Sukses

Hasil BRI Liga 1 Madura United vs Persebaya: Laskar Sape Kerrab Dipermalukan di Kandang Sendiri

Madura United dipermalukan di kandang sendiri usai kalah 0-2 dari Persebaya Surabaya dalam laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2022/2023 yang dihelat di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan pada Minggu (29/1/2023).

Liputan6.com, Jakarta Madura United harus menelan hasil minor dalam laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2022/2023 pada Minggu (29/1/2023). Tampil di kendang sendiri, Laskar Sape Kerrab malah dipermalukan usai kalah 0-2 dari Persebaya Surabaya.

Leo Lelis dan Ahmad Nufiandani menjadi duo penggawa yang sukses menyumbangkan gol kemenangan bagi Bajul Ijo. Sementara itu, Madura United hanya bisa berlapang dada lantaran gagal mencetak angka.

Duo kesebelasan sejatinya tampil tak terlalu ganas di awal babak pertama. Tak ada peluang berbahaya yang mampu diciptakan hingga pertandingan berjalan lebih dari 10 menit.

Sho Yamamoto mencoba menebar ancaman di kubu pertahanan Laskar Sape Kerrab sekitar menit 18. Ia berupaya mengirim bola kepada Paulo Victor, tetapi upayanya dengan cepat mampu digagalkan oleh penggawa tuan rumah.

Persebaya Surabaya juga sempat beberapa kali mendapat kesempatan sepak pojok. Akan tetapi, tak satu pun dari peluang tersebut yang mampu dimanfaatkan untuk mencetak angka pertama.

Memasuki menit ke-30, giliran Madura United yang membahayakan gawang Persebaya Surabaya. Malik Risaldi melakukan shooting dari dalam kotak. Namun, eksekusinya belum maksimal, sehingga si kulit bundar gagal bersaring di jaring Bajul Ijo.

Sho balas menakut-nakuti tim tuan rumah beberapa menit berselang. Ia berupaya mengirim bola dari sisi kanan gawang Madura United. Malang, tembakannya tepat mengarah ke Miswar Saputra. Alhasil, bola yang dikirim dapat diamankan oleh kiper tunan rumah.

Bajul Ijo belum jemu melancarkan aksi untuk menembus lini pertahanan Laskar Sape Kerrab. Pada menit ke-34, Muhammad Iqbal berada di posisi one on one dengan Miswar. Ia nyaris mencatatkan nama di papan skor, kalau saja si kulit bundar tak lepas dari penjagaannya.

Persebaya kembali mendapat peluang emas untuk mencetak gol di menit 38. Wasit memberi hadiah tendangan penalti usai terjadi hand ball di kubu penggawa Madura United.

Sayangnya, Paulo Victor yang ditunjuk menjadi algojo gagal menunaikan tugas dengan baik. Gerakannya seolah terbaca oleh Miswar Saputra. Penjaga gawang berusia 26 tahun tersebut dengan sigap mampu menepis bola yang dikirim pemain asal Brasil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Madura United dan Persebaya Surabaya mencoba mengais peluang untuk mencetak angka pertama pasca turun minum. Akan tetapi, kedua tim masih saja ompong hingga pertandingan memasuki menit ke-50.

Leo Lelis akhirnya membuat kejutan di menit 52. Berawal dari umpan Ze Valente, ia sukses menjadi pemecah kebuntuan bagi Persebaya Surabaya setelah sundulannya yang mengarah ke tiang jauh masuk tanpa diduga oleh Miswar Saputra.

Madura United hampir menyamakan kedudukan lewat aksi Lulinha tak lama setelahnya. Keuntungan bagi Bajul Ijo lantaran upaya tersebut masih terlalu lemah, sehingga dapat diamankan oleh Ernando Ari Sutaryadi.

Laskar Sape Kerrab menjawab ketertinggalan dengan melakukan sejumlah perubahan. Esteban Vizcarra ditarik keluar untuk digantikan oleh Kwabena Appiah. Zulfiandi juga dikirim untuk mengambil alih posisi Lee Yoo-joon.

Sayangnya, Madura United masih belum mampu mencetak angka penyeimbang hingga laga berjalan lebih dari 70 menit. Sejumlah peluang yang didapat gagal dikonversi menjadi gol oleh skuad asuhan Fabio Lefundes.

Justru Persebaya yang kembali membuat pergerakan berbahaya di kotak penalti pada menit ke-83. Keuntungan bagi tim tuan rumah sebab aksi para penggawa Bajul Ijo sanggup diblok.

Langkah Persebaya akhirnya tak lagi bisa dibendung memasuki menit 86. Melalui skema serangan balik, Ahmad Nufiandani nyaman melenggang ke arah jaring Madura United.

Tak ada lagi pemain yang berjaga di sana. Kubu pertahanan Laskar Sape Kerrab kosong-melompong. Alhasil, pemain berusia 28 tahun tersebut sama sekali tak kesulitan melesakkan bola ke gawang tuan rumah.

Madura United berada di posisi tertekan. Tim tuan rumah kehabisan waktu untuk menyamakan kedudukan. Skor 2-0 bagi keunggulan Persebaya Surabaya pun tak berubah hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya laga.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Madura United: Miswar Saputra; Novan Setya Sasongko, Kadek Raditya, Cleberson, Reva Adi Utama; Hugo Gomes dos Santos Silvas, Lee Yoo-joon, Esteban Vizcarra; Malik Risaldi, Beto Goncalves, Lulinha

Persebaya Surabaya: Ernando Ari Sutaryadi; Koko Ari Araya, Rizky Ridho, Leo Lelis, Altalariq Ballah; Muhammad Alwi Slamat, Muhammad Hidayat, Muhammad Iqbal; Ze Valente, Sho Yamamoto, Paulo Victor

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.