Sukses

Perjalanan Maroko ke 8 Besar Piala Dunia 2022: Pulangkan 2 Negara Unggulan

Liputan6.com, Jakarta - Maroko mengukir sejarah pertama kali lolos ke babak perempat final Piala Dunia. Dalam perjalanan ke perdelapan besar, tim berjuluk Singa Atlas ini sudah menumbangkan dua negara yang dilabeli negara unggulan, yaitu Belgia dan Spanyol.

Mereka menghadapi Spanyol pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Hakim Ziyech dan kawan-kawan tampil apik saat menghadapi La Roja dengan menahan imbang 0-0 pada waktu normal dan unggul 3-0 pada adu penalti.

Pada laga yang digelar di Stadion Education City, Selasa (6/12/2022) malam, kiper Maroko Yassine Bounou menjadi pahlawan. Penjaga gawang Sevilla ini menggagalkan tiga atau seluruh tendangan dari Spanyol, yaitu Pablo Sarabia, Carlos Soler dan Sergio Busquets

Sementara tendangan penalti Maroko yang diawali oleh Abdelhamid Sabiri dan dilanjutkan Ziyech mampu membobol gawang Unai Simon. Maroko hanya gagal dari Badr Banoune selaku penendang ketiga, dengan eksekutor penentu Achraf Hakimi memastikan kemenangan 3-0 Maroko melalui panenka.

Sebelum memulangkan Spanyol, Maroko sejatinya sudah membuat kejutan dengan lolos dari Grup F Piala Dunia 2022 Qatar sebagai juara grup. Maroko berhasil memulangkan negara unggulan, Belgia.

Maroko memulai pertandingan di Piala Dunia 2022 di Qatar ini tidak terlalu meyakinkan. Namun, bisa dibilang positif karena menahan finalis Piala Dunia 2018 Kroasia dengan skor 0-0.

Di pertandingan kedua, Singa Atlas mengalahkan Belgia 2-0 dan di pertandingan penentu berhasil menang 2-1 melawan Kanada yang sedang on fire. Maroko berhak dengan status juara grup dengan 7 poin dan tanpa mengalami kekalahan.

Selain tidak menelan kekalahan, Maroko juga hanya kebobolan satu gol di waktu normal dari empat laga yang sudah dilakoni. Yassine Bounou berhasil menjaga gawangnya tetap bersih selama tiga laga saat melawan Belgia, Kroasia, dan Spanyol.

Di babak perempat final, Maroko akan menghadapi tim unggulan lainnya, Portugal. Pertandingan Maroko vs Portugal akan berlangsung di Al Thumama Stadium, Sabtu (10/12/2022) pukul 22.00 WIB. Laga ini juga akan disiarkan oleh SCTV, Indosiar, NEX Parabola, dan Vidio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Momen Dramatis

Maroko merupakan satu-satunya wakil Afrika yang masih tersisa. Mereka mengulang sukses Kamerun, Senegal dan Ghana yang juga melaju sampai babak perempat final.

Lolosnya Maroko sampai babak perempat final juga menjadi sejarah tersendiri bagi Singa Atlas. Perempat final adalah langkah terjauh Maroko di event sepak bola empat tahunan ini.

Momen dramatis bagi Maroko adalah ketika menghadapi Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Spanyol yang diisi pemain-pemain dunia mendominasi pertandingan, bahkan penguasaan bola mencapai 75% berbanding 25%.

Tendangan dari Spanyol juga menghujani gawang Maroko, total ada 8 tendangan namun hanya 2 yang mengarah ke gawang. Beberapa di antaranya mengenai mistar dan tiang gawang.

Maroko tetap fokus dan pada akhirnya menahan imbang Spanyol di waktu normal 0-0 dan dilanjutkan ke babak adu penalti. Sebelum mengeksekusi tendangan 12 pas, para pemain Maroko berdoa dengan melantunkan surat Al-Fatihah.

 

3 dari 6 halaman

Adu Penalti

Penendang pertama Maroko, Abdelhamid Sabiri sukses mengecoh kiper Unai Simon dan membawa Maroko unggul 1-0. Penendang pertama Spanyol, Pablo Sarabia terlihat tegang karena baru masuk ke lapangan beberapa menit, terbukti tendangannya mengenai tiang gawang dan berhasil dibaca kiper Maroko, Yassine Bounou.

Kemudian penendang kedua Maroko, Halim Ziyech dengan tenang menempatkan bola di tengah, Maroko unggul 2-0. Penendang kedua Spanyol, Carlos Soler yang juga baru masuk di babak perpanjangan waktu gagal menceploskan bola ke gawang Maroko, Bounou berhasil menebak arah bola dan menepisnya.

Nafas Spanyol masih bisa diperpanjang setelah penendang ketiga Maroko gagal mengeksekusi penalti. Sayangnya, kapten sekaligus pemain berpengalaman Spanyol, Sergio Busquets yang menjadi algojo ketiga La Roja juga gagal, tendangannya ditepis Bounou.

Achraf Hakimi yang menjadi penendang keempat Maroko berhasil melaksanalan tugasnya dengan sempurna. Pemain Paris Saint Germain (PSG) itu mengecoh Unai Simon dengan tendangan panenka yang ditempatkan di tengah gawang.

Maroko berhasil lolos ke perempat final Piala Dunia untuk pertama kalinya dengan mengalahkan Spanyol 3-0 di adu penalti. Seluruh skuad Maroko bersukud syukur setelah laga dan menghampiri keluarganya yang sengaja didatangkan ke Qatar.

 

4 dari 6 halaman

Hasil Pertandingan

Grup F:

Maroko vs Kroasia 0-0

Belgia vs Maroko 0-2 (Romain Saiss 73', Z. Aboukhlal 92')

Kanada vs Maroko 1-2 (Naif Aguerd OG 40' - Hakim Ziyech 4', Y En-nesyri 23')

Babak 16 Besar:

Maroko vs Spanyol 0-0 (3-0 adu penalti)

 

Data dan Fakta:

Jumlah gol: 4

Kemasukan: 1

Kartu kuning: Romain Saiss dan A. Sabiri

Kartu merah: - 

5 dari 6 halaman

Persaingan Grup F

6 dari 6 halaman

Jadwal Maroko di 8 Besar

Sabtu, 10 Desember 2022

22.00 WIB: Maroko vs Portugal (Al Thumama Stadium)

Siaran langsung: SCTV, Indosiar, NEX Parabola, dan Live Streaming di Vidio

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS