Sukses

Menpora Ungkap 3 Lawan Timnas Indonesia di Turnamen Mini Jelang Piala Asia U-20 2023

Menpora Zainudin Amali memberi kepastian soal calon lawan Timnas Indonesia dalam turnamen mini yang menjadi ajang persiapan jelang dihelatnya Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberi kepastian soal calon lawan Timnas Indonesia U-20 dalam turnamen mini sebagai persiapan jelang mentas di Piala Asia U-20 2023.

Menurutnya, terdapat tiga negara yang sudah dikonformasi menjadi lawan Garuda Nusantara, yakni Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala. Perhelatan tersebut rencananya bakal berlangsung pada 17, 19, dan 21 Februari 2023.

"(Lawan Timnas Indonesia U-20 di turnamen mini) Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala. Ini tiga-tiganya sudah lolos (ke Piala Dunia U-20 2023)," ujarnya saat ditemui di sela-sela acara FGD Penyempurnaan Inpres No. 3 Tahun 2019, Senin (13/2/2023).

Walau begitu, Menpora belum bisa memberi jawaban pasti terkait lokasi penyelenggaraan turnamen mini Timnas Indonesia U-20. Menurutnya, pertanyaan tersebut harus ditujukan kepada PSSI.

"(Soal lokasi pertandingannya) tanya PSSI," pungkas Menpora kepada awak media.

Sekadar informasi, sebelumnya terdapat sejumlah negara yang menjadi kandidat lawan Garuda Nusantara dalam mini tournament. Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong semula menyebut anak-anak asuhnya ditargetkan meladeni Fiji, Guatemala, dan Republik Dominika.

Adapun Menpora sendiri sempat berniat mendatangkan negara-negara sepak bola papan atas sekelas Portugal dan Argentina untuk mengukur kemampuan Pasukan Merah Putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Piala Asia U-20

Sekadar informasi, Timnas Indonesia akan mentas dalam ajang Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung di Uzbekistan pada 1-18 Maret. Kompetisi ini sekaligus menjadi tolok ukur Garuda Nusantara sebelum tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong telah merancang agenda sebagai persiapan bagi Garuda Nusantara sebelum menyongsong kompetisi Piala Asia. Adapun salah satu langkah yang diambil ialah dengan menggelar pemusatan latihan (TC) di Jakarta mulai 1-28 Februari.

Juru taktik asal Korea Selatan langsung menggeber anak asuhnya dengan agenda super padat sepanjang TC. Shin Tae-yong menjelaskan, pihaknya memberi porsi latihan dua kali sehari bagi penggawa Timnas Indonesia U-20. Sang pelatih juga telah merancangkan latihan taktik dan organisasi untuk Hugo Samir dkk.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Dirtek PSSI

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menyampaikan terima kasih kepada Menpora yang telah memberi dukungan maksimal bagi persiapan Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 2023.

Ia pun berharap lawan-lawan yang bakal dihadapi Garuda Nusantara dalam turnamen mini bakal bermanfaat bagi Shin Tae-yong dan anak-anak asuhnya jelang mentas di turnamen sepak bola bergengsi Asia.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri (Zainudin Amali) yang sudah memberikan dukungan luar biasa terhadap persiapan Timnas Indonesia U-20," ujarnya kepada awak media di Auditorium Kemenpora, Jakarta, Senin (13/2/2023).

"Shin Tae-yong memberikan road map kepada kami sebelum ke Uzbekistan. (Menurutny) kita harus ada pertandingan uji coba, dan kami berdiskusi di internal PSSI. Ketum PSSI dan Sekjen PSSI menyampaikan ke Pak Menpora, dan Pak Menpora Alhamdulollan memfasilitasi untuk mengadakan mini turnamen."

"Tim-tim yang kita undang adalah tim-tim yang sudah lolos kualifikasi (Piala Dunia U-20), jadi mudah-mudahan ini akan bermanfaat untuk coach Shin Tae-yong dalam persiapan sebelum menuju ke Uzbekistan," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.