Sukses

Hore, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Ikut Indonesia Masters 2023

Kabar baik diterima pecinta bulu tangkis Tanah Air. Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti bisa tampil di Indonesia Masters yang berlangsung 24-29 Januari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar baik diterima pecinta bulu tangkis Tanah Air. Ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti bisa tampil di Indonesia Masters yang berlangsung 24-29 Januari 2023.

Nama Apriyani/Fadia tidak ada dalam daftar pemain yang mengundurkan diri dari ajang Super 500 tersebut. Sebelumnya partisipasi mereka diragukan karena Fadia cedera engkel pada semifinal Malaysia Open. Masalah itu membuat keduanya melewatkan India Open yang berlangsung pekan lalu.

Apriyani/Fadia berstatus unggulan ketujuh di Indonesia Masters 2023. Mereka bakal menghadapi pemenang kualifikasi kedua di babak pertama. Tempat tersebut diperebutkan Kate Frost/Moya Ryan (Republik Irlandia) vs Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Chinese Taipei).

Jika melenggang, mereka berpotensi meladeni unggulan empat Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai asal Thailand di perempat final. Sementara unggulan pertama Nami Matsuyama/Chiharu Shida dari Jepang berpeluang jadi rival di semifinal.

Jika Apriyani/Fadia tampil, tidak demikian dengan sejumlah atlet lain yang kompak mundur dari Indonesia Masters 2023. Favorit di tunggal putra Viktor Axelsen mengumumkan langkah itu tidak lama usai final India Open 2023, Minggu (22/1/2023). Sosok asal Denmark ini merasa fisiknya kedodoran usai mencapai laga puncak dua turnamen beruntun.

Di India Open, Axelsen harus mengakui keunggulan jagoan Thailand Kunlavut Vitidsarn. Sepekan sebelumnya di Malaysia Open, Axelsen jadi juara dengan mengalahkan Kodai Naraoka asal Jeepang.

"Sayangnya saya tidak akan pergi ke Indonesia. Saya menanti kesempatan bermain di depan suporter luar biasa Indonesia di Istora. Tapi tubuh saya tidak siap untuk kembali bersaing," kata Axelsen di media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kompak Mundur

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia Bambang Roedyanto mengumumkan atlet lain yang absen di Indonesia Masters 2023 melalui akun Twitter. Di tunggal putra, Vitidsarn, Rasmus Gemke (Denmark), Sameer Verma (India), Parupalli Kashyap (India), Darren Liew (Malaysia), dan Soong Joo Ven (Malaysia) juga mundur.

Di tunggal putri, Chen Yu Fei (China) dan Lalinrat Chaiwan (Thailand) bakal absen.

Dari ganda putra, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin (Malaysia), Lu Ching-yao/Yang Po-han (Chinese Taipei), MR Arjun/Dhruv Kapila (India), dan Lasse Molhede/Jeppe Bay (Denmark) berhalangan.

Sedangkan Wakana Nagahara/Mayu Matsumoto (Jepang) dan Stefani Stoeva/Gabriela Stoeva (Bulgaria), Zheng Yu/Du Yue (China), dan Shruti Mishra/Nelakurihi Sikki Reddy (India) menghilang di ganda putri.

Di ganda campuran, pasangan yang absen adalah Terry Hee Yong Kai/Jessica Tan Wie Han (Singapura), Mikkel Mikkelsen/Rikke Soby (Denmark), dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang).

3 dari 3 halaman

Wakil Indonesia Bertambah?

Mundurnya sejumlah atlet tersebut berdampak pada lowongnya posisi. Atlet muda Indonesia pun mendapat kesempatan tampil.

Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay dan Christian Adinata kini hadir di kualifikasi tunggal putra, dengan Putri Kusuma Wardani hadir di kualifikasi tunggal putri.

Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat masuk kualifikasi ganda putra, sementara Sabar Karyaman Gutama/Muhammad Reza Pahlevi Isfahani melaju ke babak utama.

Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa dan Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani hadir di kualifikasi ganda putri. Di ganda campuran, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata kini berjuang dari kualifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.