Sukses

Kejutan di Pekan ke-19 Liga Italia: Duo Raksasa AC Milan dan Inter Milan Kompak Tuai Kekalahan

Liputan6.com, Jakarta Kejutan terjadi di pekan ke-19 Liga Italia 2022/2023. Duo tim raksasa Serie A sekaligus klub termasyhur kota Milan: Inter Milan dan AC Milan kompak menelan hasil minor saat berhadapan dengan lawannya masing-masing.

Nerazzurri dipermalukan Empoli dengan 0-1 dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Giuseppe Meazza pada Selasa (24/1/2023). Sementara itu, Rossoneri dibungkam empat gol tanpa balas saat bertandang ke markas Lazio, Rabu (25/1/2023).

Inter Milan memang menghadapi tantangan berat di matchday 19. Skuad racikan Simone Inzaghi tak bisa memakai jasa full back dan winger Denzel Dumfries yang santer dirumorkan bakal hengkang dari Italia di bursa transfer Januari.

Nerazzurri juga dipaksa bermain pincang dengan 10 penggawa sejak menit ke-40. Milan Skriniar diusir keluar lapangan oleh wasit lantaran mendapat kartu kuning kedua setelah sepakannya yang terlalu tinggi mengenai kepala Francesco Caputo.

Kepergian Skriniar membuat Empoli cukup leluasa melancarkan serangan ke kubu pertahanan Inter. Buah usaha tersebut pun dipetik tim tamu pada menit ke-66.

Nedim Bajrami melepas umpan terukur yang langsung disambut Tommaso Baldanzi dengan baik. Skor sementara berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Empoli.

Inzaghi beberapa kali melakukan pergantian pemain pasca terjadinya gol perdana. Edin Dzeko dimasukkan guna mengambil tempat Matteo Darmian di menit 71. Henrikh Mkhitaryan juga ditarik keluar dan digantikan Romelu Lukaku lima menit berselang.

Sayangnya, upaya itu belum cukup untuk menambah daya dobrak Nerazzurri. Inter gagal menyamakan kedudukan hingga mendekati pengujung laga. Kedudukan 1-0 pun tak berubah sampai wasit meniupkan peluit panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Nasib AC Milan

Nasib nahas juga dialami AC Milan dalam matchday pekan ini. Rossoneri benar-benar dibuat tak berdaya oleh Lazio sejak awal pertandingan. Mereka babak belur akibat empat gol yang dilesakkan tim tuan rumah pada Rabu (25/1/2023) dini hari WIB.

Lazio sudah berhasil membuka keunggulan lewat aksi Sergej Milinkovic-Savic ketika pertandingan baru berjalan empat menit. Gelandang asal Serbia itu sukses mencetak angka pertama usai memanfaatkan assist Zaccagni.

Pertahanan AC Milan makin kedodoran setelah digempur Lazio terus menerus. Hasilnya, Zaccagni kembali menggandakan keunggulan tuan rumah lewat golnya pada menit ke-38.

Tim tuan rumah hampir saja memperbesar keunggulan pada menit-menit akhir babak pertama. Keuntungan bagi Inter lantaran peluang Zaccagni masih gagal berbuah gol.

Tak mau kebobolan lebih banyak, AC Milan sempat berupaya meningkatkan intensitas serangan pasca turun minum. Akan tetapi, kesempatan demi kesempatan yang didapat tim tamu masih gagal dimaksimalkan menjadi gol.

Justru Lazio yang berhasil memperlebar selisih jarak pada menit 65. Mereka mendapat hadiah tendangan penalti setelah Pedro dilanggar Pierre Kalulu di kotak terlarang. Alberto yang diutus menjadi algojo pun sukses merecoki Ciprian Tatarusanu.

Derita Milan makin bertambah pada menit ke-75. Kali ini giliran Anderson yang sanggup memperdaya Tatarusanu usai memanfaatkan assist Alberto. Skor 4-0 pun gagal diseimbangkan Rossoneri hingga wasit meniupkan peluit panjang.

3 dari 4 halaman

Sulit Kejar Napoli

Capaian tersebut membuat Inter dan AC Milan gagal memperbaiki posisinya di klasemen sementara Liga Italia Serie A 2022/2023. Nerazzurri masih terkunci di peringkat empat. Torehan poinnya bahkan sama dengan AS Roma yang menghuni urutan lima.

AC Milan juga tak bergerak dari urutan dua. Rossoneri mengoleksi 38 angka dari 19 pertandingan. Kekalahan dari Lazio menandai kegagalan ketiga berturut-turut Milan meraup poin penuh di kancah domestik, setelah sebelumnya ditahan imbang oleh Lecce dan Roma.

Catatan tersebut membuat Napoli kini makin tak terkejar di puncak klasemen sementara. Il Partenopei nyaman bertengger di urutan teratas dengan selisih poin cukup jauh dari rival terdekatnya AC Milan.

Anak-anak asuh Luciano Spalletti tercatat telah mengumpulkan 50 poin hanya dalam 19 laga perdana Liga Italia 2022/2023. Dengan demikian, Napoli sudah unggul 12 angka dari Rossoneri.

Adapun Lazio kini membayangi AC Milan di tabel kompetisi. Mereka berhasil menempati peringkat ketiga dan cuma terpaut satu poin dari sang raksasa Serie A.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS