Sukses

Resmi Gantung Sepatu, Ini 4 Klub yang Pernah Dibela Gareth Bale

Gareth Bale sudah memenangkan banyak trofi bersama klub yang dibelanya.

Liputan6.com, Jakarta Mantan penyerang sayap Tottenham Hotspur dan Real Madrid, Gareth Bale resmi mengumumkan gantung sepatu dari dunia sepak bola, Senin (9/1/2023). Selama 16 tahun kiprahnya di lapangan hijau, pemain berusia 33 tahun tersebut sudah memenangkan banyak trofi bersama klub yang dibelanya.

Tercatat, Gareth Bale sudah membukukan 554 penampilan dan sukses mencetak 186 gol serta 137 asis bersama 4 klub sepanjang kariernya. Sedangkan di level timnas, Bale sudah membela Wales dalam 111 pertandingan dan berhasil mencetak 40 gol. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Jadi Pemain Termahal di Dunia

Sepanjang karier profesionalnya sebagai pesepak bola, Gareth Bale sudah menjajal beberapa klub besar Eropa, mulai dari Tottenham Hotspur hingga Real Madrid.

Ia juga sempat menjadi pemain dengan nilai transfer termahal di dunia saat diboyong El Real dari Tottenham Hotspur pada 2013 sebesar £85.3 juta atau Rp1,4 triliun.

Nilai pembelian tersebut memecahkan rekor pembelian Christiano Ronaldo pada 2009 dengan nilai sebesar £80 juta atau Rp1,3 triliun lebih.

3 dari 3 halaman

Dari Southampton hingga LAFC

Southampton 

Gareth Bale merupakan pemain didikan akademi Southampton. Ia memulai karier profesionalnya dan debut perdananya bersama klub yang berjuluk The Saints tersebut pada 2006 sat usianya menginjak 16 tahun.

Bersama klub yang bermarkas di St Mary's Stadium tersebut, Bale hanya bermain selama dua tahun. Di sana, ia berposisi sebagai wing back kiri sukses mencetak 5 gol dalam 45 pertandingan di semua kompetisi yang dijalaninya.

Tottenham Hotspur

Didatangkan Tottenham Hotspur dengan mahar 14,7 juta euro pada 2007, Gareth Bale menjadi pemain sentral di sisi sayap The Lily Whites. Berbeda dengan di Southampton, Gareth Bale mengisi posisi sayap kiri saat berseragam Tottenham.

Di posisi barunya, Gareth Bale tercatat sudah membukukan 203 penampilan di semua kompetisi dan sukses mencetak 55 gol dan 19 asis selama 6 tahun di klub yang bermarkas di Tottenham Hotspur Stadium tersebut.

Gareth Bale sempat kembali ke Tottenham Hotspur pada musim 2020/2021. Pada periode keduanya bersama The Lily Whites, Bale cukup sukses memperlihatkan performa apiknya.

Mantan kapten Timnas Wales tersebut tercatat mencetak 16 gol dari 34 pertandingannya bersama Tottenham Hotspur di semua kompetisi. Gareth Bale hanya bertahan semusim di tim asuhan Jose Mourinho tersebut.

Real Madrid

Catatan apik Bale bersama Tottenham, membuat ia diboyong oleh raksasa Spanyol, Real Madrid pada 2013. Ia pun berhasil memecahkan rekor transfer yang saat itu masih dipegang oleh Cristiano Ronaldo. 

Di Santiago Bernabeu, Garet Bale menjadi amunisi lini serang El Real, bersama Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo. Trio BBC tersebut mampu membawa Real Madrid meraih banyak gelar. Bale sendiri sukses menyarangkan 106 gol dan 67 asis dari 258 laga yang dimainkannya.

Bersama El Real, tercatat Gareth Bale sudah meraih 13 gelar dengan rincian tiga trofi La Liga, satu Copa del Rey dan Supercopa de Espana, lima Liga Champions, serta masing-masing tiga Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

LAFC

Pada 2022, kontrak Gareth Bale bersama Real Madrid pun berakhir. Ia lalu melanjutkan karier sepak bolanya bersama Los Angeles FC. Bale bergabung dengan klub asal Amerika Serikat tersebut pada 7 Juli 2022.

Sampai akhir kariernya, Bale sudah memainkan 14 pertandingan dan sudah mencetak tiga gol. Selain itu, ia juga sukses membawa LAFC menjadi kampiun Piala MLS dan Supporters' Shield.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.