Sukses

Erick Thohir Sentil Klub yang Belum Lepas Pemain ke Timnas Indonesia U-20

Ketua Umum PSSI Erick Thohir turut menyentil klub yang hingga kini belum melepas pemainnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia jelang kompetisi Piala Asia U-20 2023 pada Maret mendatang

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir turut menyentil klub yang hingga kini belum melepas pemainnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-20. 

Seperti diketahui, anak-anak asuh Shin Tae-yong tengah menjalani agenda padat sebagai bentuk persiapan jelang menghadapi Piala Asia U-20 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Uzbekistan mulai 1 Maret. 

Juru taktik asal Korea Selatan sebelumnya telah memanggil sejumlah nama untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) yang digelar sejak awal Februari.

Garuda Nusantara pun saat ini sedang melakoni turnamen mini internasional dengan tiga negara, yakni Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala, sebagai sarana uji coba sebelum mentas di turnamen sepak bola level Asia. 

Sayangnya komposisi pemain Timnas Indonesia U-20 tak jua komplet. Marselino Ferdinan masih berada bersama KMSK Deinze di Belgia. Muhammad Ferarri juga belum diizinkan pergi oleh Persija Jakarta. 

Menanggapi situasi tersebut, Erick Thohir buka suara. Ia menilai persiapan timnas U-20 harusnya lebih dikedepankan. Ketum baru PSSI itu pun berjanji bakal menggelar pembicaraan khusus dengan Zainudin Amali selaku Menpora untuk membahas masalah ini. 

"Saya rasa konteks persiapan U-20 itu menjadi sangat prioritas. Karenanya, Insyaallah Senin atau Selasa, Pak Zainudin Amali akan berganti jaket sebagai Menpora dan mengundang kami untuk khusus bicara U-20," ujarnya saat memberi keterangan pers pasca rapat exco di GBK Arena, Senayan, Sabtu (18/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Merah Putih Prioritas

Lebih lanjut, Erick Thohir mengeklaim ia dan waketum PSSI Zainudin Amali telah menelepon klub dan pihak pemilik untuk menagih komitmen terhadap Timnas Indonesia.

Ia menilai kepentingan Merah Putih yang berada di pundak Garuda Nusantara saat ini harusnya menjadi prioritas.

"Kenapa mengenai isu pemain ini tetap kita dorong, saya rasa Pak Zainudin dan saya sudah menelepon beberapa klub dan pemiliknya untuk bisa commit bahwa ini Merah Putih. Merah Putih harus menjadi prioritas," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Keterbukaan

Erick pun menggarisbawahi akar masalah yang dihadapi Timnas Indonesia U-20. Menurutnya, gesekan antara pemanggilan pemain timnas dengan klub sedikit banyak dipengaruhi oleh kualitas liga Tanah Air.

Oleh karena itu, ke depannya ia bertekad menciptakan situasi berkesinambungan antara timnas dan kompetisi,  serta menjalin keterbukaan dengan para pemilik klub demi mencegah terjadinya hal serupa.

"Kita tidak mungkin menciptakan yang namanya timnas yang baik kalau liga kita pun dihitung salah satu yang terbawah di Asia Tenggara. Nah, ini yang harus kita perbaiki supaya ada kesinambungan antara pembinaan, liga profesional, dan tim nasional."

 "Ini yang akan kita dorong, isu pemain akan coba kita tuntaskan, bagaimana ada keterbukaan hati dari para pemilik klub itu sendiri," pungkas Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.