Sukses

Penelitian: Argentina vs Prancis Paling Mungkin Jadi Final Piala Dunia 2022

Laga Argentina vs Prancis jadi favorit untuk final Piala Dunia 2022. Menurut Gracenote, duel tersebut memiliki peluang terbesar untuk terwujud dengan 37,5 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Laga Argentina vs Prancis jadi favorit untuk final Piala Dunia 2022. Menurut Gracenote, duel tersebut memiliki peluang terbesar untuk terwujud dengan 37,5 persen.

Dalam penjabarannya, Gracenote menjabarkan skenario lain untuk duel puncak Piala Dunia Qatar, yakni Argentina vs Maroko (28,1 persen), Kroasia vs Prancis (19,8 persen), dan Kroasia vs Maroko (14,6 persen).

Gracenote menjalankan satu juta simulasi untuk menghasilkan perkiraan peluang setiap tim mencapai tahap kompetisi tertentu. Selama Piala Dunia 2022, simulasi akan dijalankan setelah hasil pertandingan pada setiap harinya, untuk menghasilkan prediksi terbaru sesuai informasi terkini.

Sebelum turnamen, Gracenote menyebut Argentina sebagai salah satu favorit utama juara Piala Dunia 2022 Qatar. Dengan peluang 16 persen, Lionel Messi dan kawan-kawan cuma kalah dari Brasil (20 persen). Namun, Brasil tersisih di perempat final usai kalah adu penalti melawan Kroasia.

Gracenote, salah satu perusahaan Nielsen, mengedepankan kinerja positif Argentina sebelum menentukan angka. La Albiceleste cuma takluk empat kali sejak disingkirkan Prancis pada Piala Dunia Rusia. Argentina bahkan tidak terkalahkan selama lebih dari tiga tahun, sejak menyerah 0-2 dari Brasil pada Juli 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Argentina Singkirkan Belanda

Argentina melaju mulus ke semifinal Piala Dunia 2022 usai mengalahkan rivalnya, Belanda, lewat drama adu penalti 4-3 (2-2) di Lusail Iconic Stadium, Sabtu (10/12/2022) dinihari WIB.

Keberhasilan Argentina tak lepas dari kecerdikan Lionel Messi. La Pulga sekali lagi memberikan pengaruhnya di panggung besar. Striker Paris Saint-Germain itu memberi umpan brilian kepada Nahuel Molina pada menit ke-35. Messi menutupnya dengan gol penalti pada menit ke-73.

Sementara Belanda tak tinggal diam. De Oranje memperkecil ketertinggalan lewat Wout Weghorst sepuluh menit kemudian. Weghorst bahkan mencetak gol keduanya di laga tersebut pada menit ke-90+11.

Pertandingan pun berlanjut hingga perpanjangan waktu hingga digelarnya adu penalti. Namun, Argentina sepertinya memiliki mental lebih kuat dalam momen tersebut.

Banyak pihak kini percaya bahwa semuanya diatur untuk Messi memenangkan semuanya. Contoh kecil ketika Kroasia secara mengejutkan mengalahkan Brasil di perempat final, bahkan Neymar tak mengambil penalti ketika terjadi drama adu penalti.

Itu berarti Argentina tahu mereka akan menghindari rivalnya dari Amerika Selatan itu di semifinal. Karena itu, Messi bertekad memberikan segalanya kontra Belanda. Pemain berusia 35 tahun itu tak membiarkan Argentina tergelincir, apalagi Argentina pernah mengalahkan lawan sama di semifinal Piala Dunia 2014.

 

3 dari 3 halaman

Prancis Lewati Inggris

Sementara Prancis menaklukkan Inggris 2-1 di Stadion Al Bayt, Kota Al Khor, Sabtu malam waktu lokal atau Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Di semifinal, Prancis akan menghadapi Maroko yang secara mengejutkan menyingkirkan Portugal di babak 8 besar Piala Dunia 2022 dengan skor 1-0. Laga vs Maroko akan digelar di Stadion Al Bayt, Rabu (14/12/2022) malam waktu Qatar atau Kamis dini hari WIB.

Dua gol kemenangan Prancis diciptakan Aurelien Tchouameni dan Olivier Giroud. Sedangkan gol Inggris dicetak Harry Kane lewat eksekusi tendangan penalti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.