Sukses

Top Skor Piala AFF 2022: Jebol Gawang Malaysia, Striker Thailand Teerasil Dangda Terus Ukir Sejarah

Striker Thailand Teerasil Dangda mempertegas statusnya sebagai pemain tersubur sepanjang sejarah Piala AFF. Teranyar dia membantu negaranya mencapai final edisi 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Striker Thailand Teerasil Dangda mempertegas statusnya sebagai pemain tersubur sepanjang sejarah Piala AFF. Teranyar dia membantu negaranya mencapai final edisi 2022. 

Dangda membuka kemenangan 3-0 Thailand atas Malaysia pada menit ke-19 leg kedua semifinal di di Stadion Thammasat, Selasa (10/1/2023). 

Ditambah kontribusi Bordin Phala ('55) dan Adisak Kraisorn ('71), Thailand memutar agregat jadi 3-1. Sebelumnya mereka menyerah 0-1 pada pertemuan pertama di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (7/1/2023).

Ini adalah kemenangan pertama Thailand atas Malaysia dalam delapan pertemuan terakhir. Anak asuh Alexandre Polking selanjutnya menghadapi Vietnam pada perebutan gelar Piala AFF 2022. Vietnam melaju ke partai puncak setelah unggul agregat 2-0 atas Indonesia.

Dengan ketajaman Dangda, Thailand berkesempatan mempertahankan gelar, sekaligus mempertegas dominasi, setelah memenangkan enam edisi. Sedangkan Vietnam memburu gelar ketiga sepanjang sejarah. 

Dangda sejauh ini sudah menghasilkan enam gol untuk memimpin daftar top skor Piala AFF 2022. Dia berkesempatan menambah koleksi karena terlibat dua pertandingan melawan Vietnam. Leg pertama final berlangsung di Hanoi pada 13 Januari mendatang, dengan duel kedua digelar di Pathum Thani tiga hari berselang.

Di final Dangda bakal bersaing melawan andalan Golden Star Nguyen Tien Linh yang sudah menghasilkan lima gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tertajam Sepanjang Masa

Ketajaman Dangda tidak perlu diragukan. Dia total menghasilkan 25 gol di Piala AFF, unggul delapan angka atas pesaing terdekat Noh Alam Shah asal Singapura.

Di antara pemain yang masih aktif, rekan senegara Adisak Kraisorn yang paling mendekati. Adisak Kraisorn sudah mencetak 12 gol di Piala AFF.

Berkat ketajaman itu pula, Dangda sudah beberapa kali membawa pulang sepatu emas Piala AFF. Dia jadi pemain tersubur turnamen edisi 2008, 2012, 2016, dan 2020. 

Melihat kinerjanya sejauh ini, jangan heran jika gelar 2022 juga bakal direbutnya. 

Berikut daftar pemain tersubur Piala AFF 2022:

3 dari 3 halaman

Daftar Top Skor Sementara 2022

6 Gol: Teerasil Dangda (Thailand)

5 Gol: Nguyen Tien Linh (Vietnam)

4 Gol: Faisal Halim (Malaysia)

3 Gol: Stuart Wilkin (Malaysia), Kenshiro Daniels (Filipina), Sebastian Rasmussen (Filipina), Maung Maung Lwin (Myanmar)

2 Gol: Reung Bunheing (Kamboja), Egy Maulana Vikri (Indonesia), Peeradon Chamratsamee (Thailand), Shawal Anuar (Singapura), Lim Pisoth (Kamboja), Dendy Sulistyawan (Indonesia), Marc Klok (Indonesia), Ezequiel Aguero (Malaysia), Bordin Phala (Thailand), Adisak Kraisorn (Thailand)

1 Gol: 38 pemain

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.