Sukses

Hasil Proliga 2023: Putri Jakarta Pertamina Fastron Pukul Jakarta Popsivo Polwan

Putri Jakarta Pertamina Fastron mengalahkan Jakarta Popsivo Polwan pada laga pembuka PLN Mobile Proliga 2023 dengan skor 3-0 (25-22, 25-20, 25-17).

Liputan6.com, Bandung - Putri Jakarta Pertamina Fastron memenangkan laga perdana PLN Mobile Proliga 2023. Tim asuhan Eko Waluyo ini mengalahkan Jakarta Pospsivo Polwan dengan skor 3-0 (25-22, 25-20, 25-17).

Meski menang tiga set langsung, permainan Jakarta Pertamina Fastron sempat tidak konsisten di set pertama dan kedua. Hal ini disebabkan outside hitter Ajeng Viona Adelea dalam kondisi yang kurang sehat pada laga perdana Proliga 2023.

"Satu pemain kita, Ajeng, kurang sehat. Kalau kena serangan dari servis atau saat defense, Ajeng agak kewalahan sehingga kebawa sama pemain lainnya. Mereka mikirin Ajeng. Setelah Ajeng diganti, lainnya mulai mapan," kata Eko Waluyo usai pertandingan.

Selain itu, Eko menambahkan timnya juga dikejutkan dengan permainan oppposite Jakarta Popsivo Polwan asal Brasil Franciane Richter. "Kita dikejutkan dengan oppositenya Popsivo. Set kedua, ketiga, kita serang dari servis dan kewalahan juga," papar Eko. "Selain itu, di set ketiga kita juga lebih disiplin."

Opposite Jakarta Pertamina Fastron Megawati Hangestri Pertiwi mengaku senang dengan perjuangan rekan-rekannya pada pertandingan pertama. "Perjuangan yang bagus. Di awal kayak ada presure, tapi kita tidak merasakannya. Ada tekanan, tapi bisa bangkit kembali," ucapnya.

Mengenai performa pemain asing asal Serbia Marija Zelenovic, Eko dan Megawati sepakat kontribusinya belum besar. "Masih adaptasi, selain itu ada juga kendala masalah cuaca karena di sini (GOR Jalak Harupat) oksigennya tipis dan ventilasinya kurang. Tapi, di belakang receive dan defesennya bagus," papar Eko.

"Kontiribusinya ada, passingnya bagus sehingga kita jadi percaya diri saat menyerang," timpal Megawati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesalahan sendiri

Pelatih Jakarta Popsivo Polwan Chanman Dokmai mengakui Jakarta Pertamina Fastron lebih baik dari timnya pada pertandingan kali ini. "Jakarta Pertamina mainnya lebih bagus," ujar ahli taktik asal Thailand itu.

"Sementara kita banyak membuat kesalahan. Startingnya kurang bagus, di tengah-tengah set mainya lebih bagus. Di poin-poin terakhir, banyak bikin salah sendiri. Kesalahan-kesalahan kecil."

"Selain itu, ada beberapa pemain yang baru main pertama kali di Proliga. Pertandingan selanjutnya akan membenahi tim dan bisa mengubah sedikit-sedikit dari pertandingan ini," ucap Chanman menambahkan.

Sementara itu, setter Jakarta Popsivo Polwan Niverka Marte mengaku masih butuh adaptasi dengan tim. "Butuh latihan lebih banyak lagi karena belum sampai dua minggu gabung dengan tim," kata pemain asal Republik Dominika.

Selain itu, Niverka juga terkendala komunikasi karena rekannya-rekannya tidak berani bicara. "Jadi bingung, sementara butuh masukan agar tahu bolanya seperti apa," ucap Niverka.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal pertandingan

Jumat, 6 Januari 2023

14:00 WIB: Putri - Jakarta Popsivo Polwan vs Jakarta Pertamina Fastron (Putri) 0-3 (22-25, 20-25, 17-25)

16:00 WIB: Putra - Jakarta Pertamina Pertamax vs Jakarta Lavani Allo Bank

18:30 WIB: Putra - Jakarta Bhayangkara Presisi vs Palembang Bank Sumsel Babel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.