan Manchester City di putaran kelima Piala FA 2022/2023 ini merupakan perjumpaan pertama kedua klub tersebut setelah terakhir bertemu di semifinal EFL Cup 2017/2018. Kala itu, Pep Guardiola bersama pasukannya mendepak Bristol dengan agregat 5-3 setelah menang 2-1 dalam laga kandang dan 3-2 tandang.

Bristol City sendiri telah tereliminasi dalam 14 dari 15 pertemuannya dengan klub Liga Primer di kompetisi Piala FA. Satu-satunya kemenangan yang mereka peroleh adalah ketika menghadapi Huddersfield Town pada Januari 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.