Sukses

Bintang Manchester City Kesal Jarang Main di Piala Dunia 2022: Gareth Southgate Pasti Pusing Kepala

Liputan6.com, Manchester- Bintang Manchester City dan Inggris, Phil Foden membuktikan kualitasnya saat mencetak gol lawan Wales di laga terakhir grup B Piala Dunia 2022 lalu. Ini tak sekadar gol karena Foden ingin membuktikan diri pantas jadi starter.

Phil Foden akui cukup frustrasi karena jarang main di Piala Dunia Qatar. Meski begitu, dia meyakini pelatih Inggris Gareth Southgate pasti mumet saat pilih pemain.

Saat imbang 0-0 lawan Amerika Serikat di laga kedua, Southgate memang dihujani kritik karena sama sekali tak memainkan Foden. Produk akademi Man City ini dinilai sebagai pemain berbahaya yang bisa dimanfaatkan Inggris.

"Ada naik turun. Saya kecewa tidak mendapatkan menit bermain lebih banyak, tapi ini bagian strategi di turnamen ini," katanya seperti dikutip BBC.

"Saya seorang pemain tim dan saat mendapatkan kesempatan, saya akan memanfaatkannya sebaik mungkin."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Ketat

 

Southgate memang punya cukup banyak pilihan di lini depan. Dia selama ini lebih suka mainkan Bukayo Saka, Raheem Sterling dan harry Kane.

"Saya melihat besarnya perhatian media yang menyarankan saya segera main, sulit tak memperhatikan itu. Ada banyak kompetisi di sini," katanya.

"Bukayo saka main bagus dan cetak gol di laga pertama. Marcus Rashford juga cetak gol dan main bagus lawan Wales. semua pemain cetak gol dan beri pembuktian, Gareth Southgate pasti pusing kepala dalam memilih tim."

 

3 dari 5 halaman

Gol Debut

 

Foden juga menyambut gembira gol pertamanya di turnamen besar seperti Piala Dunia. Dia tak bisa menggambarkan perasaannya.

"Cetak gol lawan Wales memang terbuka, salah satu perasaan terbaik yang pernah saya rasakan di karier saya," ujarnya.

Foden kini mungkin bakal main lagi sebagai starter saat Inggris menghadapi Senegal di 16 besar Piala Dunia 2022.

4 dari 5 halaman

Statistik Terbaik

Inggris sukses melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan catatan mentereng. Tak hanya menyandang status sebagai juara grup B, The Three Lions juga dinobatkan sebagai tim dengan statistik terbaik sejauh ini.

Dilansir dari Daily Mail, skuad racikan Gareth Southgate mampu menyelesaikan fase penyisihan grup dengan torehan poin paling banyak. Mereka tercatat telah mengoleksi tujuh poin yang didapat dari dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Selisih golnya pun terbilang mengesankan jika dibandingkan dengan peserta lain. Harry Kane dan kawan-kawan sukses melesakkan sembilan gol dan hanya kebobolan dua kali saat menang 6–2 atas Iran di duel pembuka.

Inggris sejatinya sempat dikhawatirkan tampil kurang maksimal lantaran hanya bermain imbang dengan Amerika Serikat. Akan tetapi, capaian mereka nampaknya sukses membuat penggemar berubah pikiran.

Daily Mail menemukan fans The Three Lions kini asyik pamer kegembiraan di media sosial. Mereka bahkan bergurau sambil menyatakan trofi Piala Dunia 2022 bakal berlabuh di Inggris berkat manajer dan jajaran skuad yang hebat.

“Inggris menyelesaikan penyisihan grup dengan rekor terbaik. Rasanya seakan-anak kami punya skuad yang hebat dan manajer tahu apa yang sedang dia lakukan,” tulis salah seorang penggemar melalui cuitannya di Twitter, seperti dilansir dari Daily Mail.

5 dari 5 halaman

Perjalanan Inggris

Inggris memang mengawali langkah mereka di Piala Dunia dengan cukup meyakinkan. Anak-anak asuh Southgate memetik kemenangan telak kala menghadapi Iran di pertandingan pembuka Grup B pada Senin (21/11/2022) lalu.

Adapun enam gol kemenangan milik The Three Lions dilesakkan oleh Jude Bellingham, Bukayo Saka, Raheem Sterling, Marcus Rashford, dan Jack Grealish. Sementara itu, Iran hanya mendapat dua angka hiburan lewat aksi Mehdi Taremi.

Sayang catatan apik tersebut gagal dipertahankan di laga kedua. Harry Kane dan kawan-kawan harus berbagi poin dengan Amerika Serikat, usai bermain imbang tanpa gol di Stadion Al Bayt pada Sabtu (26/11/2022).

Timnas Inggris baru berhasil mengukuhkan dominasinya selepas duel pemungkas. Hasil dominan 3–0 atas Wales pada Rabu (30/11/2022) mengantar The Three Lions finis dengan status juara grup B dan melaju ke babak 16 besar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS