Sukses

Kalahkan Inggris di Piala Dunia 2022, Olivier Giroud: Prancis Cuma Beruntung

Olivier Giroud tak jemawa meski timnya berhasil merebut tiket semifinal Piala Dunia 2022 usai menaklukkan Inggris. Menurutnya, The Three Lions juga pantas mendapatkan hasil baik, hanya saja Prancis cenderung lebih beruntung.

Liputan6.com, Jakarta - Prancis sukses merebut tiket terakhir ke babak semifinal Piala Dunia 2022. Kepastian ini diperoleh usai Les Bleus menaklukkan Inggris dalam pertarungan fase delapan besar yang dihelat di Stadion Al Bayt pada Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Skuad asuhan Didier Deschamps memang tampil apik di laga tersebut. Mereka sanggup mengontrol permainan dan memaksa Inggris berada di posisi tertekan, hingga mencetak angka pertama lewat aksi Aurelien Tchouameni pada menit 17.

The Three Lions baru memperoleh ruang untuk menciptakan gol penyeimbang pasca turun minum. Ekeskusi penalti Harry Kane di menit 54 mengubah kedudukan sementara menjadi imbang 1–1. Beruntung Les Blues mampu mengubah situasi di 12 menit akhir waktu normal.

Olivier Giroud mecetak angka kedua bagi Prancis sekaligus mengantar timnya unggul 2–1. Inggris sebenarnya punya kesempatan untuk memaksa pertandingan berlanjut ke extra time. The Three Lions lagi-lagi mendapat hadiah penalti di penghujung babak kedua.

Namun malang, kapten Timnas Inggris gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Sepakan Kane melambung meninggalkan mistar gawang. Alhasil skor tak berubah sampai wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Hasil ini mengantar Prancis makin dekat dengan partai puncak Piala Dunia 2022. Les Blues berpeluang mempertahankan trofi FIFA World Cup yang mereka angkat empat tahun lalu, jika berhasil menumbangkan lawannya di semifinal.

Kendati demikian, Giroud tak mau jemawa. Sosok yang menjadi bintang kemenangan timnya di laga kontra Inggris itu menganggap Les Bleus beruntung bisa memenangkan duel perempat final, lantaran The Three Lions dinilai bermain cukup baik.

“Mungkin mereka (Inggris) pantas mendapatkan (hasil) lebih, tetapi pada akhirnya, detail-detail kecillah yang membuat perbedaan di level ini,” ujar pesepak bola berusia 36 tahun kepada ITV.

“(Pertandingan ini) sedikit mengingatkan saya pada duel melawan Belgia (di semifinal Piala Dunia 2018), di mana kami unggul 1–0 dan kami harus bertahan.”

“Kami telah membuktikannya lagi hari ini. Pada akhirnya, kami sangat efisien di dalam kotak mereka. Ini sepak bola. Anda tahu marginnya kecil,” sambungnya selepas laga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penalti Harry Kane

Giroud juga sempat mengomentari soal penalti Harry Kane yang gagal berbuah gol. Eks pemain Chelsea dan Arsenal itu mengaku sempat berbicara kepada wasit mengenai keputusannya memberi tendangan penalti.

Celotehan tersebut jelas tidak memengaruhi ketetapan sang pengadil. Namun, Giroud pada akhirnya merasa beruntung karena kapten Timnas Inggris tak kuasa mengonversi peluang emasnya menjadi angka tambahan.

“Saya tidak mengatakan apa-apa kepada Harry, saya hanya berbicara kepada wasit, tetapi Anda tidak bisa membatalkan (keputusan) apa pun. Dia mengambil keputusan (untuk memberi tendangan penalti) dan kami beruntung karena dia (Kane) tidak memasukannya ke gawang,” tutur sang pemain, dilansir dari Metro.

3 dari 4 halaman

Kesedihan Inggris

Tawa Prancis menjadi kesedihan buat Inggris. Kane yang menjabat sebagai kapten terlihat sangat terpukul menyaksikan kekalahan timnya di perempat final Piala Dunia 2022.

Penggawa Tottenham Hotspur itu langsung menyalahkan diri sendiri dan merasa bertanggung jawab atas hasil minor yang didapat The Three Lions.

“Sebagai kapten dan orang yang gagal mengeksekusi penalti, saya bertanggung jawab untuk itu. Saya tidak bisa menyalahkan persiapan saya atau detail-detail lain sebelum pertandingan,” tutur Kane kepada BBC Sport.

“Saya merasa percaya diri saat mengambilnya (tendangan penalti), tetapi saya tidak melakukan eksekusi seperti yang saya inginkan. (Momen kegagalan) itu akan menjadi sesuatu yang harus saya jalani dan hadapi,” sambung dia.

4 dari 4 halaman

Bertemu Maroko

Dengan hasil ini, Kylian Mbappe dan kawan-kawan dipastikan melaju ke semifinal Piala Dunia 2022. Mereka sudah ditunggu Maroko oleh Maroko yangdulu mengamankan slot semifinal usai menumbangkan perlawanan Portugal dengan 1–0 pada Sabtu (10/12/2022) malam WIB. Kedua kesebelasan selanjutnya dijadwalkan bersua pada Kamis (15/12/2022).

Sementara itu di tempat berbeda, Argentina dan Kroasia menjadi dua tim lain yang memenuhi kuota empat besar Piala Dunia 2022. Pemenang laga ini bakal berhadapan dengan Prancis atau Maroko dalam pertandingan partai puncak yang dihelat Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.