Sukses

Prediksi RB Leipzig Vs Manchester City: Pembuktian Sang Mesin Gol Erling Haaland

Manchester City akan bertandang ke markas RB Leipzig pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta Setelah kehilangan poin di Nottingham Forest pada akhir pekan kemarin, Manchester City harus segera mengalihkan fokus mereka dari Liga Premier ke Liga Champions.

The Citizens masih menjadi salah satu favorit untuk mengangkat trofi prestisius untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, tetapi mereka harus menaikkan level bermain.

Manchester City akan bertandang ke Red Bull Arena pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2022/2023. Pertandingan RB Leipzig vs Manchester City ini dijadwalkan live Kamis, 23 Februari 2023, jam 03:00 WIB.

Musim lalu, mereka bertemu di fase grup. Waktu itu, City menang 6-3 pada pertemuan pertama di Inggris, kemudian Leipzig ganti menang 2-1 pada duel di Jerman.

City kini masih dalam perburuan gelar, di antaranya bersaing di Piala FA, Premier League dan Liga Champions.

Namun, belakangan ini performa mereka mengecewakan setelah tersingkir dari Piala Carabao di babak perempat final.

Pasukan Guardiola juga telah memenangkan sembilan pertandingan sejak akhir Desember, dan mereka hanya kalah dua kali dalam periode tersebut.

City memang mendominasi dalam beberapa tahun ini di kompetisi domestik. Tetapi mereka tak benar-benar ganas kala bermain di Liga Champions.

Meski memiliki skuad bertabur bintang dan pelatih hebat, Manchester City masih belum bisa menaklukkan Liga Champions Eropa. Dalam lima musim terakhir, capaian terbaik mereka hanya mencapai babak final.

Menghadapi Leipzig, City jelas lebih diunggulkan, namun mereka juga patut waspada lantaran jagoan Jerman itu menang pada pertemuan terakhir pada babak 16 besar Liga Champions musim lalu.

Dominik Szoboszlai dan Andre Silva membuat Leipzig unggul dua gol di Red Bull Arena, sebelum Riyad Mahrez membuat skor menjadi 2-1 dengan sundulan di menit akhir..

Kini, dengan Leipzig menjamu City di leg pertama pertandingan, sangat penting bagi The Citizens untuk mampu menghadapi lawan leg pertama, dan menuntaskannya di kandang pada pertemuan kedua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Haaland Dihantam Kritik

Duel ini bisa menjadi pembuktian diri bagi Erling Haaland. Sebab, saat ini dirinya sedang dihantam kritik. Meski sudah menciptakan banyak gol, namun kemampuannya masih diragukan.

Sejatinya, Haaland sudah mencetak 32 gol dalam 31 penampilan untuk Man City sejak digaet dari Borussia Dortmund pada musim panas lalu.

Namun, Haaland, dinilai menjadi penyebab penampilan Manchester City musim ini tidak menarik. Haaland juga disebut mencetak gol dengan cara yang mudah.

Ya, Memang tidak dipungkiri sebagian besar gol-gol pemain asal Norwegia itu dicetak dari dalam kotak penalti. Baik itu merupakan sontekan, maupun sundulannya di depan gawang.

3 dari 5 halaman

Dibela Rekan Setim

Tapi kiper City, Ederson Moraes menolak cibiran itu. Menurutnya, gol-gol Haaland sama sekali tidak mudah meski kelihatannya demikian. Dia menyebut, semua itu terlihat mudah lantaran Haaland memiliki kemampuan positioning yang hebat.

“Ketika dia datang, kami bilang dia akan mencetak banyak gol dan itu sedang terjadi. Dia itu seorang pencetak gol yang brilian, dia selalu berusaha mencetak gol dan membantu tim.” ucap Ederson dilansir dari UEFA.com.

“Dia itu striker yang kami butuhkan, dibandingkan dengan Gabriel Jesus, keduanya pemain berbeda. Gabi suka menusuk dari sayap, lebih kuat dan fleksibel. Haaland main lebih ke tengah, masuk ke kotak penalti, dia itu sebuah target. Itulah perbedaan terbesarnya. Ketika anda masuk ke sepertiga akhir anda memiliki seseorang yang selalu ada di area itu.

“Banyak orang yang mengatakan bahwa gol-gol yang dia cetak itu gol-gol mudah, tapi itu kebohongan. Itu karena positiong dia. Dia bukannya mencetak gol-gol mudah, tapi dia menempatkan dirinya sendiri dalam posisi yang sangat baik.”

4 dari 5 halaman

Head to Head

2 Pertemuan Terakhir

08-12-2021 Leipzig 2-1 City (UCL)

16-09-2021 City 6-3 Leipzig (UCL).

5 Pertandingan Terakhir RB Leipzig (M-M-S-K-M)

28-01-23 Leipzig 2-1 Stuttgart (Bundesliga)

02-02-23 Leipzig 3-1 Hoffenheim (DFB Pokal)

04-02-23 Koln 0-0 Leipzig (Bundesliga)

12-02-23 Leipzig 1-2 Union Berlin (Bundesliga)

18-02-23 Wolfsburg 0-3 Leipzig (Bundesliga).

5 Pertandingan Terakhir Manchester City (M-K-M-M-S)

28-01-23 City 1-0 Arsenal (FA Cup)

05-02-23 Tottenham 1-0 City (EPL)

12-02-23 City 3-1 Aston Villa (EPL)

16-02-23 Arsenal 1-3 City (EPL)

18-02-23 Forest 1-1 City (EPL).

5 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

RB Leipzig: Janis Blaswich; Mohamed Simakan, Willi Orban, Joško Gvardiol, David Raum; Laimer, Xaver Schlager; Dominik Szoboszlai, Nkunku, Timo Werner; Andre Silva.

Manchester City: Ederson Moraes; Akanji, Ruben Dias, Kyle Walker; Jack Grealish, Bernardo Silva, Rodri, Riyad Mahrez; Kevin De Bruyne, Gundogan; Erling Haaland.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.