Sukses

Tinggalkan Gillingham, Elkan Baggott Naik Level ke Klub League One

Bek tengah Timnas Indonesia, Elkan Baggott naik level ke League One. Kini dia memperkuat Cheltenham Town.

Liputan6.com, Jakarta Bek tengah Timnas Indonesia, Elkan Baggott resmi meninggalkan tim kasta keempat Liga Inggris (League Two), Gillingham FC. Kini, dia berseragam klub League One Cheltenham Town.

Perpisahan Elkan Baggott diumumkan langsung di media sosial Gillingham. Mereka mengucapkan terima kasih atas kontribusi Baggot selama masa peminjaman.

"@elkanbaggott telah dipanggil kembali ke klub asalnya Ipswich Town dan akan segera bergabung dengan Cheltenham Town dengan status pinjaman."

"Kami berterima kasih kepada Elkan atas kontribusinya dan kami mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan," demikian pengumuman Gillingham di Instagram," sambung pernyataan itu.

Baggott memperkuat Gillingham FC sejak Juli 2022 dengan status pinjaman. Di sana, ia mendapatkan kepercayaan dan tampil cukup banyak di pertandingan klub yang bermain di kasta keempat sepak bola Inggris itu.

Total 29 penampilan telah dimainkan Baggott di semua kompetisi bersama Gillingham. Ini merupakan menit bermain terbanyak Baggott selama bermain di klub-klub Inggris.

Bukan cuma itu, Baggott telah mencetak tiga gol dan empat assist di semua ajang. Pencapaian yang tidak buruk-buruk amat bagi seorang pemain belakang.

Di Cheltenham, Baggott akan menjalani pasa peminjaman hingga Mei 2023. Dia pun senang bisa menambah jam terbangnya dan bertekad untuk memberikan yang terbaik kepada tim.

“Saya senang berada di sini. Saya siap untuk segera berlatih dan membantu yang terbaik dari diri saya,” ucapnya dilansir di laman resmi klub.

Baggott juga bertekad untuk bisa berkontribusi, baik itu saat bertahan dan menyerang. Dia menyebut, kesenangan tersendiri baginya ketika mencetak gol.

“Saya ingin membantu di kedua ujung lapangan. Tentu saja, saya akan melakukan pekerjaan bertahan, tetapi saya juga ingin mencetak gol,” kata Baggott.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Karier Elkan Baggott

Bisa dibilang ini merupakan peningkatan karier bagi Elkan Baggott. Sebab, pemaoin 20 tahun itu bakal tampil di kasta ketiga Liga Inggris (League One).

Adapun klub sebelumnya Elkan, Gillingham FC bermain di kasta keempat (League Two). Sekarang, harapannya Elkan Baggott mendapatkan menit bermain yang banyak bersama Cheltenham Town FC.

Perjuangan Elkan diprediksi akan lebih keras. Pasalnya, Cheltenham kini terdampar di papan bawah klasemen dengan menempati posisi 18 dari 24 klub League One 2022-2023.

3 dari 4 halaman

Absen di Piala AFF

Elkan Baggott tidak bermain saat Timnas Indonesia tampil di Piala AFF 2022 lalu. Padahal dia diharapkan mampu menjadi benteng kokoh bagi lini pertahanan Tanah Air di turnamen level ASEAN.

Elkan memilih tidak bergabung dengan Timnas Indonesia karena tengah menikmati penampilannya di Gillingham. Saat itu, dia selalu menjadi andalan di lini belakang.

4 dari 4 halaman

Shin Tae-yong Kecewa

Shin Tae-yong juga sempat menyinggung perihal ketidakikutsertaan Elkan Baggott dan Sandy Walsh di Piala AFF 2022. Dalam konferensi pers jelang laga perdana Indonesia vs Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (22/12/2022) siang WIB, juru taktik asal Korea Selatan itu menyayangkan absennya kedua pemain.

Walau begitu, Shin Tae-yong tetap bersyukur Skuad Garuda secara keseluruhan berada dalam kondisi baik, meski sempat digeber latihan tanpa henti saat menjalani TC di Bali.

“AFF sudah mulai sejak dua hari lalu, tetapi bagi kita pertandingan perdana baru (dihelat) besok. Para pemain sudah menyelesaikan TC di Bali selama hampir 20 hari tanpa jeda. Semuanya dalam kondisi baik,” tutur Shin.

“Hal yang disayangkan, Elkan (Baggott) dan Sandy (Walsh) tidak bisa bergabung. Akan tetapi, sisa pemain lain kondisinya baik. Saya percaya para pemain bisa berjuang keras mulai pertandingan perdana besok,” sambung dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.