Sukses

Iwan Bule: Shayne Pattynama Jalani Sumpah WNI 24 Januari 2023

Kedatangan Shayne dijadwalkan agar waktunya pas antara kehadiran dengan jadwal yang diberlakukan oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sekaligus pembuatan KTP.

Liputan6.com, Jakarta Shayne Pattynama selangkah lagi menjadi Wargan Negara Indonesia (WNI). Dia akan menjalani pengambilan sumpah menjadi WNI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada Selasa (24/1/2022) mendatang.

Permohonan naturalisasi Shayne Pattynama sebelumnya sudah melalui persetujuan dalam Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta pada 17 November 2022.

Kemudian pada awal Januari 2023 Presiden Jokowi sudah menandatangani Keppres permohonan naturalisasi Shayne Pattynama.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, setelah pengambilan sumpah, Shayne akan langsung menjalani proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk, alias KTP

"Alhamdulilah proses naturalisasi Shayne Pattynama telah mencapai langkah terakhir. Insya Allah dia akan mengucapkan sumpah menjadi WNI pada Selasa, 24 Januari 2023 mendatang," kata Iriawan, dalam rilis PSSI

"Kedatangan Shayne dijadwalkan agar timingnya pas antara waktu kehadiran dengan jadwal yang diberlakukan oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sekaligus pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP)," tambahnya.

Iwan Bule, sapaan akrapnya mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah menandatangani Keppres naturalisasi pemain asal Viking FK, Norwegia tersebut.

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Presiden Jokowi yang pada telah menandatangani Keppres naturalisasi Shayne,' kata Iriawan.

"Juga kepada empat kementerian, yakni Kemenpora, Kemenkumham, Kemensetneg, dan Kemendagri juga pihak terkait lainnya yang telah mengawal perjuangan Shayne untuk mewujudkan cita-citanya membela Timnas Indonesia,' sambungnya..

Sebelum Shayne, PSSI telah merampungkan naturalisasi dua pemain keturunan Eropa, yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keduanya menjalani sumpah WNI pada 17 November 2022.

Bahkan, Jordi Amat sudah menjalani debut bersama timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Dia bermain dalam laga perdana Grup A melawan Kamboja, 23 Desember silam.

Hanya saja, Jordi Amat gagal membantu Timnas Indonesia untuk menjadi juara setelah dikalahkan Vietnam di babak semifinal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proyeksi Piala Asia

Shayne Pattynama, Jordi Amat dan Shandy Walsh merupakan pemain yang direkomendasikan pelatih Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi.

Kehadiran ketiga pemain ini diharapkan dapat memperkuat Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala Asia 2023 mendatang.

"Semoga proses pengucapan sumpah nanti bisa berjalan lancar. Tentu saja saya dan masyarakat sepakbola Indonesia berharap bisa menyaksikan Shayne berseragam merah-putih dan berjuang bersama pemain lainnya untuk membawa Indonesia berprestasi di kancah internasional. Amin," harap Iriawan.

Setelah menyandang status sebagai WNI, PSSI kemungkinan akan nengurus perpindahan asosiasinya di FIFA dari tanah kelahirannya, Belanda ke Indonesia.

Andai tahapan itu berjalan lancar dan tanpa hambatan, Shayne Pattynama sudah bisa membela Timnas Indonesia dalam periode FIFA Matchday terdekat pada 20-28 Maret 2023.

3 dari 4 halaman

Profil Shayne

Shayne adalah seorang pemain sepak bola yang lahir di Lelystad, Belanda pada 11 Agustus 1998. Dia memiliki garis keturunan Indonesia dari ayahnya.

Shayne memulai memulai karier di Eerste Divisie bersama Jong Utrecht pada 21 Agustus 2017 lalu. Debutnya tampil di eerste divisie saat melawan FC Oss.

Dua musim di Jong Utrecht, Shayne melanjutkan karier ke klub rival Telstar pada 2019. Dia melakoni debut pada 18 Oktober 2019 pada laga melawan Almere City. Gol pertamanya untuk Telstar terjadi saat imbang 3-3 lawan Excelsior Rotterdam.

Mencari tantangan baru, Shayne Pattynama pun pindah ke klub Viking FK di Liga Norwegia pada 16 Maret 2021. Di musim pertamanya, dia berhasil tampil 24 kali dan mencetak 2 gol.

Musim ini, dia sudah main 18 kali atau total 29 kali jika digabung kompetisi lain. Kini, Shayne mencoba untuk jajal jalan dengan Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Pesaing Pratama Arhan

Shayne Pattynama dikenal sebagai full back. Dia banyak bermain di kiri pertahanan dan membantu serangan saat diperlukan.

Di sepak bola modern, posisi ini sangat penting karena posisi winger kadang diberikan kepada full back. Timnas Indonesia biasanya mengandalkan posisi ini kepada Pratama Arhan.

Pemain Tokyo Verdy ini jarang digantikan posisinya sebagai full back oleh Shin Tae-Yong. Kehadiran Shayne tentu menambah persaingan di sektor tersebut.

Meski begitu, Shayne Pattynama juga dikabarkan bisa main di lini tengah. Ini tentu menjadi tambahan kekuatan buat timnas Indonesia yang sudah punya Marc Klok, Ricky Kambuaya dan Rahmat Irianto.

Shayne Pattynama mengatakan sudah tidak sabar untuk memperkuat tim nasional Indonesia. Dia berambisi mempersembahkan prestasi bagi Tim Garuda.

“Mimpi saya besar, saya sangat ingin membela timnas Indonesia dan juara bersamanya. Saya berharap proses ini bisa berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Calon pemain naturalisasi Shayne Pattynama mengatakan sudah tidak sabar untuk memperkuat tim nasional Indonesia. Dia berambisi mempersembahkan prestasi bagi Tim Garuda.

“Mimpi saya besar, saya sangat ingin membela timnas Indonesia dan juara bersamanya. Saya berharap proses ini bisa berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Timnas senior juga bakal terjun di Piala Asia 2023 pada 16 Juni hingga 16 Juli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.