Sukses

Incar Bintang Belgia di Piala Dunia 2022, Barcelona Temui Kendala

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona mengincar pengganti Sergio Busquets yang akan hengkang di akhir musim. Barca sudah punya target yaitu bintang Belgia dan Leicester City, Youri Tielemans.

Barcelona memang harus mencari pengganti Sergio Busquets secepat mungkin. Ini bukan tugas mudah karena peran gelandang jangkar Barcelona ini begitu vital selama 14 musim di Barcelona.

Busquets memberi gaya dan warna untuk perjalanan Barcelona dan juga timnas Spanyol di Piala Dunia 2022. Peran Busquets kerap tidak terlihat, padahal dialah yang mengatur permainan Barcelona.

Kini, Barca sudah menemukan salah satu calon pengganti yaitu Youri Tielemans. Pemain 25 tahun ini juga seorang gelandang bertahan tapi juga jago saat menyerang.

Dia juga jago saat memanfaatkan peluang di kotak penalti dan punya tendangan keras dari luar kotak penalti. Ini dua kelebihan yang bahkan tidak dimiliki Busquets.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kendala

 

Barcelona sebenarnya punya keuntungan saat mendekati Tielemans. Soalnya gelandang Belgia ini akan berakhir kontraknya di akhir musim nanti.

Maka itu, Barca bisa mendapatkannya dengan gratis di akhir musim. Ini kalau sang pemain tak memperpanjang kontrak baru.

Masalahnya, Tielemans mungkin tak berniat gabung Barcelona. Marca melansir kalau sang pemain diduga sudah sepakat gabung tim lain meski belum jelas klub mana.

 

3 dari 5 halaman

Alternatif Lain

 

Kalau Tielemans gagal, Barcelona pun memburu pemain lain. Ada beberapa alternatif yaitu Zubimendi dan Ruben Neves.

Martin Zubmendi tak akan dilepas murah oleh Real Sociedad. Barca setidaknya harus membayar 60 juta euro untuk klausul pelepasan kontraknya.

Sedangkan Neves sudah disodorkan agennya Jorge Mendes kepada Barcelona. Yang jadi masalah, Barca belum yakin apakah sang pemain bisa berperan sebagai pemain nomor 6.

4 dari 5 halaman

Pecahkan Rekor

Keberhasilan Gavi membuat gol ke gawang Kosta Rika membuat wonderkid Barcelona itu memecahkan rekor Piala Dunia yang sudah bertahan lama sejak 1966. Gavi menjadi pemain termuda dalam sejarah timnas Spanyol yang berhasil membuat gol di putaran final Piala Dunia.

Gavi menjebol gawang Kosta Rika pada usia 18 tahun dan 110 hari. Rekor pencetak gol termuda Spanyol sebelumnya dipegang pemain Real Madrid Pirri pada Piala Dunia 1966. Pirri kala itu berumur 21 tahun 124 hari.

Rekor lain Gavi di laga kontra Kosta Rika adalah pemain termuda yang membela Spanyol di turnamen besar seperti Piala Dunia atau Piala Eropa.

5 dari 5 halaman

Seperti Pele

Gavi juga mencatatkan diri sebagai pencetak gol termuda di Piala Dunia selama 64 tahun sejak legenda Brasil Pele melakukannya pada usia 17 tahun dan 249 hari di final Piala Dunia 1958 melawan Swedia.

Deretan rekor ini menambah panjang tinta emas Gavi. Sebelumnya dia sudah menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah timnas Spanyol setelah menjebol gawang Republik Ceko di UEFA Nations League Juni lalu. Saat itu Gavi berumur 17 tahun dan 304 hari.

Tahun 2022 menjadi tahun keemasan Gavi. Selain sejumlah rekor, Gavi juga merebut dua penghargaan bergengsi untuk pemain muda yakni Golden Boy dan Kopa Trophy.

Kini Gavi dan Spanyol memiliki tugas berat di laga kedua Piala Dunia 2022. Pasukan Luis Enrique akan menghadapi Jerman. Der Panzer sedang lapar kemenangan usai secara mengejutkan dikalahkan Jepang 2-1 semalam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS