Sukses

Top Skor Piala AFF 2022: Sepatu Emas Menjauh dari Timnas Indonesia

Penghargaan top skor Piala AFF 2022 menjauh dari pemain Timnas Indonesia. Striker veteran Thailand Teerasil Dangda kini jadi favorit untuk membawa pulang gelar sepatu emas turnamen.

Liputan6.com, Jakarta - Penghargaan top skor Piala AFF 2022 menjauh dari pemain Timnas Indonesia. Striker veteran Thailand Teerasil Dangda kini jadi favorit untuk membawa pulang gelar sepatu emas turnamen.

Teerasil Dangda meninggalkan para pesaing usai menjebol gawang Kamboja dua kali, Senin (2/1/2023). Torehan tersebut membuatnya mengoleksi lima gol di Piala AFF 2022. Dengan minimal bermain dua kali lagi di turnamen, kesempatan Teerasil Dangda menambah koleksi cukup terbuka.  

Indonesia sebelumnya memiliki Egy Maulana Vikri dan Marc Klok yang sama-sama mencetak dua gol. Namun, keduanya urung menambah koleksi pada duel teranyar kontra Filipina.

Justru Dendy Sulistyawan yang menambah satu angka untuk bersanding bersama dua kompatriotnya. 

Berikut daftar top skor Piala AFF 2022: 

5 Gol: Teerasil Dangda (Thailand)

3 Gol: Faisal Halim (Malaysia), Kenshiro Daniels (Filipina), Sebastian Rasmussen (Filipina), Maung Maung Lwin (Myanmar)

2 Gol: Reung Bunheing (Kamboja), Egy Maulana Vikri (Indonesia), Peeradon Chamratsamee (Thailand), Shawal Anuar (Singapura), Nguyen Tien Linh (Vietnam), Lim Pisoth (Kamboja), Dendy Sulistyawan (Indonesia), Marc Klok (Indonesia)

1 Gol: 37 pemain

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Pencetak Gol Lain

Selain ketiga pemain tersebut, Indonesia memiliki enam pencetak gol lain di Piala AFF 2022. Mereka adalah Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, Ilija Spasojevic, Ramadhan Sananta, Yakob Sayuri, dan teranyar Marselino Ferdinan.

Kecuali tiba-tiba ada yang menemukan momentum, kecil peluang bagi pemain Indonesia untuk menjadi pemain tersubur turnamen. Padahal Indonesia punya catatan baik meski belum pernah jadi juara turnamen.

Gendut Doni Christiawan (2000), Bambang Pamungkas (2002), Ilham Jaya Kesuma (2004), Budi Sudarsono (2008) adalah penggawa Tim Garuda yang sukses menjadi pemain tersubur kompetisi paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

3 dari 3 halaman

Jadi Catatan Shin Tae-yong

Penyelesaian akhir sudah menjadi perhatian Shin Tae-yong. Namun, sosok asal Korea Selatan itu yakin anak asuhnya bakal meningkatkan kesuburan seiring berjalannya kompetisi. 

"Semakin bertanding, pastinya finishing semakin baik. Saya mohon dukungan penuh untuk Timnas Indonesia menjadi lebih baik," kata Shin Tae-yong jelang laga kontra Filipina.

Dia menegaskan timnas terus berusaha memperbaiki efektivitas di depan gawang dalam setiap latihan. Shin Tae-yong terus mengasah kemampuan para pemainnya dalam setiap kesempatan dengan harapan mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menang.

Kualitas finishing Timnas Indonesia pada tiga laga Grup A Piala AFF 2022 mendapat sorotan lantaran dianggap tidak efektif. Saat melawan Kamboja, 23 Desember lalu, Indonesia memang menang 2-1. Tetapi, kedua gol tersebut datang dari 16 tembakan ke gawang, di mana delapan di antaranya tepat sasaran.

Kemudian, saat mengalahkan Brunei Darussalam 7-0, 26 Desember lalu, Indonesia menghasilkan total 26 percobaan, setengah di antaranya mengarah ke gawang.

Tiga hari kemudian, Indonesia yang mengarahkan tiga percobaan tepat ke gawang harus bermain imbang 1-1 dengan Thailand. Padahal, dalam laga itu, Thailand cuma menghasilkan satu sepakan on target.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.