Sukses

Hasil India Open 2023: Hajar Wakil China, Jonatan Christie Melenggang ke Perempat Final

Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Jonatan Christie sukses mengamankan tiket ke babak perempat final India Open 2023 usai menaklukkan wakil China Zhao Junpeng dengana rubber game, 21-19, 15-21, dan 21-12 pada Kamis (19/1/2023).

Liputan6.com, Jakarta Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Jonatan Christie sukses mengamankan tiket ke babak perempat final India Open 2023 usai menaklukkan wakil China Zhao Junpeng lewat drama rubber game, 21-19, 15-21, dan 21-12 dalam durasi waktu 62 menit pada Kamis (19/1/2023).

Jojo sejatinya banyak melakukan kesalahan sendiri di awal game pertama. Hal ini membuat Zhao Junpeng mampu mengimbangi skor wakil Indonesia. Pebulu tangkis Tiongkok bahkan memaksa Jojo tertinggal tiga angka di kedudukan 3-6.

Penggawa Tanah Air mencoba bangkit setelahnya. Ia mengumpulkan tambahan dua poin berturut-turut, yang membuat kedua pemain menjadi hanya berselisih tipis 5-6. Sayangnya, poin gratis kembali diberikan oleh Jojo usai melakukan sejumlah unforced errors.

Drama kejar-kejaran skor mewarnai pertandingan jelang interval. Wakil Indonesia sanggup memanaskan persaingan setelah mencetak angka penyeimbang di kedudukan 8-8.

Jojo akhirnya mengambil alih kendali mendekati jeda. Tunggal putra Indonesia unggul tipis 11-10 atas Zhao Junpeng. Dominasi Jojo berlanjut pasca interval. Wakil Tanah Air memperlebar jarak usai mengoleksi tambahan dua angka berturut-turut.

Tren positif ini coba dipatahkan oleh Zhao Junpeng. Namun, Jojo kembali melesat dengan 16-12. Tunggal putra Tiongkok mendekati torehan skor penggawa Indonesia di kedudukan 16-15. Skenario kejar-kejaran poin pun kembali tak terhindarkan di pengujung duel.

Jojo dan Zhao Junpeng saling bergantian meraih angka. Wakil Indonesia unggul dua poin di kedudukan 19-17, sebelum sukses mematahkan perlawanan Zhao dengan skor tipis 21-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gim Kedua

Wakil Tiongkok mencoba membayar kekalahannya di gim pertama. Zhao Junpeng tampil lebih ganas hingga mampu memimpin dua angka dalam kedudukan 3-5. Sebaliknya, Jonatan Christie justru terjebak dalam unforced errors.

Tunggal putra yang menghuni peringkat empat dunia itu kesulitan mencuri poin dari lawan. Alhasil, Jojo berada di posisi minor 7-11 saat interval gim kedua.

Wakil Indonesia belum berhasil mematahkan dominasi Zhao selepas jeda. Jojo malah tertinggal makin jauh dengan 7-14. Kesalahan sendiri yang dilakukan kian memberi angin segar bagi pebulu tangkis asal negeri bambu.

Jojo akhirnya kehilangan kesempatan untuk menyamakan skor. Tunggal putra Indonesia harus mengakui keunggulan Zhao Junpeng di game kedua usai takluk dengan 15-21.

3 dari 4 halaman

Gim Ketiga

Wakil Tiongkok nyaris mengancam posisi Indonesia di gim penentu. Zhao Junpeng mampu mendikte permainan pada awal laga. Beruntung, Jonatan Christie segera bangkit dari posisi tersebut dan balik mengungguli lawannya.

Tunggal putra Indonesia bahkan unggul enam angka di kedudukan 16-10. Ia sama sekali tak memberi kesempatan bagi Zhao untuk mengembangkan pola permainan.

Angka demi angka ditorehkan Jojo melalui jumping smash andalannya. Placing apik di depan net juga sukses membuat wakil Tiongkok mati langkah.

Tak butuh waktu lama bagi Jojo untuk menuntaskan perlawanan di set penentu. Dalam sekejap, tunggal putra Tanah Air sudah mampu mencuri kemenangan di gim ketiga setelah unggul telak 21-12 atas Zhao Junpeng.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan

Lapangan 1:

Pertandingan ke-1: Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China); 16-21, 9-21

Pertandingan ke-3: Jonatan Christie vs Zhao Jun Peng (China); 21-19, 15-21, 21-12

Pertandingan ke-4: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Ren Xiang Yu/Tan Qiang (China)

Pertandingan ke-12: Gregoria Mariska Tunjung vs An Se Young (Korea Selatan)

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 10.30 WIB, sementara pertandingan ketiga dimulai pukul 13.30 WIB.

Lapangan 2:

Pertandingan ke-2: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto; 17-21, 18-21

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 10.30 WIB, sementara pertandingan ketiga dimulai pukul 13.30 WIB.

Lapangan 3:

Pertandingan ke-9: Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs Kyohei Yamashita/Naru Shinoya (Jepang)

Pertandingan ke-12: Anthony Sinisuka Ginting vs Kantaphon Wangcharoen (Thailand)

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 10.30 WIB, sementara pertandingan kelima dimulai pukul 13.30 WIB, sementara pertandingan ke-9 dimulai pukul 16.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.